Sukses

Cara Membuat Pendahuluan Skripsi dan Makalah, Ketahui Struktur dan Kaidahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat pendahuluan secara teknis hampir sama baik untuk skripsi atau makalah. Pendahuluan sendiri merupakan bagian dari makalah atau skripsi yang ada di bab I.

Secara umum, pendahuluan berisi tentang latar belakang penelitian, landasan teori, tinjauan pustaka, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

Oleh karena, cara membuat pendahuluan juga melibatkan kepekaan peneliti untuk mencari topik yang menarik terkait objek penelitian yang akan dikerjakan. Bagian pendahuluan adalah bagian yang sangat penting dalam karya tulis ilmiah yang memungkinkan pembaca untuk melanjutkan bacaannya atau tidak.

Bagian pendahuluan juga menjadi penting karena menggambarkan hampir keseluruhan penelitian, mulai dari alasan mengapa penelitian tersebut menarik, metode penelitian yang digunakan, serta ruang lingkup penelitian.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat pendahuluan, berikut unsur-unsur pendahuluan, seperti yang telah dirangkum Liptan6.com dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Unsur-Unsur Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bab I dari sebuah karya tulis ilmiah, baik itu makalah maupun skripsi. Dalam pendahuluan terdapat bagian-bagian atau unsur yang membentuknya. Unsur-unsur pendahuluan antara lain adalah latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, tinjauan pustaka, landasan teori, metode dan teknik penelitian, serta sistematika penyajian hasil analisis data.

Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah adalah gambaran yang jelas mengenai pemikiran ilmiah, dengan cara mengemukakan masalah dan menghadapkan pada beberapa pustaka yang relevan yang dapat menuntun pembaca menuju kepada pemikiran logis.

Latar belakang masalah biasanya berisi contoh fenomena menari dari objek yang akan diteliti. Selain itu, latar belakang penelitian juga dapat menunjukkan alasan pentingnya suatu penelitian dilakukan.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik diangkat oleh penulis. Jadi, rumusan masalah memuat pertanyaan yang hendak dijawab oleh penulis melalui karya tulis ilmiahnya.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian mengungkapkan target dari sebuah penelitian dilakukan. Tujuan penelitian umumnya menjawab sejumlah poin dalam rumusan masalah.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah pemaparan mengenai hasil bacaan penulis mengenai penelitian-penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya. Tinjauan pustaka juga mengemukakan aspek-aspek yang belum dibahas pada peneltian serup yang dilakukan sebelumnya, namun akan dibahas di penelitian yang akan ditulis.

Landasarn Teori

Landasan teori merupakan bagian dari penelitian yang memuat teori-teori dan hasil-hasil penelitian yang berasal dari studi kepustakaan yang memiliki fungsi sebagai kerangka teori untuk menyelesaikan pekerjaan penelitian. Landasan teori juga sering disebut kerangka teori.

Landasan teori juga merupakan alat yang digunakan peneliti untuk menganalisis data yang dikumpulkan untuk kebutuhan penelitian.

Metode dan Teknik Penelitian

Metode penelitian adalah perilaku dan alat yang digunakan untuk memilih dan merancang teknik penelitian. Teknik penelitian adalah perilaku dan alat yang digunakan untuk menjalankan penelitian seperti observasi, pencatatan data, pemrosesan data dan sebagainya.

Sistematika Penyajian

Sistematika penyajian adalah gambaran tentang bagaimana penulis akan memaparkan hasil penelitiannya dalam bentuk karya tulis. Dalam sistematika penyajian, perlu dipaparkan pula mengenai jumlah bab, bagaimana hasil analisis disajikan apakah (dengan tabel, gambar, dsb.), dan sebagainya.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Pendahuluan

Setelah mengetahui apa saja unsur dalam pendahuluan, dapat diuraikan cara membuat pendahuluan. Cara membuat pendahuluan tentunya berada pada tahap persiapan penelitian.

Menentukan Topik dan Tema

Dalam tahapan persiapan, penting untuk menentukan topik dan tema, agar penelitian tidak terlalu luas, sehingga penelitian bisa lebih mendalam dan fokus. Menentukan topik dan tema juga akan mempermudah penulis untuk mengeksekusi penelitian.

Observasi Singkat

Melakukan observasi singkat atau pengamatan juga penting dalam cara membuat pendahuluan. Sebab, melakukan observasi singkat dapat memberikan gambaran tentang latar belakang masalah apa sehingga sebuah penelitian dinilai menarik dan penting untuk dilakukan.

Di samping itu, melakukan observasi singkat juga akan menunjukkan adanya masalah yang penting untuk dijawab sebagai bagian dari tujuan penelitian.

Membaca Penelitian Sebelumnya

Kajian pustaka tentang penelitian sebelumnya juga penting untuk dilakukan. Membaca penelitian serupa akan memberikan gambaran tentang aspek apa saja yang bisa jadi nilai tambah dalam penelitian yang akan dilakukan.

Mempelajari Teori

Mempelajari teori jelas sangat penting karena akan menentukan arah penelitian yang akan dilakukan. Mempelajari teori juga membantu untuk menentukan metode dan teknik penelitian, serta teknik penyajian data seperti apa yang perlu dipilih.

Mempelajari Kaidah Penulisan

Langkah ini tidak kalah penting. Karya tulis ilmiah, ditulis dengan menggunakan ragam bahasa Indonesia baku. Oleh karena itu, mengetahui kaidah penulisan karya tulis ilmiah yang tepat sangat penting di sini.

Menulis sesuai kaidah akan dapat membudahkan pembaca untuk memahami isi pendahuluan yang dipaparkan.

Demikian cara membuat pendahuluan yang bisa Anda terapkan saat tengah menulis karya ilmiah. Cara membuat pendahuluan ini juga bisa diterapkan untuk membuat proposal skripsi, dengan sedikit penyesuaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.