Sukses

10 Tempat Wisata Dieng Paling Populer, Lengkap Dengan Harga Tiket Masuknya

Rekomendasi tempat wisata Dieng paling populer yang sayang untuk dilewatkan, lengkap dengan harga tiket masuknya.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Dieng menyajikan pilihan liburan dengan keindahan alam yang memukau. Dieng merupakan daerah pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Terkenal dengan berbagai destinasi alamnya, tempat wisata Dieng juga menyajikan wisata budaya yang kental.

Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan dianggap sebagai gunung api raksasa yang memiliki banyak puncak dan kawah. Tempat wisata Dieng secara administratif termasuk dalam dua kabupaten yang berbeda yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Hal ini membuat tempat wisata Dieng mudah dijangkau dari arah manapun.

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pecinta alam, tempat wisata Dieng juga menyajikan banyak wisata budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan teman dan keluarga. Wisatawan juga bisa berwisata kuliner dengan mencicipi berbagai makanan lokal khas Wonosobo dan Banjarnegara.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata Dieng paling popular, lengkap dengan harga tiket masuknya, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Dieng Paling Populer

1. Bukit Sikunir

Tempat wisata Dieng yang pertama adalah Bukit Sikunir. Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan. Merupakan bukit yang memiliki panorama yang indah, terutama saat waktu matahari terbit. Matahari terbit di Bukit Sikunir menjadi salah satu alasan sebagian besar wisatawan datang ke tempat ini.

Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir adalah sekitar bulan Juli hingga Agustus karena merupakan periode musim kemarau sehingga langit menjadi bersih. Jika anda berencana untuk menikmati matahari terbit di sini, anda harus datang pagi-pagi sekali.

Tiket masuk: Rp 10.000

 

2. Gunung Prau

Untuk wisatawan yang menyukai hiking di pegunungan, Gunung Prau akan menjadi pilihan yang cocok untuk dikunjungi. Pendakian Gunung Prau menjadi spot favorit bagi para pecinta alam. Letaknya sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut, dan cukup pendek jika dibandingkan dengan gunung lainnya.

Ada satu spot menarik di gunung ini, yaitu Bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies adalah hamparan padang rumput hijau yang menyerupai setting Teletubbies, acara TV anak-anak yang terkenal. Gunung Prau juga terdaftar di pegunungan di Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 15.000

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Dieng Paling Populer

3. Telaga Warna

Tempat wisata Dieng yang selanjutnya adalah telaga warna. Telaga Warna terkenal dengan airnya yang berubah warna. Ini adalah objek wisata paling terkenal di Dieng. Disebut Telaga Warna karena memiliki air yang sering berubah warna.

Warnanya bervariasi dari merah, hijau, biru, putih dan banyak lagi. Fenomena unik ini terjadi karena tingginya belerang di danau. Belerang berubah menjadi warna lain ketika terkena sinar matahari. Telaga Warna juga terletak di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut, sehingga pemandangan di tempat ini sangat indah.

Tiket masuk: Rp 15.000

 

4. Candi Arjuna

Selain wisata alam, tempat wisata Dieng juga memiliki beberapa tempat wisata budaya, seperti Candi Arjuna. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di candi, Candi Arjuna dibangun pada awal abad ke-9 Masehi.

Candi Arjuna akan menyuguhkan pemandangan candi yang eksotis dan pemandangan alam yang mengelilinginya. Karena kedamaian dan pemandangan yang menakjubkan, Candi Arjuna juga terdaftar sebagai salah satu candi di Indonesia untuk objek wisata.

Tiket masuk: Rp 20.000

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Dieng Paling Populer

5. Kawah Sikidang

Kawasan wisata Dieng merupakan gunung berapi raksasa yang masih aktif, karenanya disini wisatawan juga akan bisa menemukan beberapa kawah di sekitar kawasan ini. Salah satu yang terkenal adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang termasuk dalam tempat wisata di Banjarnegara.

Kawah Sikidang memiliki luas 200 meter persegi dan terletak di tanah datar sehingga pengunjung dapat melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun, wisatawan tetap perlu berhati-hati karena mengandung kadar belerang yang tinggi.

Tiket masuk: Rp 15.000

 

6.  Desa Sembungan

Tempat wisata dieng selanjutnya adalah Desa Sembungan. Desa ini dianggap sebagai desa tertinggi di Jawa, dengan ketinggian 2300 m di atas permukaan laut. Karena jaraknya yang jauh dari desa sebelah, masyarakat Sembungan dikatakan memiliki dialek, kebiasaan, dan budaya Jawa yang berbeda.

Saat ini Sembungan adalah desa unik yang tidak hanya menawarkan atraksi menakjubkan di sekitarnya tetapi juga kehangatan masyarakatnya. Dari desa ini, wisatawan juga dapat mengunjungi Danau Cebongan yang indah yang terletak tepat di tengah desa.

Tiket masuk: gratis

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Dieng Paling Populer

7. Museum Dieng Kailasa

Terletak di Desa Dieng Kulon, museum ini adalah tempat wisatawan dapat menemukan informasi dan pajangan tentang apa saja yang berhubungan dengan Dieng, mulai dari sejarah, masyarakatnya, budaya, kepercayaan, hingga flora dan faunanya.

Menempati lahan seluas 560 meter persegi, museum ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian pertama dibangun pada tahun 1984 dan menyimpan banyak peninggalan yang berkaitan dengan candi di Dataran Tinggi Dieng, bagian kedua dibangun pada tahun 2008 dan memiliki koleksi yang lebih bervariasi.

Tiket masuk: Rp 5.000

 

8. Gunung Sikunir

Gunung Sikunir menjadi tempat wisata Dieng selanjutnya yang wajib dikunjungi. Sebuah gunung yang menawarkan pemandangan spektakuler, terutama pada saat matahari terbit yang juga menjadi daya tarik utama para wisatawan berkunjung kesini.

Untuk mencapai bukit saat matahari terbit, anda harus mulai mendaki dari Lembah Dieng sekitar pukul 4 pagi. Berjarak sekitar satu jam berjalan kaki ke desa Sembungan dan hanya 30 menit lagi menuju puncak bukit. Dari sini, anda bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro yang menakjubkan.

Tiket masuk: Rp 10.000

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Dieng Paling Populer

9. Telaga Pengilon

Jika anda mengunjungi Telaga Warna, maka anda juga harus mengunjungi Telaga Pengilon.karena letaknya yang tidak jauh dari Telaga Warna. Meski tidak terlalu jauh, namun karakteristik kedua danau ini sangat berbeda. Berbeda dengan Telaga Warna, air di Telaga Pengilon memiliki air yang jernih dan tidak bisa berubah warna.

Meskipun demikian, tempat ini tetap direkomendasikan karena pemandangan di sekitar Telaga Pengilon dan Telaga Warna sangat mempesona dan disukai oleh para pecinta fotografi. Kedua danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang indah dan hijau.

Tiket masuk: Rp 10.000

 

10. Batu Ratapan Angin

Tempat wisata Dieng yang terakhir adalah Batu Ratapan Angin, Batu Ratapan Angin merupakan spot terbaik untuk melihat Telaga Warna dan Pengilon. Batu Ratapan Angin sebenarnya adalah sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna.

Batu ratapan angin juga salah satu tempat wisata favorit di Dieng, karena dari tempat ini anda akan dapat melihat dua danau yang terkenal yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Tempat ini agak tinggi, jadi anda harus berusaha ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun, setelah sampai di atas, semua usaha anda akan terbayar dengan keindahan yang bisa dinikmati dari atas.

Tiket masuk: Rp 10.000

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.