Sukses

6 Cara Mengobati Wasir yang Dapat Dilakukan di Rumah

Wasir (ambeien) atau hemorrhoids merupakan penyakit yang biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan karena kehamilan, obesitas atau mengejan saat buang air besar.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Harvard Medical School, dalam suatu kondisi, setiap orang memiliki wasir (atau tumpukan), yang merupakan kelompok vena seperti bantal yang terletak tepat di bawah selaput lendir yang melapisi bagian terendah dari rektum dan anus. Kondisi yang disebut dengan wasir ini berkembang ketika pembuluh darah menjadi bengkak dan buncit, seperti varises di kaki.

Wasir (ambeien) yang juga disebut dengan hemorrhoids merupakan penyakit yang biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan karena kehamilan, obesitas atau mengejan saat buang air besar. Mengejan saat buang air besar mengganggu aliran darah ke dan dari daerah tersebut, menyebabkannya menggenang dan memperbesar pembuluh darah, yang mana meningkatkan tekanan di saluran anus dan mendorong wasir ke otot stingter. Selama kehamilan, wasir terjadi ketika rahim membesar dan menekan pembuluh darah.

Wasir sering menjadi keluhan berkelanjutan ketika memasuki masa pertengahan kehidupan. Pada usia 50, sekitar setengah populasi mengalami satu atau lebih gejala klasik, yang meliputi nyeri dubur, gatal, pendarahan dan mungkin prolaps (wasir yang menonjol melalui saluran anus). Walaupun wasir jarang berbahaya, tetapi ini bisa menjadi intrusi berulang yang menyakitkan.

Terdapat dua jenis wasir, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal terjadi di rektum bawah dan wasir eksternal yang berkembang di bawah kulit sekitar anus. Wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan ketika mereka menghasilkan pendarahan. Akan tetapi, wasir internal dapat prolaps atau melampaui anus yang sangat mungkin menyebabkan beberapa masalah potensial. Sedangkan wasir eksternal adalah jenis yang paling tidak nyaman karena kulit yang terlalu banyak menjadi iritasi dan terkikis. Jika gumpalan darah terbentuk di dalam wasir eksternal, rasa sakitnya bisa tiba-tiba dan parah. Anda mungkin merasakan atau melihat benjolan di sekitar anus. Gumpalan biasanya larut, meninggalkan kelebihan kulit yang gatal atau teriritasi.

Terdapat cara mengobati wasir yang dapat Anda coba di rumah dengan beberapa pengobatan rumahan senderhana. Berikut cara mengobati wasir yang telah dirangkum liputan6.com dari Harvard Medical School, Senin (5/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Meningkatkan Asupan Serat dan Cairan

1. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Cara mengobati wasir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti Metamucil, Citrucel, atau Fiber Con atau keduanya. Sejalan dengan cairan yang cukup, serat akan melembutkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dilewati sehingga mengurangi tekanan pada wasir. Beberapa contoh makanan berserat tinggi, yaitu brokoli, kacang-kacangan, gandum dan buah segar.

Serat akan membantu mengurangi pendarahan wasir, peradangan dan pembesaran. Selain itu, serat juga dapat mengurangi iritasi dari potongan-potongan tinja kecil yang terperangkap di sekitar pembuluh darah. Karena ditemukan fakta bahwa meningkatkan serat dapat menyebabkan kembung, maka lebih baik Anda memulai meningkatkan asupan serat secara perlahan, misalnya menjadi 25-30 gram per hari serta diiringi dengan peningkatan asupan cairan.

2. Olahraga

Cara mengobati wasir yang sederhana yang dapat Anda coba selanjutnya adalah olahraga. Dengan melakukan aerobik sedang, seperti berjalan cepat 20-30 menit sehari akan dapat membantu merangsang fungsi usus.

3. Luangkan Waktu

Ketika Anda merasa ingin buang air besar, maka cepatlah pergi ke kamar mandi sesegera mungkin, jangan menunggu sampai beberapa waktu kemudian. Tinja bisa kembali ke atas yang dapat menyebabkan peningkatan dan ketegangan. Kemudian, biasakan untuk menjadwalkan waktu yang ditentukan setiap hari, seperti setelah makan, untuk duduk di toilet selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu Anda membangun kebiasaan buang air besar secara teratur. Cara mengobati wasir yang satu ini mungkin sangat sederhana, tetapi jarang diketahui.

3 dari 4 halaman

Mandi dengan Air Hangat

4. Sitz

Cara mengobati wasir yang satu ini terlogong sangat nyaman untuk dilakukan. Mandi sitz adalah pemandian air hangat untuk daerah pantat dan pingggul. Sitz sendiri berasal dari bahasa Jerman “sitzen” yang berarti “duduk”. Sitz dapat meredakan gatal, iritasi dan kejang otot pada otot stingter. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan duduk di bak mandi dengan beberapa inci air hangat.

Sebagian ahli bahkan merekomendasikan untuk melakukan mandi sitz selama 20 menit setelah setiap buang air besar dan dua atau tiga kali sehari sebagai tambahan. Kemudian, tepuk-tepuklah anus dengan lembut hingga kering dan jangan menggosok atau menyekanya dengan keras. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengeringkan area tersebut dapat dilakukan dengan pengering rambut atau hair dryer

5. Manfaatkan Bantuan Topikal

Terdapat krim wasir yang dijual bebas dengan kandungan anestesi lokal untuk menenangkan rasa sakit sementara. Tisu hazel (Tucks) juga dapat menenangkan dan tidak memiliki efek samping berbahaya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres area anus dengan es kecil selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Selanjutnya, dengan duduk di atas bantal juga lebih baik daripada duduk di permukaan yang keras. Duduk di atas bantal dapat membantu mengurangi pembengkakan wasir dan mencegah pembentukan yang baru.

4 dari 4 halaman

Perawatan Wasir Lebih Lanjut

6. Obati Gumpalan

Ketika wasir eksternal membentuk gumpalan darah, rasa sakitnya dapat menyiksa. Jika rasa sakit dapat ditoleransi dan gumpalan telah ada selama lebih dari dua hari, oleskan perawatan rumah untuk gejalanya sambil menunggu hilang dengan sendirinya. Jika terdapat gumpalan baru, maka wasir dapat diangkat melalui pembedahan atau gumpalan ditarik dari vena dengan prosedur kecil yang dilakukan ahli bedah.

Nah itu dia cara mengobati wasir yang sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah. Akan tetapi, sebagai catatan bahwa terdapat beberapa wasir tidak dapat dikelola dengan perawatan sederhana saja, baik karena gejalanya tetap ada atau karena wasir internal telah prolaps. Untungnya dalam dunia kesehatan sudah terdapat perawatan wasir invasif minimal yang tersedia yang tidak semenyakitkan pengangkatan wasir secara tradisional dan memungkinkan pemulihan lebih cepat. Beberapa di antaranya, seperti Band it, Hemorrhoidectomy dan Staples. Prosedur cara mengobati wasir tersebut biasanya dilakukan di kantor ahli bedah atau sebagai operasi rawat jalan di rumah sakit.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini