Sukses

10 Cara Membuat Pop up Iklan yang Menarik

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat pop up iklan, memang bukan hal yang cukup di kalangan konsumen, namun terdapat beberapa alasan yang bagus ketika mencoba untuk membuat pop up iklan. Pop up iklan terkadang mengganggu pengguna internet ketika sedang menjelajah, akan tetapi pop up iklan ini juga sering memberikan informasi penting yang harus dibaca

Melansir dari Adroll, cara membuat pop up iklan meskipun sering mengganggu pengalaman menjelajah. Namun pemasar saat ini masih menggunakan iklan pop-up karena efektif. Menurut Sumo, sebuah agensi digital marketing, iklan pop-up dasar juga bisa mengonversi setidaknya 3% dari rata-rata pemirsa, dan mereka juga memiliki konversi dengan rasio klik-tayang yang sangat baik. 

Pemirsa biasanya mengklik pop-up, baik mendaftar, menjadi prospek, atau bahkan membeli produk atau layanan. Oleh karena itu, pemasar digital yang cerdas perlu belajar cara membuat pop-up yang menarik. 

Berikut ini cara membuat pop up iklan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Pop up

1. Beri Pengunjung Anda Penawaran yang Tidak Dapat Mereka Tolak

Cara membuat pop up iklan bisa dilakukan dengan memberikan penawaran yang menarik. Tidak ada yang lebih menarik perhatian pelanggan selain dengan kata "gratis". Apa pun yang ditawarkan oleh e-book, diskon, atau video tutorial, harus ditambahkan gambar yang menampilkan penawaran itu di pop-up. Anda juga bisa menarik perhatian mereka dan menarik minat mereka dengan penawaran waktu yang terbatas. Pertimbangkan untuk menetapkan batas sumber daya "freemium" juga bisa menarik rasa urgensi 

2. Pilih Format Iklan Pop-Up yang Tepat

Melansir dari adroll.com, cara membuat pop up iklan bisa dilakukan dengan memilih format iklan yang tepat. Pemirsa mungkin tidak mengeklik iklan Anda karena format iklan yang digunakan tidak tepat. Anda juga mungkin akrab dengan pop-up layar penuh juga spanduk yang menempati sebagian besar layar. Dengan melakukan pendaftaran pelanggan pemasaran email, maka dapat mendeteksi bahwa pengunjung di situs web Anda akan pergi. Anda juga bisa menawarkan sumber daya gratis untuk pengunjung yang berlangganan dan mengklik iklan sebelum mereka pergi.

3. Pilih Kata-Kata Anda dengan Hati-hati

Cara membuat pop up yang dilansir dari sumber yang sama, pemasar juga tahu nilai memilih kata yang tepat dalam mengoptimalkan efektivitas salinan. Dengan mengikuti petunjuk yang tepat, maka akan mengurangi rasio pentalan, sehingga mendorong mereka untuk setuju.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Pop up

4. Gunakan Isyarat Visual yang Menakjubkan

Dengan menambahkan isyarat visual dan gambar yang menarik, maka dapat menarik perhatian pemirsa ke pop-up. Anda juga bisa memilih latar belakang terang atau gelap yang akan menonjol atau bisa dengan kontras halaman lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memilih GIF, meme, atau grafik menarik lainnya, yang mengarah ke lebih banyak pendaftaran. Visual untuk pop-up yang keluar harus bisa memicu urgensi, minat, dan koneksi dengan pemirsa. 

5. Gunakan FOMO untuk Keuntungan Anda

Cara membuat pop up iklan juga bisa dilakukan dengan FOMO, atau Fear Of Missing Out. Hal ini tidak hanya berdampak pada anak, namun setiap kali produk atau layanan edisinya juga terbatas. Anda juga bisa menggunakan FOMO dalam iklan pop-up serta menawarkan sumber daya kepada sejumlah pengunjung secara terbatas yang akan mendaftar atau melakukan pembelian dalam jangka waktu tertentu. 

6. Hormati Privasi dan Preferensi Pengunjung

Cara membuat pop up iklan juga harus menghormati privasi online. Mungkin akan terdengar seperti sebuah oxymoron, akan tetapi menjadi perhatian utama orang-orang saat mereka mulai menggunakan internet. Salah satu alasan mengapa hal pertama yang dilakukan sebagian besar pengunjung situs adalah mulai menjelajahi web adalah mengatur browser mereka ke mode penyamaran serta mengaktifkan VPN mereka. Jadi, jika ingin membuat iklan pop-up yang menarik yang ingin di klik pengunjung, maka harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menunjukkan bahwa Anda masih menghormati privasi mereka.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Pop up

7. Lebih Sedikit (Selalu) Lebih

Cara membuat pop up iklan bisa dilakukan dengan mempraktikkan segmentasi ketika kamu menawarkan pesan, yang ditargetkan kepada mereka yang menganggap hal ini berharga. 

Pertimbangkan juga untuk mengumpulkan informasi yang lebih baik serta mendetail seperti tanggal lahir dan data demografi relevan lainnya dari pengunjung Anda. 

8. Berikan Sentuhan Kepribadian Anda

Cara membuat pop up iklan juga bisa dengan sentuhan kepribadian. Ketika begitu banyak merek yang melakukan publikasi menggunakan iklan pop-up, terkadang cara terbaik untuk menarik perhatian adalah dengan menonjol. 

9. Jadikan Ujian sebagai Kebiasaan

Ketika menyangkutkan iklan pop-up Anda, maka perlu untuk melakukan pengujian A/B, cara ini merupakan bagian penting dari kampanye, dan hampir semua strategi pemasaran. Tersedia beberapa alat online untuk melakukan pengujian A/B.  Jadikan pengujian A/B sebagai kebiasaan dengan mengubah setiap aspek iklan pop-up seperti desain, penempatan, penyalinan, pengaturan waktu, dan penawaran. 

10. Pantau dan Evaluasi Hasil Anda

Cara membuat pop up yang terakhir adalah pantau dan hasil dan melakukan evaluasi. Saat memantau respons dari pengunjung iklan, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan strategi mana yang paling berhasil dan pesan mana yang harus Anda tinggalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.