Sukses

7 Wisata Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan, Murah dan Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Jakarta adalah kota metropolitan yang terbesar di Indonesia. Banyak orang dari berbagai daerah yang berkunjung ke Jakarta. Alasannya karena di Jakarta banyak objek wisata yang lengkap untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Jakarta Selatan yang merupakan kota favorit kalangan anak muda. Selain itu, wisata Jakarta Selatan juga tidak kalah indah selain deretan hunian mewah dan elit.

Jakarta Selatan merupakan tempat hangout untuk anak muda dari berbagai kalangan. Meskipun Jaksel terkenal dengan biaya hidup yang mahal, namun masih banyak wisata Jakarta Selatan yang murah untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner hingga wisata alam yang memukau. 

Pengunjung juga bisa bertandang ke berbagai taman yang indah, museum bersejarah, kebun binatang, dan masih banyak lagi. Wisata Jakarta Selatan ini memiliki fasilitas juga wahana yang lengkap dengan harga murah meriah. 

Berikut ini wisata Jakarta Selatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata Jakarta Selatan

1. Museum Satria Mandala

Melansir dari laman Museum Indonesia, salah satu wisata Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Museum Satria Mandala. Wisata yang sarat akan edukasi dan sejarah ini, menceritakan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Museum ini terdapat ruang senjata yang bisa pengunjung temukan saat bertandang ke tempat wisata ini. Museum Satria Mandala terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto no.14, Jakarta Selatan.

Sebelumnya tempat ini dikenal sebagai Wisma Yaso yaitu tempat kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno dan tempat Bung Karno disemayamkan sebelum dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Museum ini tersimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 1945. Terdapat aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser. Museum ini sendiri, memiliki 74 diorama yang bisa pengunjung lihat dan temukan saat berada di sini. 

2. Museum Layang-Layang Indonesia 

Tempat wisata Jakarta Selatan yang wajib untuk dikunjungi adalah Museum Layang - Layang Indonesia, tempat ini berlokasi di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum ini adalah salah satu museum layang-layang pertama yang ada di Indonesia. Tempat ini diresmikan oleh Gede Ardika sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada tanggal 21 Maret 2003.

Tempat wisata ini memiliki sejumlah koleksi layang-layang dan selalu bertambah seiring datangnya koleksi-koleksi baru dari para pelayang daerah dan luar negeri maupun layang-layang yang dibuat langsung oleh karyawan museum. Museum Layang-Layang Indonesia didirikan oleh seorang pakar kecantikan yang menekuni dunia layang-layang sejak tahun 1985  oleh Endang W. Puspoyo. Kecintaan Endang pada layang-layang membuat ia tergerak untuk mendirikan Museum Layang-Layang Indonesia.

3 dari 4 halaman

Wisata Jakarta Selatan

3. Taman Margasatwa Ragunan

Melansir dari laman ragunazoo.jakarta.go.id, salah satu wisata Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Taman Margasatwa Ragunan. Kebun Binatang Ragunan ini, memiliki taman seluas 147 hektar dan merupakan rumah bagi 2.000 spesimen. Tempat wisata ini ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon yang menjadi lingkungan yang sejuk dan nyaman.

Kebun Binatang Ragunan ini berlokasi di Pasar Minggu, sekitar 20 Km dari pusat kota Jakarta. Satwa dan tamannya yang dikelilingi oleh pepohonan besar, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengajak keluarga untuk piknik, terutama di akhir pekan. Kebun Binatang Ragunan ini pertama kali didirikan pada tanggal 19 September 1864 berlokasi di Jakarta Pusat, kemudian dipindahkan ke Jakarta Selatan pada tahun 1966. 

4. Taman Tabebuya

Salah satu tempat wisata Jakarta Selatan yang wajib untuk dikunjungi adalah Taman Tabebuya. Taman ini termasuk taman terbaik di Jakarta Selatan. Saat yang tepat untuk mengunjungi taman ini adalah bulan Oktober. Karena pada bula itu, taman bunga di tempat ini akan bermekaran  seperti bunga sakura. 

Taman Tabebuya berlokasi di Jalan Moh. Kafi No. 1 RT/RW 01/02 Ciganjur, Jakarta Selatan, Taman yang diresmikan tahun 2011 ini, sebelumnya adalah lahan rawa dan sawah. Kemudian pemerintah DKI Jakarta menginisiasi untuk melakukan pembangunan taman, dengan tujuan dapat memenuhi target ruang terbuka hijau hingga 30% dari seluruh luas kota, serta memiliki luas lahan sekitar 9.626 meter persegi.

4 dari 4 halaman

Wisata Jakarta Selatan

5. Kampung Main Cipulir 

Melansir dari laman blogspot Kampung Main Cilipur, tempat ini merupakan salah satu wisata Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi oleh pengunjung. Saat berkunjung ke sini, pengunjung bisa kulineran sambil bersantai dibawah pohon - pohon yang rindang juga teduh. Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas olahraga bahkan outbond. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana juga permainan yang dapat memacu psikomotorik juga kognisi atau kemampuan berpikir. 

Tempat wisata Jakarta Selatan ini memiliki luas halaman sekitar 3 hektar dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam lumpur, labirin, flying fox, perahu, fun games, dan masih banyak lagi. Salah satu kelebihan tempat ini adalah memiliki arena bermain yang lengkap di tengah kota, sehingga transportasi dan waktu yang menjadi kendala utama menjadi efisien. 

6. Pasar Mayestik

Salah satu wisata Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi adalah Pasar Mayestik. Tempat ini memiliki lokasi di jalan Tebah 3 No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar ini merupakan kawasan perdagangan di Jakarta Selatan. Tempat ini merupakan pasar tekstil terbesar di Jakarta, sehingga pengunjung bisa mencari berbagai macam toko yang menjual perlengkapan tekstil seperti kain mentah, kancing, baju, dan juga celana.

Pengunjung juga akan menemukan banyak sekali makanan tradisional dengan harga sekitar Rp 15 ribu di sekitar kawasan. Makanan tradisional yang dijual di sini pun sudah cukup jarang untuk ditemukan. Saat masuk ke kawasan ini kamu tidak perlu membayar tiket karena gratis tidak dipungut biaya. 

7. Kawasan Kuliner Blok S

Wisata Jakarta Selatan berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Kawasan kuliner blok S. tempat yang berlokasi di Jalan Birah 3 No 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini awalnya hanya tempat parkir yang ditempati oleh para pedagang. Namun pada tahun 2005 Dinas UKM Provinsi DKI Jakarta melakukan perubahan pada tempat ini, serta menjadi pusat jajanan serba ada (Pujasera) yang sekarang dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Pujasera Blok S.

Kawasan kuliner ini merupakan salah satu tempat  yang wajib untuk kamu datangi jika kamu adalah seseorang yang suka dengan jajan. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah bakso Blok S. pengunjung yang membeli bisa meracik sendiri, namun dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 10 ribu per bakso.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.