Sukses

Coding adalah Proses Membuat Perangkat Lunak, Ketahui Cara Kerjanya

Berikut adalah pengertian coding, serta ulasan mengenai cara kerja dan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Coding adalah suatu proses pemrograman yang memungkinkan kita terhubung saat ini. Artikel yang kita baca di internet, metode pembayaran digital, bagaimana kita berbagi pesan dengan menggunakan aplikasi, semuanya merupakan hasil coding.

Coding adalah pemrograman perangkat lunak atau pemrograman komputasi dengan melibatkan penulisan instruksi dengan bahasa pemrograman tertentu untuk berkomunikasi dengan mesin. Dengan coding, kita bisa dengan mudah mengoperasikan perangkat seperti laptop, ponsel, dan jenis perangkat lainnya.

Coding adalah proses pemrograman yang juga terlibat dalam sistem lalu lintas. Komputer mengoperasikan sinyal lalu lintas yang telah diprogram untuk melakukan operasi tertentu. Bahkan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional perlu tahu cara membuat kode.

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, keterampilan coding sangat dibutuhkan untuk menciptakan teknologi atau perangkat lunak yang dapat memudahkan kehidupan manusia, seperti dalam transaksi, pembelajaran, akses data, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya mengenai coding, penting bagi untuk mengetahui pengertian, cara kerja dan fungsinya. Berikut adalah pengertian coding, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Coding

Coding adalah proses mengubah instruksi komputer menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer. Setiap situs web dan aplikasi beroperasi karena program yang dihasilkan coding.

Coding adalah proses menciptakan program yang terdiri atas instruksi-instruksi yang dapat memberitahu mesin untuk melakukan tugas tertentu. Setiap kali Anda menggunakan Internet, perangkat Anda menggunakan kode biner untuk memberi tahu komputer Anda mengenai apa yang harus dihidupkan atau dimatikan. Dengan kata lain, coding adalah cara yang berfungsi untuk menyimpan data dan memproses informasi.

Proses ini bekerja lebih cepat dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Python, Java, dan JavaScript. Setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan yang berbeda, tetapi semu bahasa pemrograman itu mengambil kode yang mencerminkan ucapan manusia dan menerjemahkannya ke dalam kode mesin, atau bahasa tingkat rendah.

Pemrogram dan pengembang menulis instruksi untuk komputer menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Coding

Manfaat coding adalah apa yang telah bisa kita rasakan kemudahannya saat ini. Coding menciptakan program dan perangkat lunak yang memungkinkan kita membaca artikel dari ponsel, melakukan transaksi secara online, melakukan komunikasi, bahkan untuk membantu kita menjalani kehidupan sehari.

Makan tidak mengherankan jika keterampilan membuat program ini sangat dibutuh di zaman sekarang. Dengan menguasai keterampilan coding Anda dapat belajar konsep-konsep penting yang berlaku untuk karir di bidang teknologi atau bidang lain termasuk pemasaran.

4 dari 5 halaman

Programmer

Orang yang melakukan coding disebut programmer. Programmer sendiri dapat dibedakan menjadi tiga tipe, bergantung jenis coding yang mereka tulis atau buat, antara lain, front-end, back-end, dan mobile.

Programmer front-end menangani tata letak dan fungsionalitas situs web. Mereka menggunakan bahasa pemrograman front-end seperti HTML, CSS, dan JavaScript, untuk mendesain situs web. Tanggung jawab mereka juga termasuk mengoptimalkan SEO dengan meningkatkan waktu buka halaman web.

Programmer back-end bekerja pada pengembangan sisi server. Mereka menulis kode untuk aplikasi web yang mengontrol situs web. Tanpa kode ini, Anda tidak dapat masuk ke situs web seperti LinkedIn atau Facebook dan membuat profil pengguna.

Bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, Java, dan Ruby adalah yang umum digunakan programmer back-end untuk menulis kode yang memungkinkan browser berkomunikasi dengan database.

Programmer mobile mempelajari bahasa pemrograman seperti Java, C++, C#, SQL, dan Python. Bahasa spesifik yang digunakan bergantung pada apakah programmer membuat aplikasi untuk perangkat iOS atau Android. Pengembang seluler sering bekerja dengan seniman grafis dan data scientists.

5 dari 5 halaman

Bahasa Pemrograman Populer

1. Python

Python digadang-gadang sebagai bahasa pemrograman masa depan. Sesuai statistik terbaru, Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh 80% pengembang. Python memiliki fitur yang memfasilitasi artificial intelligence, data science, dan machine learning processes.

Kelebihan Phyton antara lain adalah sebagai berikut:

a. Mudah dipelajari dan dikodekan.

b. Pustaka dan kerangka kerja yang luas yang mendukung sejumlah besar aplikasi.

c. Menggabungkan varian Java dan C seperti CPython, Jython, dll.

d. GUI support.

Perusahaan yang menggunakan Python: Intel, Facebook, Spotify, Netflix, dll.

2. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling kuat yang saat ini digunakan di lebih dari 3 miliar perangkat. Ini digunakan dalam aplikasi desktop, aplikasi seluler, pengembangan web, Kecerdasan buatan, aplikasi cloud, dan banyak lagi. Kelebihan Java antara lain adalah sebagai berikut:

a. Independensi platform dan pemrograman berorientasi objek

b. Peningkatan produktivitas, kinerja, dan keamanan

c. Ini adalah bahasa yang paling aman

Perusahaan yang menggunakan Java adalah Amazon, Adobe, Flipkart, Instagram, dll.

3. JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia di web. Sesuai survei, lebih dari 97 persen situs web menggunakan JavaScript. Kelebihan JavaScript antara lain adalah sebagai berikut:

a. JavaScript memiliki basis kode yang terorganisir dengan baik yang memberikan peningkatan produktivitas dan keterbacaan.

b. Mudah dipelajari dan sangat diminati.

c. Independensi platform dan kontrol browser yang lebih besar.

d. Menyediakan fitur validasi input pengguna.

Perusahaan teratas yang menggunakan JavaScript adalah Microsoft, Uber, PayPal, Google, Walmart, dll.

4. Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman lintas platform yang dirancang untuk mengembangkan aplikasi. Ini digunakan oleh lebih dari 60% pengembang android. Beberapa fitur yang menonjol dari Kotlin adalah:

a. Kode ringkas dan konkurensi terstruktur.

b. Fitur keamanan yang ditingkatkan.

c. Pengkodean sekitar 20% lebih sedikit dibandingkan dengan Java.

Perusahaan yang menggunakan Kotlin adalah Pinterest, Uber, Trello, Amazon, dll.

5. R

R adalah bahasa pemrograman untuk pemrograman statistik dan grafis. Ini banyak digunakan di antara ahli statistik dan penambang data untuk analisis data. Ini sangat penting dalam analisis data, domain keuangan, dan sektor telekomunikasi.

Kelebihan bahasa pemrograman R antara lain adalah sebagai berikut:

a. Ini telah memperluas perpustakaan untuk grafik interaktif.

b. Bahasa pemrograman berorientasi objek.

c. Mendukung operasi lintas platform.

d. Sangat dapat diperluas.

Perusahaan teratas yang menggunakan R adalah Flipkart, Amazon, Google, dan LinkedIn.

6. PHP

PHP adalah salah satu bahasa general-purpose scripting yang akan memegang peran penting di tahun-tahun mendatang. PHP adalah salah satu bahasa server-side pertama yang dapat disematkan dengan HTML untuk menambahkan fungsionalitas ke halaman web. Beberapa fitur yang menakjubkan dari PHP antara lain sebagai berikut:

a. Sederhana dan mudah dipelajari.

b. Lebih cepat dari bahasa scripting lainnya

c. Sangat aman untuk mencegah ancaman dan serangan.

Situs web luar biasa seperti Facebook, Yahoo, dan Wikipedia berjalan dengan bahasa program PHP.

7. Go

Go adalah salah satu bahasa pemrograman paling andal dan efisien yang menonjol dari yang lain. Ini awalnya dirancang di Google pada tahun 2007 untuk mengelola infrastrukturnya yang berkembang pesat. Beberapa kelebihan Go antara lain sebagai berikut:

a. Sederhana untuk dipelajari dan dipahami.

b. Mendukung proses otomatisasi.

c. Ini memfasilitasi proses AI dan data science.

Perusahaan yang bekerja di Go adalah Google, BBC, Medium, dan Uber.

8. C

C adalah bahasa pemrograman general-purpose yang dirancang untuk bekerja secara efisien pada game, grafik, dan aplikasi perusahaan. Ini menawarkan fitur luar biasa seperti:

a. Kehadiran fungsi dan operator bawaan.

b. Ini dapat diperpanjang.

c. Peningkatan kecepatan dan efisiensi.

Perusahaan teratas yang menggunakan C adalah GitHub, Telegram messenger, MasterCard, dll.

9. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman tangguh yang dikembangkan oleh Apple Inc. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat aplikasi untuk iOS, watchOS, macOS, dan banyak lagi. Swift menawarkan beberapa fitur luar biasa seperti:

a. Mudah dipahami.

b. Mempercepat proses pembangunan.

c. Performa yang ditingkatkan.

d. Mendukung perpustakaan dinamis.

Perusahaan yang mengerjakan Swift adalah Apple, Instagram, Uber, dan Slack.

10. C#

C# adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada .NET framework dan dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2000. Ini efektif dalam membuat aplikasi desktop dan game. kelebihan C# antara lain sebagai berikut:

a. Sederhana untuk dipelajari dan dipahami.

b. Ini sepenuhnya terintegrasi dengan perpustakaan .NET.

Perusahaan teratas yang mengerjakan C# adalah Microsoft, Stack Overflow, Accenture, dan Alibaba Travels.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.