Sukses

Contoh Campuran Homogen dalam Kehidupan Sehari-Hari adalah Simak Lebih Lengkapnya

Simak contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari adalah pembuatan soft drink. Soft drink dibuat dengan campuran larutan air dan gula. Hal itu membuat soft drink termasuk contoh campuran homogen.

Contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari adalah soft drink hanyalah satu dari banyak contoh. Ada banyak contoh lain yang termasuk campuran homogen.

Homogen sendiri berarti adalah sama atau seragam. Namun ini bisa berarti lain jika digunakan dalam konteks yang berbeda. Misalnya dalam frasa "masyarakat homogen," kata homogen dalam frasa tersebut berarti memiliki kesamaan kebudayaan, pekerjaan, dan latar belakang.

Campuran homogen adalah campuran yang memiliki komposisi seragam dan tidak bisa dibedakan. Kamu mungkin akan menemui istilah homogen ini dalam pembelajaran kimia ataupun fisika.

Sementara itu lawan kata homogen adalah heterogen, yang artinya beraneka ragam. Kata ini pun bisa dipakai dalam berbagai macam konteks termasuk dalam ilmu kimia maupun sosial.

Namun, dalam artikel ini akan lebih fokus untuk membahas contoh campuran homogen dalam konteks ilmu kimia. Namun sebelum terlalu jauh membahas contoh campuran homogen, berikut adalah pengertiannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu campuran homogen?

Campuran homogen adalah campuran yang memiliki zat susun yang sempurna. Nama lain campuran homogen adalah larutan. Contoh sederhana campuran homogen adalah udara, dari senyawa H2, CO2, N, O2, dan lainnya.

Dalam buku berjudul Benda-Benda di Sekitar Kita (2018) oleh Desi Juwitaningsih, dijelaskan campuran homogen memiliki jenis, macam, sifat, dan watak yang sama. Campuran homogen tersusun dengan sempurna (zat tunggal yang tidak dapat dilihat secara fisik dan dibedakan).

“Ini karena ada peleburan antara zat penyusun yang menyebabkan mata tidak dapat membedakan dengan pasti,” dijelaskan.

Hal yang sama dijelaskan dalam jurnal penelitian berjudul Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur dan Senyawa Kimia (2019) oleh Dwi Harwanto, dkk. Diungkapkan bahwa campuran homogen memiliki bagian yang serba sama dalam hal warna dan rasa.

“Mencampurkan gula dengan segelas air, maka kedua zat tersebut tercampur dan tidak berubah menjadi zat lain. Meskipun sudah tidak tampak lagi, gula masih terasa manis dan air juga masih berbentuk cairan,” dicontohkan.

Campuran homogen adalah memiliki wujud ukuran yang sangat kecil dan campuran homogen adalah tidak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. Bagaimana ciri-ciri khusus campuran homogen itu?

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Campuran Homogen

Dalam buku berjudul Taktik Tokcer Kuasai IPA SD/MI Kelas V (2018) oleh Desy Wijaya, ada lima ciri-ciri campuran homogen yang perlu dipahami dengan saksama. Berikut adalah ciri-ciri campuran homogen:

1. Ciri-ciri campuran homogen terdiri atas zat terlarut dan pelarut.

2. Ciri-ciri campuran homogen serba sama, tidak ada bidang batas antara komponen-komponen penyusunnya.

3. Ciri-ciri campuran homogen tidak dapat disaring.

4. Ciri-ciri campuran homogen tidak terdapat lapisan.

5. Ciri-ciri campuran homogen ukuran partikel larutan sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa.

4 dari 5 halaman

Contoh Campuran Homogen Adalah

Sementara itu, contoh campuran homogen adalah tak hanya udara dan gula dalam air. Desi Juwitaningsih, menjelaskan contoh campuran homogen adalah sebagai berikut:

1. Udara

Contoh campuran homogen adalah udara yang dihirup manusia saat melakukan proses penarikan pernapasan. Saat bernapas, ada kandungan gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan uap air dalam keadaan dingin

2. Sirup

Contoh campuran homogen adalah minuman sirup yang terdiri atas beberapa penyusunnya seperti gula buatan, perasa buah, dan pewarna makanan.

3. Perunggu

Contoh campuran homogen adalah keberadaan perunggu dalam benda-benda rumah tangga dalam susunan pembuatnya terdiri atas tembaga dan timah.

4. Besi Baja

Contoh campuran homogen adalah besi baja terbuat dari zat penyusun yaitu besi dan karbon.

5 dari 5 halaman

Campuran Heterogen

Campuran heterogen adalah kebalikan dari campuran homogen. Campuran homogen terbentuk dari sejumlah unsur yang sifatnya berbeda.

Wujud campuran heterogen bisa berupa padatan, gas, dan cairan. Intinya, campuran heterogen adalah berkomposisi yang tidak serba sama atau tidak sempurna.

Mengutip buku Cepat Kuasai IPA oleh Christiana Umi, S.Pd. yang terbit tahun 2016, ciri-ciri campuran heterogen adalah memiliki ukuran partikel yang bercampur lebih besar dari molekul. Menurutnya, pencampuran partikel heterogen adalah tidak merata.

Campuran akan mengendap (partikel zat pelarut dan terlarutnya berpisah) jika didiamkan. Heterogen akan keruh dan tidak tembus cahaya. Konsentrasi campuran heterogen adalah bisa dipisahkan dengan sistem filtrasi atau penyaringan biasa dan tidak sulit dilakukan.

Contoh dari campuran heterogen adalah minyak dan air, campuran kapur dengan pasir, campuran serbuk besi dengan karbon, dan masih banyak contoh lainnya. Contoh campuran lainnya:

- Air dan pasir yang dicampur.

- Ketan, kacang hijau yang direbus.

- Bubur kacang hijau.

- Adukan semen dan coral.

- Saus dan salad.

- Beton yang merupakan campuran heterogen dari agregat semen dan air.

- Es batu yang tercampur dengan cola.

- Kue chip cokelat.

Contoh dari campuran heterogen adalah campuran antara tanah dengan kerikil, beton, campuran antara pasir dan air, dan campuran lainnya. Begini sifat campuran heterogen yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Sifat campuran heterogen adalah dari dua zat atau lebih.

2. Sifat campuran heterogen adalah memiliki sifat yang mana zat penyusunnya tak sama alias tak seragam.

3. Sifat campuran heterogen adalah kedua zat tersebut masih bisa dibedakan partikel-partikelnya.

4. Sifat campuran heterogen adalah kedua zatnya masih tampak dengan mata telanjang tanpa bantuan alat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.