Sukses

21 Cara Menghentikan Cegukan Secara Alami, Cepat dan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Hampir sebagian besar orang pernah mengalami cegukan. Meskipun cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit, namun ketika cegukan dapat mengganggu saat sedang makan maupun berbicara. Cara menghentikan cegukan pada umumnya adalah dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi cara menghentikan cegukan juga bisa dilakukan dengan melatih pernapasan secara terukur. 

Melansir dari laman Healthline, tak banyak penelitian yang melakukan evaluasi terhadap efektivitas berbagai obat cegukan. Namun, banyak juga didukung oleh bukti dan tanggapan terkait cara menghentikan cegukan melalui pengobatan yang mampu merangsang saraf vagus dan frenikus yang terhubung ke diafragma.

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari melatih pernapasan, kompres dada, melakukan manuver dan masih banyak lagi. Namun jika mengalami cegukan secara terus-menerus, maka lakukan pemeriksaan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Berikut ini cara menghentikan cegukan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Penyebab Cegukan

Cegukan adalah suatu kondisi ketika diafragma secara berulang terjadi kontraksi yang tidak terkendali. Secara normal, diafragma akan menandai batas antara dada juga perut, serta mengatur pernapasan. Diafragma yang tidak bekerja normal inilah yang menjadi penyebab cegukan. Sebagian besar kasus cegukan dapat dimulai serta diakhiri secara tiba-tiba, tanpa alasan jelas. 

Reaksi spontan yang terjadi pada diafragma ini biasanya menimbulkan kejang serta sedikit pengencangan pada area dada dan tenggorokan. kondisi cegukan yang tidak mampu diantisipasi dapat menyebabkan seseorang mengalami frustasi hingga kelelahan akut.

Melansir dari laman Healthline, ketika seseorang mengalami cegukan, maka diafragma Anda akan mengalami kejang tanpa sadar. Diafragma merupakan otot besar yang dapat membantu seseorang untuk bernapas masuk dan keluar. Ketika mengalami kejang, maka Anda bisa menarik napas tiba-tiba dan pita suara menjadi menutup sehingga menyebabkan suara khas. Dalam beberapa kasus yang belakang terjadi, cegukan bisa datang dan pergi dengan cepat. 

3 dari 5 halaman

Cara Menghentikan Cegukan

1. Melatih pernapasan terukur

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan melatih pernapasan secara terukur. Ketika seseorang mengalami cegukan, maka dapat mengganggu sistem pernapasan, sehingga menjadi lambat dan terukur. Oleh karena itu, tarik napas selama lima hitungan dan keluarkan juga selama lima hitungan. Dengan cara ini maka dapat membantu Anda untuk menghentikan cegukan. 

2. Tahan napas

Cara menghentikan cegukan juga bisa dilakukan dengan tarik napas dalam-dalam, lalu tahan selama sekitar 10 hingga 20 detik, lalu hembuskan perlahan. Lakukan cara ini secara berulang sampai cegukan menghilang.

3. Bernapaslah ke dalam kantong kertas 

Cara menghentikan cegukan selanjutnya, dapat dilakukan dengan menempatkan kantong makan siang kertas di atas mulut juga hidung. Setelah itu, secara perlahan-lahan bernapas masuk dan keluar, dengan mengempis dan menggembungkan tas. Jangan pernah menggunakan kantong plastik.

4. Peluk lutut Anda 

Cara menghentikan cegukan berikutnya adalah peluk lutut Anda. Ketika mengalami cegukan, carilah tempat duduk yang nyaman, kemudian bawa lutut ke dada dan tahan di sana selama dua menit. Lakukan secara berulang hingga cegukan menghilang. 

5. Kompres dada 

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan bersandar atau membungkuk ke depan untuk menekan dada Anda. Dengan melakukan cara ini, maka secara tidak langsung akan memberi tekanan pada diafragma. 

6. Gunakan manuver valsava 

Cara menghentikan cegukan selanjutnya, bisa kamu lakukan dengan manuver valsava. Untuk melakukan manuver ini, maka cobalah untuk menghembuskan napas sambil mencubit hidung dan menutup mulut. Perhatikan titik tekanan atau area tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan. Dengan menerapkan tekanan pada titik-titik seperti ini, maka dapat membantu untuk mengendurkan diafragma atau merangsang saraf vagus. Cara ini cukup efektif serta membantu menghentikan cegukan. 

4 dari 5 halaman

Cara Menghentikan Cegukan

7. Tarik lidah

Melansir dari sumber yang sama, cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan menarik lidah. Saat menarik lidah ketika cegukan, dapat merangsang saraf dan otot yang ada di tenggorokan. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan, pegang ujung lidah kemudian tarik secara perlahan ke depan satu atau dua kali.

8. Tekan diafragma 

Melansir dari sumber yang sama, cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan menekan diafragma. Diafragma yang memisahkan perut dari paru-paru, oleh sebab itu gunakan tangan untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada. Dengan cara ini, maka kamu dapat menghentikan cegukan dengan cepat. 

10. Remas telapak tangan

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan meremas telapak tangan. Caranya cukup mudah dilakukan, gunakan ibu jari Anda untuk memberikan tekanan pada telapak tangan yang lain. 

11. Pijat arteri karotis 

Umumnya manusia memiliki arteri karotis pada kedua sisi leher. Hal ini yang dirasakan saat kamu memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher. Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan berbaring kemudian putar kepala ke kiri, serta memberi pijatan arteri pada sisi kanan dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 detik.

12. Minum air es

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan mengubah cara makan atau minum yang membantu merangsang saraf vagus. Dengan menyeruput air dingin secara perlahan maka secara efektif membantu merangsang saraf vagus.

5 dari 5 halaman

Cara Menghentikan Cegukan

13. Minum dari sisi gelas yang berlawanan

Melansir dari laman Healthline, cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan minum dari sisi gelas secara berlawanan. Cara yang dilakukan cukup mudah, dengan mengambil  gelas di bawah dagu, kemudian minum dari sisi yang jauh.

14. Minum air melalui kain atau handuk kertas

Melansir dari sumber yang sama, cara menghentikan cegukan dapat dilakukan dengan minum air melalui perantara kain atau handuk kertas. Cara yang dilakukan tentu mudah, hanya dengan menutupi segelas air dingin dengan kain atau handuk kertas kemudian diteguk. 

15. Mengisap es batu

Selanjutnya cara menghentikan cegukan yang mudah untuk dilakukan adalah hisap es batu yang bisa kamu lakukan selama beberapa menit, lalu telan setelah menyusut ke ukuran yang wajar.

16. Berkumurlah dengan air es. 

Cara menghentikan cegukan juga bisa dilakukan dengan berkumur air es. Berkumurlah dengan air es selama 30 detik, serta lakukan langkah ini secara berulang untuk menghentikan cegukan. 

17. Makan sesendok madu

Cara menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan mengonsumsi sesendok madu. Ketika kamu mengalami cegukan, maka makan sesendok madu dan biarkan sedikit larut di mulut sebelum ditelan.

18. Makanlah sedikit gula

Cara menghentikan cegukan juga bisa kamu lakukan dengan makan gula dalam jumlah yang kecil atau sedikit. Caranya cukup mudah, taruh sejumput gula pasir di lidah, kemudian  biarkan selama 5 hingga 10 detik, lalu telan.

19. Mengisap lemon

Cara menghentikan cegukan berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengisap lemon. Beberapa orang biasanya menambahkan sedikit garam ke irisan lemon. Setelah cegukan menghilang, maka bilas mulut dengan air untuk melindungi gigi Anda dari asam sitrat.

20. Taruh setetes cuka di lidah Anda

Cara menghentikan cegukan selanjutnya adalah menggunakan metode dewasa yang tidak biasa namun terbukti, karena cara ini juga didukung oleh studi kasus ilmiah.

21. Lakukan pijatan dubur

Melansir dari sumber yang sama. Sebuah studi kasus lain melaporkan bahwa seorang pria dengan cegukan yang sedang berlangsung dapat menemukan bantuan setelah pijat dubur. Dengan menggunakan sarung tangan karet dan banyak pelumas, masukkan jari ke dalam rektum dan lakukan pijatan secara perlahan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.