Sukses

17 Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi, Tawarkan Destinasi Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Kaliurang wajib untuk anda kunjungi apabila sedang berlibur ke Jogja. Kaliurang merupakan wilayah di Sleman, Yogyakarta. Tempatnya yang adem membuat kawasan satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Berlokasi di dekat Gunung Merapi, membuat tempat wisata di Kaliurang memiliki hawa yang sejuk. Tidak heran banyak destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan aktivitas outbound yang menyenangkan.

Tempat wisata di Kaliurang sangat cocok untuk anda yang mencari spot foto kece dan instagramable dengan latar pemandangan alam. Anda juga dapat mengajak saudara, keluarga, maupun teman untuk menikmati berbagai wisata di Kaliurang yang tentunya seru dan menyenangkan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Kaliurang yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi

1. Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah wisata di Kaliurang Jogja yang wajib dikunjungi. Ledok Sambi termasuk kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini, termasuk pilihan penginapannya.

Daya tarik Ledok Sambi adalah pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang. Di sini, anda bisa melakukan aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain.

2. The World Landmark Merapi Park Jogja

Tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi adalah The World Landmark Merapi Park. Di sini anda bisa melihat beberapa landmark dari seluruh dunia. Bagi anda yang gemar mengambil foto selfie, tempat ini adalah tempat yang cocok buat anda.

Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang menarik dari bangunan landmark seperti Menara Eiffel, Kincir Angin seperti di Belanda, Pagoda Thailand, jam raksasa Big Ben London, Menara Pisa Italia dan sebagainya.

3. The Lost World Castle

Daerah sekitar Gunung Merapi memang memiliki banyak sekali destinasi sebagai tempat wisata di Kaliurang. Salah satunya adalah The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Tempat wisata di Kaliurang satu ini tidak kalah Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram anda.

Kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga dan memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti dunia yang hilang.

4. Bukit Klangon

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan tentu memanjakan mata. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Bukit Klangon sebagai salah satu tempat wisata di Kaliurang Jogja yang wajib dikunjungi.

Gardu pandang di Bukit Klangon bisa jadi tujuan anda selanjutnya. Di tempat ini terdapat spot foto yang keren berlatar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi

5. Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata di Kaliurang kekinian berikutnya adalah Stonehenge Cangkringan. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris. Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik. Apalagi dengan cuaca yang sejuk. Tempat wisata di Kaliurang ini bisa dijadikan tempat berfoto bersama teman-teman dan keluarga.

6. Museum Gunung Merapi 

Tempat wisata di Kaliurang yang juga terletak di sekitaran Gunung Merapi adalah Museum Gunung Merapi. Selain bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, anda juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung yang sangat ikonik ini. Dengan begitu, tentunya tempat ini juga cocok untuk wisata kelaurga untuk menambah wawasan anda dan anak-anak.

7. Lava Tour Merapi

Apabila anda ingin berkeliling melihat pemandangan Gunung Merapi, mengikuti tur dengan Jeep Lava Tour Merapi menjadi pilihan tepat. Anda bisa menyewa jeep bersama teman-teman ataupun keluarga dan berjalan-jalan di sekitar merapi. Dalam tour Merapi nanti anda akan berkeliling ke beberapa tempat seperti ke bunker kaliadem, Tlogo Putri dan lain-lain.

8. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata di Kaliurang yang cukup populer. Di museum ini, anda bisa berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari Ruang Gamelan hingga Guwo Selo Giri yang berisikan lukisan tokoh-tokoh Mataram.

Selain di bagian indoor, anda juga akan berkunjung ke museum outdoornya yang bernama ruangan Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa. Bagi wisatawan yang ingin ke sini bisa berkunjung langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Kaliurang barat, Desa Pakembinangun, kecamatan Pakem.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi

9. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang sangat indah. Embung atau kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bebek air mainan ini memberikan kesejukan tersendiri bagi anda yang mengunjunginya.

Selain itu, di Tlogo Putri terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya saja yang menarik, tetapi udara di sini juga sejuk. Anda dan keluarga pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata.

10. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem m,erupakan salah satu wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi. Tempat ini dulunya digunakan masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, untuk melindungi diri ketika awan panas dari Merapi datang. Perjalanan ini akan penuh emosional saat wisatawan disajikan cerita-cerita seputar Bunker Kaliadem.

11. Makam Mbah Marijan

Sosok Mbah Marijan cukup dikenal sebagai guru kunci dari gunung Merapi. Beliau tewas akibat letusan pada tahun 2010 lalu. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana baik untuk berziarah maupun hanya sekedar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selam menjadi guru kunci Merapi.

12. Kaliadem

Kaliadem adalah wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berada di kawasan Kaliurang, dekat dengan Gunung Merapi. Tempat wisata di Kaliurang ini merupakan bunker yang menyajikan berbagai macam informasi sejarah dari Gunung Merapi.

Selain mendapatkan sajian pemandangan yang indah dan menyejukkan, di sini Anda bisa belajar sejarah tentang Gunung merapi.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi

13. Agrowisata Bhumi Merapi

Perpaduan wisata edukasi dengan spot-spot foto yang cantik di Agrowisata Bhumi Merapi menjadikannya sangat populer sebagai tempat wisata keluarga. Berbeda dengan banyak tempat wisata di Kaliurang yang tutup pada hari Senin, Agrowisata Bhumi Merapi buka setiap hari. Selain menyajikan wisata edukasi, budidaya ternak dan perkebunan, Bhumi Merapi juga sangat populer akan spot-spot foto bertema Santorini, Alpen, dll. 

14. Taman Kita Oreo

Taman Kita Oreo adalah wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi. Taman Wisata Oreo ini masih terdapat di dalam kawasan Taman Wisata Kaliurang. Taman ini dirancang berupa taman bermain menyerupai bentuk biskuit yang menarik.

Di tempat wisata di Kaliurang ini, Anda bisa melakukan piknik sederhana dan bisa berbincang-bincang dengan pengunjung lainnya. Fasilitas ini memang dibuat dengan tujuan untuk memberikan ruang interaksi sosial bagi setiap pengunjungnya.

15. Museum Sisa Hartaku

Selain gunung Merapi yang menjadi ciri khasnya, anda juga bisa lebih dekat merasakan bagaimana kejadian meletusnya Merapi saat itu dengan mengunjungi Museum Sisa Hartaku. Berkunjung ke tempat wisata di Kaliurang yang satu ini, anda dapat menemukan berbagai penyimpanan barang-barang warga setempat yang masih tersisa setelah terjadinya letusan gunung Merapi tersebut.

Berbeda dengan bentuk gedung museum pada umumnya yang pernah anda jumpai. Museum Sisa Hartaku ini berupa bangunan yang dulunya adalah rumah, yang saat ini rumah ini hanya tersisa dindingnya saja. Di sana anda bisa melihat banyak perkakasa sehari-hari yang sudah tidak layak digunakan lagi, seperti sepeda sepeda motor, TV, meja, kursi, peralatan dapur, hingga hewan ternak.

16. Plunyon Kalikuning

Plunyon Kalikuning menjadi salah satu wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi. Dulunya, tempat ini sangat populer di kalangan para traveler. Namun setelah letusan Gunung Merapi, tempat ini akhirnya harus ditutup untuk umum. Kini, Plunyon Kalikuning sudah dibuka kembali dengan keindahan yang berbeda dari wajahnya dulu. Dengan latar pemandangan alam berupa Gunung Merapi, tempat wisata di Kaliurang ini cocok untuk anda yang ingin mencari spot foto kece dan instagramable.

17. Taman Wisata Kaliurang

Tempat wisata di Kaliurang ini sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di sini, Anda bisa mencoba fasilitas outbond seperti flying fox yang dapat memacu adrenalin. Bukan hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan rumah pohon Ridz High Rope saat memasuki area taman.

Tempat wisata di Kaliurang ini juga mempunyai udara yang sejuk serta dikelilingi pepohonan yang rindang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas dengan nyaman tanpa takut kepanasan. Di sini, Anda juga bisa membawa perlengkapan piknik seperti tikar dan bekal makanan untuk dinikmati bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.