Sukses

Dampak Positif dari Adanya Globalisasi adalah Kemudahan Memperoleh Informasi

Liputan6.com, Jakarta Dampak positif dari adanya globalisasi adalah kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan serta meningkatkan produktivitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pegertian globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Dampak positif dari adanya globalisasi adalah dapat mempengaruhi kehidupan manusia menjadi lebih baik. Dengan kata lain, globalisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur baru baik informasi, pemikiran, gaya hidup hingga teknologi secara mendunia. 

Dampak positif dari adanya globalisasi adalah dapat berpengaruh luas terhadap penghidupan dan kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, hingga pertahanan keamanan. 

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai dampak positif dari adanya globalisasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal Globalisasi

Secara umum, pengertian globalisasi adalah perubahan sosial yang secara khusus berkembang dalam peradaban manusia secara global. Aspek yang akan terpengaruhi oleh perubahan ini berupa ekonomi, politik, hukum, sosial, serta budaya.

Menurut National Geographic, Globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan meningkatnya keterhubungan dan saling ketergantungan budaya dan ekonomi dunia. Hal ini juga akan mempengaruhi sosial dan teknologi. Keterhubungan inilah yang akan mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru.

Dikutip dari buku Mata Pelajaran Antropologi (2018) yang diterbitkan oleh Kemdikbud, terdapat beberapa ahli yang berpendapat mengenai globalisasi, antara lain:

Heywood

Menurutnya, globalisasi adalah kemunculan sebuah jaringan saling ketergantungan yang kompleks yang berarti bahwa kehidupan seseorang semakin dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi dan keputusan-keputusan yang dibuat di sebuah tempat yang jauh dari orang tersebut.

Jan Aart Scholte

Sedangkan menurut Jan Aart Scholte, pengertian globalisasi adalah proses meningkatnya interdependensi antara aktor negara dan non-negara pada skala global, sehingga hubungan sosial dalam suatu masyarakat secara signifikan dibentuk dan dipengaruhi dimensi hubungan sosial yang lebih luas pada skala dunia.

Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan sebagai Sosiolog asli Indonesia menjelaskan bahwa pengertian globgalisasi adalah terbentuknya organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

3 dari 4 halaman

Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

Mengutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, dampak dari adanya globalisasi dalam kehidupan terbagi menjadi dua bagian, yakni dampak positif dan negatif. Berikut penjelasannya.

1. Dampak Positif Globalisasi

a. Perubahan tata nilai dan sikap

Dampak positif dari adanya globalisasi adalah perubahan tata nikai dan sikap. Globalisasi menyebabkan perubahan tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. Seperti meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya,

b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

Berikutnya, dampak positif dari adanya globalisasi adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien. Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi, memudahkan kehidupan manusia, seperti mobilitas tinggi, karena jarak tempuh dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih cepat, mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

c. Tingkat kehidupan menjadi lebih baik

Selanjutnya, dampak positif dari adanya globalisasi adalah tingkat kehidupan menjadi lebih baik. Globalisasi membantu memperkenalkan kehidupan sosial dan budaya Indonesia sehingga turis dan pariwisata berkembang. Globalisasi juga membantu meluaskan pasar produk dalam negeri sehingga produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional, kehidupan menjadi lebih baik, dan pembangunan negara menjadi meningkat.

d. Meningkatkan supremasi hukum dan perlindungan HAM

Selanjutnya, dampak positif dari adanya globalisasi adalah meningkatkan supremasi hukum dan perlindungan HAM. Dengan adanya globalisasi dapat mendukung bangsa Indonesia melalui penguatan supremasi, demokratisasi, dan tuntunan terhadap HAM. Globalisasi juga dapat mendukung peningkatan regulasi hukum dan pembuatan peraturan undang-undang yang terbuka. Globalisasi juga dapat menguatkan tuntunan penegakan hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

 

4 dari 4 halaman

Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

2. Dampak Negatif Globalisasi

a. Lunturnya nilai budaya asli

- Arus globalisasi yang sangat deras dapat menggerus nilai nilai budaya asli, contohnya semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu atau darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.

- Cara berpakaian, cara berpakaian bangsa barat pun perlahan masuk dalam budaya kita.

- Meniru perilaku yang buruk dan gaya hidup kebarat-baratan, misalnya, perkelahian antar pelajar dan adegan-adegan kekerasan.

- Memberi salam atau mencium tangan orang tua sudah tergantikan oleh “Cipika - Cipiki” (cium pipi kiri dan pipi kanan) yang diperkenalkan budaya barat. Padahal ini tidak sesuai dengan bangsa timur yang lebih mengedepankan etika dalam bermasyarakat. Terlebih dalam agama Islam “Cipika-Cipiki” dianggap dosa bila dengan lawan jenis.

- Meniru idola, cara berpakaian para aktris atau aktor atau penyanyi dari barat (luar Indonesia) sangat bertentangan dengan cara berpakaian di Indonesia.

b. Perubahan gaya hidup

- Individualistis. sikap mementingkan diri sendiri.

- Pragmatis, melakukan suatu kegiatan yang menguntungkan saja.

- Materialistis, sikap mengukur sesuatu dengan materi.

- Hedonism sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya.

- Konsumtif, pola konsumsi yang sudah melebihi batas.

- Sekuler sikap yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama.

c. Adanya eksploitasi sumber daya alam

Dampak negatif dari adanya globalisasi adalah akan terjadi eksploitasi sumber sumber daya alam yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.