Sukses

Pengertian Banner adalah Media Promosi dan Media Informasi, Pahami Fungsinya

Banner adalah media non-personal yang tujuannya memengaruhi.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami pengertian banner adalah media promosi dan media informasi yang ditujukan kepada khalayak ramai. Itu artinya sesuai pengertian banner adalah media non-personal yang tujuannya memengaruhi atau memberikan pengaruh.

Dalam media promosi atau iklan, pengertian banner adalah media yang sangat berguna memikat pelanggan atau konsumen. Pemasangan banner adalah sebagai iklan atau promosi biasa di depan toko, swalayan, dan sekitarnya.

Sementara pengertian banner adalah sebagai media informasi, biasa dipasang di tempat umum sesuai audiens sasarannya. Misalnya anak sekolah di sekolah, pekerja di halte dan lampu merah, serta lansia di sekitar rumah.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam pengertian banner, lokasi pemasangan banner, dan fungsi banner, Kamis (1/9/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Banner adalah Media Promosi dan Media Informasi

Pengertian banner adalah media yang tujuannya memengaruhi khalayak. Pengertian banner adalah media promosi yang ditujukan kepada lebih dari satu orang atau kepada banyak orang atau non-personal.

Pengertian banner adalah media promosi yang tujuan utamanya memengaruhi khalayak atau audiens agar mau membeli suatu produk atau mau menggunakan jasa yang ditawarkan melalui banner. Pengertian banner adalah bukan sekadar promosi atau iklan biasa.

Wujud banner Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, sesuai dengan pengertian banner adalah besar berupa horizontal dan vertikal, tetapi lebih kecil dari spandung, baliho, dan billboard. Sementara itu pemasangan banner dilakukan dengan membayar media yang digunakan.

Pengertian banner adalah paling umum bisa ditemukan dalam bentuk cetak. Meski banyak dalam bentuk cetak, banner adalah kini banyak beredar luas dalam bentuk digital atau tanpa di cetak.

Selain digunakan sebagai media promosi, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, pengertian banner adalah media informasi untuk mengedukasi atau sekadar pemberitahuan kepada khalayak. Pengertian banner adalah sebagai media informasi, berisikan penjelasan yang lengkap, jelas, tegas, dan mudah dimengerti.

Apabila sudah memahami pengertian banner, kemudian ketahui lokasi pemasangan dan fungsi banner. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Lokasi pemasangan banner adalah di depan toko, swalayan, dan lainnya, apabila banner berperan sebagai media promosi. Fungsi sesuai pengertian banner adalah menambah daya tarik toko agar didatangi oleh pelanggan. Adanya pemasangan banner di depan toko akan menambah daya tarik dan bikin penasaran.

2. Kemudian lokasi pemasangan banner adalah di tempat ramai dan pasti dibaca banyak orang, apabila banner berperan sebagai media informasi. Fungsi sesuai pengertian banner adalah memberitahu hingga mengarahkan tata cara tertentu yang baik dan benar. Salah satu contohnya banner adalah sebagai media informasi cara mencuci tangan yang benar saat pandemi COVID-19.

3. Tak hanya ditempat umum, sebenarnya pemasangan banner adalah bisa pula di tempat-tempat tertentu. Misalnya di acara pelepasan siswa, wisuda, hingga acara pernikahan di gedung atau di mana pun lokasi dilangsungkannya. Fungsi sesuai pengertian banner adalah memberitahukan acara yang sedang berlangsung dan informasi terkait lainnya.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Banner dan Penjelasannya

Ini penjelasan enam jenis banner yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Spanduk

Spanduk adalah jenis banner yang bisa dibilang paling tradisional. Spanduk biasanya berbentuk horizontal dengan beragam ukuran. Spanduk biasa dipasang sebagai penanda atau memberi informasi terkait pesan dan tujuan yang akan disampaikan. Spanduk biasanya diikat di satu sudut tembok ke tembok lainnya.

2. Giant Banner

Giant banner adalah media yang biasa ditempatkan di luar ruangan sama seperti baliho atau billboard. Biasanya Giant Banner menggunakan bahan flexi yang jauh lebih kuat ketika diterpa cuaca panas atau hujan.

Giant banner bisa digunakan untuk penanda toko atau menginformasikan tentang promo yang sedang berjalan. Banner ini juga bisa berbentuk horizontal atau vertikal sesuai dengan kebutuhan.

3. Roll Up Banner

Banner ini berbentuk gulungan dan ditarik keatas jika ingin digunakan. Roll up banner terkenal lebih kokoh dan tidak mudah kusut atau terlipat. Ukuran standar dari jenis banner satu ini berukuran 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm hingga 150×200 cm. Roll up banner bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.X banner

X banner adalah jenis banner yang kini banyak digunakan sebagai media promosi. Jenis banner ini bisa digunakan secara indoor maupun outdoor. X banner merupakan jenis standing banner yang memiliki penyangga berupa kerangka berbentuk X. Kerangka X banner biasanya terbuat dari pipa aluminium yang bisa dilepas pasang.

4. Y Banner

Sekilas, Y banner tampak mirip dengan X banner. Jenis banner ini juga termasuk yang sering digunakan dalam promosi. Perbedaan Y banner dengan X banner adalah bentuk kerangka penyangganya.

Y banner memiliki penyangga tambahan di bagian kakinya agar bisa berdiri kuat. Penyangga tambahan inilah yang menyerupai huruf Y. Ukuran standar Y banner biasanya 60×160 cm. Y banner bisa jadi alternatif untuk banner makanan yang simpel dan efektif.

5. Mini X Banner

Mini X banner merupakan versi kecil dari X banner. Kerangka mini X banner sama dengan X banner pada umumnya yang berbentuk X. Ukuran Mini X Banner umumnya sebesar 26×38 cm atau bisa lebih kecil tergantung dengan kebutuhan.

6. Banner Online

Banner online terdiri dari gambar atau media statis atau animasi dan biasanya ditempatkan di area dengan visibilitas tinggi di situs web dengan lalu lintas tinggi. Iklan banner menarik karena dapat membantu menciptakan kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan menargetkan ulang audiens.

4 dari 4 halaman

Situs Desain Banner Online dan Penjelasannya

Ada enam rekomendasi situs desain banner online yang perlu diketahui. Ini penjelasan situs desain banner online yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Canva

Canva adalah salah satu situs desain grafis online yang paling populer. Di situs ini terdapat berbagai template yang bisa digunakan. Selain itu, fitur yang tersedia juga bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Kamu bisa mencari berbagai kategori template di situs ini. Selain itu, template yang sudah dipilih juga masih mungkin untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu, baik diganti dari segi gambar, teks, warna, dan lain sebagainya.

Banyak juga stok gambar yang disediakan Canva dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Kamu juga bisa menyimpan hasil desainmu ke dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG.

2. Piktochart

Biasanya, jika kamu ingin membuat desain grafis untuk poster, situs ini akan cocok digunakan. Pada situs desain grafis online ini, jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu bisa menyesuaikan semuanya, baik dari teks, warna, atau gambar.

Piktochart juga menawarkan berbagai gambar yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Selain itu, pada situs ini yang cukup menarik perhatian adalah skema warna. Kamu bisa mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Sayangnya, situs ini juga memiliki kekurangan, di mana kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis ke dalam format PNG.

3. Poster My Wall

Situs desain grafis online ini hampir sama dengan situs desain sebelumnya. Di dalam situs Poster My Wall tersedia foto stok dan di dalam situs ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, serta Dropbox.

Selain itu, hal yang cukup menarik adalah bahwa situs desain grafis online ini menunjukkan sub-menu dengan setiap opsi. Hal tersebut bisa membuatmu lebih mudah untuk mengoperasikannya. Menariknya lagi, kamu juga tidak perlu login agar bisa membuat desain grafis.

4. Crello

Situs desain grafis online berikutnya adalah Crello. Situs ini juga menawarkan fitur serupa dengan beberapa situs di atas. Kamu bisa mengubah gaya teks yang digunakan, font, bahkan warnanya. Bahkan di situs ini, kamu juga bisa dengan mudah mengubah gambar serta menambahkan efek pada gambar tersebut.

Crello bisa dibilang cukup mirip dengan Canva, situs web ini juga menyediakan fitur berupa konten premium yang bisa digunakan dengan berbayar. Namun tenang saja, meski begitu konten gratis yang tersedia sudah cukup banyak, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lain sebagainya.

5. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs desain grafis online lainnya yang mudah digunakan mendesain poster, bahkan posting media sosial. Mungkin kamu akan mengira jika harus menginstall terlebih dahulu Adobe Spark di perangkatmu. Tidak, kamu tidak perlu melakukannya. Cukup pilih “pricing” kategori “starter plan”, dengan begitu kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur Adobe Spark dengan gratis.

6. Snappa

Snappa merupakan situs lain yang memungkinkanmu membuat desain grafis yang keren. Snappa memiliki banyak opsi untuk template, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga bisa mengubah ukuran template.

Kamu juga bisa membuat Sampul Facebook dan Twitter, Thumbnail YouTube serta kebutuhan story atau feed Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan kamu bisa mengakses hingga 5000 template berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.