Sukses

5 Cara Membuat Judul Skripsi yang Benar dan Efektif, Peluang ACC Makin Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat judul skripsi yang baik dan benar kadangkala tidak cukup untuk bisa mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Diperlukan juga judul skripsi yang menarik dan terarah untuk bisa menarik perhatian dosen pembimbing agar mendukung penelitian yang akan dilakukan untuk dapat lulus dari perguruan tinggi.

Mengetahui cara membuat judul skripsi yang benar dan menarik akan mempercepat mahasiswa semester akhir untuk memulai dan menyelesaikan skripsinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa judul merupakan hal pertama yang akan dilihat dan dipertimbangkan sebelum isi penelitian didalamnya, sehingga penting untuk membuat judul skripsi yang menarik.

Sayangnya masih banyak mahasiswa semester akhir yang belum mengetahui cara membuat judul skripsi yang benar dan menarik. Padahal skripsi merupakan syarat wajib untuk dapat lulus dari sebuah perguruan tinggi, karenanya penting untuk menyelesaikan skripsi dengan baik dan maksimal sejak awal, yaitu sejak pembuatan judul skripsi.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat judul skripsi yang benar dan menarik untuk mahasiswa semester akhir, Jumat (2/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Judul Skripsi yang Baik dan Benar

Judul skripsi adalah pernyataan yang membingkai argumen yang akan dipresentasikan dalam makalah akademis. Ini adalah frasa singkat yang memberi tahu audiens tentang konten yang ada didalam makalah akademis tersebut. Pembaca harus bisa mendapatkan sekilas studi dari judul skripsi.

Itulah alasan mengapa penulis harus menginvestasikan waktu untuk menghasilkan judul yang terbaik. Pikirkan judul sebagai kemasan terbaik untuk skripsi anda. Judul harus cukup baik untuk menarik audiens yang tepat dan harus memenuhi persyaratan tertentu.

Judul skripsi adalah kontak nyata pertama yang akan dimiliki pembaca dengan tulisan akademis yang akan dibaca dan oleh karena itu, judul harus cukup menarik. Judul dapat menarik audiens untuk melanjutkan membaca materi di dalamnya atau melewatkannya.

Judul yang luar biasa untuk sebuah skripsi harus memenuhi beberapa hal. Judul harus mencerminkan konten dan pembaca harus tahu pada pandangan pertama, apa topik skripsi yang anda tulis. Untuk itu, judul skripsi harus ringkas, tepat dan relevan.

Judul terbaik adalah singkat. Terlalu banyak kata dapat mengecilkan hati beberapa pembaca. Dalam napas yang sama, seharusnya tidak terlalu pendek. Judul skripsi berkembang dengan kekhususan, dan itu membutuhkan penggunaan lebih dari empat kata.

3 dari 4 halaman

Komponen Judul Skripsi

Komponen Judul Skripsi

Judul skripsi harus sama dengan penelitian yang akan dikerjakan dan pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, ada beberapa faktor mendasar yang ada dalam setiap judul skripsi. Komponen dari judul skripsi ini adalah:

1. Area Minat

Tujuan dari penelitian ini adalah bagian besar dari judul skripsi. Apa yang ingin dicapai dengan penelitian menentukan nada untuk semua yang terjadi. Judul yang baik harus mencerminkan hal itu. Bidang minat memberikan cakupan makalah yang luas, tetapi juga harus mempertimbangkan secara spesifik.

Misalnya, sebuah studi tentang pengaruh pemasaran media sosial pada proses pembelian menawarkan berbagai macam hal untuk diteliti. Namun, studi secara khusus berada di jaringan tertentu seperti Twitter dan Instagram. Oleh karena itu, judul harus menyebutkan secara khusus apa objek yang diteliti.

2. Konsistensi Internal

Judul yang efektif tidak hanya harus tepat dan menarik, judul juga harus tetap konsisten secara internal. Judul yang baik harus mencerminkan penelitian seakurat mungkin. Ketika pembaca melihat judul skripsi, mereka memiliki petunjuk tentang apa isi makalah itu. Berhati-hatilah dengan bahasa dan gaya penulisan untuk menghindari mispersepsi pembaca.

Jika judul skripsi mengatakan 'pendekatan studi kasus,' pembaca akan berharap memiliki abstrak, pengantar, metodologi, dan sebagainya. Kurangnya konsistensi dapat menghasilkan kekecewaan yang akan mendorong para pembaca menjauh dan tidak menyelesaikan penelitian yang telah dilakukan.

3. Format

Jangan pernah mengirimkan skripsi tanpa memeriksa apakah judulnya memenuhi standar format yang disyaratkan. Tidak semua makalah akademis perlu diformat. Gaya penulisan bisa bervariasi tergantung pada disiplin ilmu dan institusi.

Persyaratan pemformatan penting karena menentukan cara menulis kutipan. Penulis harus mengecek instruksi khusus tentang penulisan skripsi sesuai dengan instansinya. Pertimbangkan semua elemen dengan cermat saat menyusun judul skripsi.

4 dari 4 halaman

Tips Cara Membuat Judul Skripsi

Tips Cara Membuat Judul Skripsi

Terdapat beberapa tips yang dapat anda ingat untuk menulis judul penelitian yang benar dan efektif:

1. Jangan gunakan kata-kata atau komponen yang tidak perlu dan tidak relevan dengan ruang lingkup penelitian.

Judul harus deskriptif, tetapi ingat, itu adalah judul penelitian, bukan keseluruhan makalah. Hindari penggunaan jargon. Mungkin ada daftar hal-hal yang harus dihindari dalam judul penelitian seperti tanda baca (misalnya koma, tanda tanya, dan titik koma), singkatan, rumus kimia, istilah yang tidak jelas, kata-kata yang tidak umum, atau apa pun yang tidak cukup jelas.

2. Pastikan judul anda mencangkup empat hal mendasar yaitu:

a) menggambarkan topik

b) menjelaskan metode

c) sampel

d) hasil dalam penelitian.

Ketika menerbitkan skripsi sebagai sebuah buku, judul deskriptif yang tepat yang menjelaskan semua bagian penting dari penelitian dapat sangat membantu dalam menarik perhatian pembaca.

3. Judul harus menarik tetapi juga menentukan tujuan penelitian.

Sangat penting untuk merumuskan judul yang akan menarik dan atraktif, yaitu sesuatu yang ramai dan trendi untuk menarik perhatian segera, tetapi juga harus menjelaskan tujuan penelitian, yaitu harus indikasi mengapa penelitian penting bagi masyarakat.

Misalnya "Meditasi membuat perawat tampil lebih baik: studi kualitatif meditasi kesadaran di antara mahasiswa keperawatan Jerman". Dalam judul ini, dapat dilihat bagian pertama menjelaskan tujuan penelitian, memiliki semua kata kunci untuk menargetkan calon pembaca dan juga memberikan gambaran tentang metode yang digunakan dalam penelitian.

4. Gunakan Kata Kunci yang Tepat.

Saat ini, menemukan sesuatu tidak sulit karena semuanya ada di web. Tetapi temuan itu bisa menjadi terlalu sulit bagi pembaca, jika studi tidak memiliki kata kunci yang tepat dalam judul, karena ini adalah zaman SEO (Search Engine Optimization).

Lakukan penelitian dasar tentang apa yang sedang tren di mesin pencari populer sebelum memutuskan judul untuk penelitian atau ketika menerbitkan skripsi anda sebagai sebuah buku. Kata kunci yang tepat memudahkan pencarian penelitian.

5. Jaga agar judul penelitian sesuai dengan pedoman jurnal.

Saat mengirimkan penelitian atau tesis atau naskah buku untuk ditinjau ke berbagai jurnal dan penerbit, masing-masing dari mereka memiliki pedoman dan aturan format sendiri untuk judul makalah. Bacalah dengan cermat format yang ada dan disesuaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.