Sukses

Daring Adalah Singkatan dari Dalam Jaringan, Ketahui Pengertian dan Jenisnya

Daring adalah singkatan dari dalam jaringan.

Liputan6.com, Jakarta Istilah daring kerap kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Istilah daring sangat berkaitan dengan teknologi. Kata daring merupakan bahasa Indonesia dari online. Lantas apa kepanjangan dari daring?

Daring adalah singkatan dari dalam jaringan. Secara umum, arti daring atau online menunjukkan keadaan terhubung. daring adalah singkatan dari dalam jaringan bisa digunakan dari ponsel, komputer, laptop, sampai televisi.

Daring adalah singkatan dari dalam jaringan sangat populer sebagai komunikasi yang dilakukan dengan bantuan internet. Tidak hanya digunakan dalam dunia pendidikan, daring bahkan diterapkan oleh banyak perusahaan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian daring beserta jenis-jenis dan perbedaannya dengan luring yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Daring

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istilah daring adalah singkatan dari dalam jaringan. Artinya istilah daring merupakan segala sesuatu dilakukan secara online. Daring adalah singkatan dari dalam jaringan merupakan sejenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan modal ponsel, laptop, komputer, tablet, dan internet.

Kini, istilah daring sangat populer dikalangan masyarakat. Daring adalah singkatan dari dalam jaringan sendiri kerap kali kita jumpai pada dunia pendidikan, namun saat ini banyak yang menerapkan istilah daring dalam perusahaan dan lembaga.

Aplikasi yang biasanya digunakan adalah Zoom, Google Meet, WhatsApp, Line, Skype, dan lain sebagainya. Tak hanya sebagai pembelajaran virtual, kini daring adalah metode telekomunikasi yang memudahkan segala pertemuan. Mulai dari rapat kerja, rapat keluarga, wisuda, dan masih banyak lagi lainnya. Dapat disimpulkan bahwa daring adalah singkatan dari dalam jaringan dengan bentuk telekomunikasi yang dilakukan dengan jaringan internet.

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Komunikasi Daring

1. Video Call

Salah satu jenis komunikasi daring sinkron ialah video call. Seperti namanya, komunikasi jenis ini pun menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga anda akan tetap mengetahui keadaan lawan bicara anda melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Call

Jenis komunikasi ini merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi Anda bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi.

3. Chat

Jenis komunikasi sinkron ini tentu saja dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

4. Video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, pada komunikasi asinkron video ini, anda hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara anda.

5. Chat

Meskipun menggunakan gadget canggih dan jaringan internet, tetapi komunikasi yang kamu jalin merupakan komunikasi yang tertunda, karena umumnya tidak langsung ditanggapi. Contohnya adalah forum daring.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Komunikasi Daring

6. Formal

Jenis komunikasi ini biasa dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri ialah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi formal, diantaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi saat dalam sebuah rapat.

7. Non formal

Jenis komunikasi ini bisa terjadi diluar acara resmi. Namun meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi yang dilakukan ini bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Informal

Jenis komunikasi ini tentu saja kebalikan dari komunikasi formal. Selain itu, jenis komunikasi ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

9. Kelompok

Seperti namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan secara berkelompok atau beregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

10. Jaringan kerja

Jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan. Selain itu, pada komunikasi jaringan kerja, biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau pun platform khusus untuk dapat menerapkan komunikasi daring.

5 dari 6 halaman

Perbedaan Daring dan Luring

Seperti yang dijelaskan di atas, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, daring adalah singkatan dari dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya, atau dikenal dengan kata “online” di dalam Bahasa Inggris.

Sedangkan untuk lawan katanya yaitu luring adalah singkatan dari luar jaringan, maksudnya terputus dari jejaring komputer, atau yang biasa dikenal dengan kata “offline” di dalam Bahasa Inggris.

Di situasi saat ini, istilah daring lantas lekat dengan kegiatan pertemuan jarak jauh seperti sekolah atau meeting, dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Pembelajaran daring dilakukan dengan mengadakan kelas secara virtual. Melalui bantuan aplikasi google meet dan zoom. Sementara, luring identik dengan kegiatan tatap muka yang dilakukan secara langsung.

6 dari 6 halaman

Aplikasi Daring yang Sering Digunakan

1. Skype

Dibuat oleh Microsoft, Skype sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan Mac ini menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting. Hadir sebagai salah satu pilihan pengganti Zoom, Skype mendukung obrolan hingga 50 orang panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan. Tidak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

2. Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan platform konferensi video terintegrasi dalam platform G Suite yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di smartphone.

Jika perusahaan kamu memakai atau berlangganan Google Apps, anda dapat mengirim link meeting lewat aplikasi Google Calender. Adapun orang yang bisa bergabung ke dalam sesi Meet ini mencapai 100 orang, dan sangat sesuai dipakai untuk meeting perusahaan, perkuliahan, atau sekolah.

3. WhatsApp

Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, aplikasi pesan milik Facebook ini memang sangat mudah digunakan dan dapat berfungsi di perangkat Android ataupun iOS. Menawarkan fitur end-to-end encryption, ini berarti hanya kamu dan lawan bicara yang bisa membaca pesan dikirim.

Selain untuk berkirim pesan, tidak banyak orang yang mengetahui atau menggunakan WhatsApp sebagai panggilan video. Tampilan yang mudah digunakan, aplikasi ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin video call dengan satu lawan bicara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.