Sukses

13 Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Cepat, Kembali Langsing Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan lemak perut dapat dilakukan sendiri dengan cepat di rumah. lemak perut merupakan salah satu tanda bahwa perut buncit. Lemak perut ini dapat muncul pada laki-laki dan perempuan. Memiliki lemak perut sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri.

Cara menghilangkan lemak perut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Memiliki perut yang langsing merupakan idaman setiap orang, untuk itu anda harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan dan rajin berolahraga.

Cara menghilangkan lemak perut juga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, diabetes, serangan jantung, hingga kanker. Mengetahui cara menghilangkan lemak perut dapat menjaga tetap langsing dan sehat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan lemak perut dengan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Cepat

1. Mengelola Stres

Stres memicu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan kortisol atau dikenal juga sebagai hormon stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Oleh karena itu, cara menghilangkan lemak perut yang bisa dilakukan adalah melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menghilangkan stres. Contohnya: berlatih yoga atau meditasi.

2. Meningkatkan Asupan Serat Larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis serat ini mendorong penurunan berat badan dengan mendorong perasaan kenyang, kondisi yang akhirnya membuat makan Anda lebih sedikit secara alami. Cara menghilangkan lemak perut bisa dengan cara mengonsumsi sumber serat larut seperti: biji rami, mi shirataki, kubis Brussel, alpukat, kacang-kacangan, dan blackberry.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara menghilangkan lemak perut berikutnya adalah mengonsumsi makanan tinggi protein. Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan fullness hormone PYY, hormon yang mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik seperti: daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, whey protein, dan kacang polong.

4. Kurangi Minuman Beralkohol

Dikutip dari Health Line, penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol juga dapat membuat Anda bertambah gemuk. Studi observasional menghubungkan konsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan risiko yang signifikan untuk mengembangkan obesitas sentral yaitu, penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang. Cara menghilangkan lemak perut yang perlu dipertimbangkan adalah mengonsumsi alkohol secukupnya atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Cepat

5. Hindari Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Makanan manis umumnya mengandung fruktosa, salah satu jenis gula yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara asupan gula tinggi dan peningkatan lemak perut. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar lemak visceral yang mampu meningkatkan resistensi insulin dan memicu peradangan di seluruh tubuh. Oleh karena itu, cara menghilangkan lemak perut yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi makanan yang mengandung gula.

6. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Makanan lemak trans sering ditemukan di margarin dan makanan kemasan. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut. Cara menghilangkan lemak perut adalah dengan mengurangi konsumsi gorengan, makanan cepat saji, serta makanan kemasan yang menggunakan minyak terhidrogenasi parsial (partially hydrogenated) dalam komposisinya.

7. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Diet dengan karbohidrat di bawah 50 gram per hari bisa mengurangi lemak di perut pada orang yang kelebihan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan mengganti asupan karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi lemak perut. Sumber karbohidrat sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayuran.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Cepat

8. Tingkatkan Kualitas Tidur

Dikutip dari Health Line, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur bisa mengalami peningkatan berat badan, termasuk lemak di perut. Seseorang yang waktu tidurnya kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih per malam. Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea, di mana pernapasan berhenti sebentar-sebentar di malam hari, juga dikaitkan dengan kelebihan lemak visceral.

9. Olahraga Aerobik (Kardio)

Sebuah studi menunjukkan bahwa aerobik adalah salah satu bentuk olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Jika Anda melakukan aerobik rutin dan dalam jangka panjang, olahraga ini juga bisa membantu mengurangi risiko kondisi-kondisi kronis tertentu.

10. Konsumsi Teh Hijau

Cara menghilangkan lemak di perut berikutnya yang mudah dilakukan adalah mengonsumsi teh hijau. Hal itu disebabkan karena teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), di mana kedua senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan metabolisme.

EGCG adalah katekin (antioksidan alami) yang menurut beberapa penelitian dapat membantu menghilangkan lemak perut. Efeknya sangat terasa ketika konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Cepat

11. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu cara menghilangkan lemak perut dengan cepat. Sebuah penelitian mengungkapkan, jalan kaki selama 50 hingga 70 menit tiga kali dalam seminggu dan rutin dilakukan selama 12 minggu, hal tersebut secara signifikan memangkas lemak di perut dibanding mereka yang tidak banyak bergerak.

12. Puasa Intermiten

Puasa intermiten adalah mengatur makan di waktu tertentu. Berpuasa selama beberapa jam setiap hari, atau hanya makan satu kali sehari selama beberapa hari dalam seminggu. Menurut sebuah studi, cara menghilangkan lemak perut ini bisa menurunkan 4–7% lemak perut dalam 6-24 minggu.

13. Memperbanyak Konsumsi Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Kandungan serta yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak. Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak di perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.