Sukses

10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Aman, Jangan Diet Ekstrem

Berikut adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut setelah melahirkan menjadi tantangan lain yang harus dihadapi oleh sebagian besar wanita. Merawat bayinya yang baru saja lahir jelas menjadi kewajiba. Namun merawat diri dan pikiran jelas tak kalah penting.

Memang tidak ada yang salah dengan lemak di perut, terutama setelah melahirkan. Hanya saja sebagian ibu pasti merasa terganggu dengan perut yang tampak lebih buncit jika dibandingkan sebelum kehamilan.

Meski lemak di perut adalah hal yang biasa setelah melahirkan, namun ada sejumlah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Anda coba.

Tentu saja, cara mengecilkan perut setelah melahirkan ini adalah kombinasi mengatur pola makan dan sejumlah latihan. Berikut adalah sejumlah langkah cara mengecilkan perut setelah melahirkan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Perut Masih Buncit usai Melahirkan

Dilansir dilansir dari Stylecraze, perut yang tampak masih buncit usai melahirkan itu diakibatkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh menyebabkan rahim perlahan menyusut kembali ke bentuk sebelum hamil. Akan tetapi, untuk kembali dalam kondisi sebelum hamil, dibutuhkan waktu 7-8 minggu.

Selain itu, makanan ekstra yang Anda konsumsi selama kehamilan untuk memberikan asupan nutrisi pada janin tersimpan dalam bentuk lemak. Seperti yang Anda tahu, lemak di perut itu sangat sulit untuk dihilangkan, perlu waktu dan perawatan yang tepat untuk menghilangkan lemak itu.

Perut yang kembali mengecil usai melahirkan jarang terjadi dalam waktu singkat. Bagi sebagian besar ibu baru, dibutuhkan beberapa bulan agar perut kembali normal.

Sayangnya, tidak setiap perut buncit usai melahirkan bisa menyusut dan kembali seperti sedia kala. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda tetap aktif, makan makanan bergizi dan sehat, serta mengikuti beberapa tips yang baik, Anda akan dapat mengecilkan perut dengan cepat.

Jadi, mari cari tahu apa yang harus Anda lakukan untuk cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

1. Menyusui

Ada banyak manfaat dari menyusui bayi Anda secara langsung. Selain dapat membangun sistem kekebalan tubuh bayi dan memberikan nutrisi, menyusui juga dapat membangun ikatan antara bayi dengan sang ibu. Selain itu, menyusui juga dipercaya dapat membantu mengurangi lemak yang terdapat pada perut.

Dengan kata lain, menyusui juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Menyusui juga mempercepat proses penyusutan rahim setelah melahirkan.

2. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang sangat bermanfaat, bahkan menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Tentu saja, jalan kaki tidak lantas harus ibu lakukan segera setelah melahirkan. Jalan kaki bisa ibu lakukan setelah pulih dari semua rasa sakit setelah melahirkan. Jalan kaki bisa dilakukan sambil membawa bayi Anda jalan-jalan dengan menggunakan kereta bayi.

3. Menjaga Asupan Nutrisi

Banyak wanita membuat kesalahan sepele namun berbahaya. Banyak di antara mereka melewatkan makan atau mengganti makanan yang tepat dengan suplemen setelah melahirkan. Sangat penting untuk menjaga pola makan Anda untuk menghasilkan susu yang cukup.

Asupan nutrisi harus diperkaya dengan zat gizi mikro yang membantu menjaga siklus metabolisme tubuh bayi dan memastikan perkembangan pasca kelahiran yang tepat. Makanlah sayuran hijau, sayuran berwarna lainnya, protein tanpa lemak, rempah-rempah, teh hijau, dan minum banyak air untuk membuang racun.

4. Olahraga

Seperti yang sudah dibahas di awal, cara mengecilkan perut setelah melahirkan sebenarnya adalah kombinasi antara menjaga asupan nutrisi dan olahraga.

Jika Anda ingin mengecilkan perut dengan segera, penting untuk berolahraga setidaknya 20-30 menit sehari. Lakukan latihan kardio dan kekuatan.

Lakukan saat bayi Anda tertidur lelap. Berolahragalah saat bayi Anda sedang tidur. Lakukan crunch, push-up, plank, tricep dips, high knee, spot jogging, jumping jacks, lunges, squats, jackknife, bicep curls, tricep extensions, Russian twists, leg raise, untuk mengetahui apakah ada latihan yang harus Anda hindari.

5. Berlatih Anulom-Vilom

Anulom-vilom adalah latihan pernapasan yang melibatkan pengambilan udara dari diafragma Anda dan menahannya di perut Anda. Ini bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Kontraksi berirama yang teratur melibatkan pengencangan yang cukup besar (selama inhalasi) dan relaksasi (selama pernafasan), yang membantu mengencangkan perut bagian atas dan bawah Anda.

Pertahankan postur lurus, dan saat Anda mulai merasa lebih kuat, tingkatkan waktu untuk menahan udara. Ini juga meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan peristaltik atau gerakan usus.

6. Istirahat Cukup

Tidak cukup istirahat menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh, yang menyebabkan peradangan. Ketika tubuh mengalami peradangan terus menerus, hal itu menyebabkan reseptor lemak berpindah ke daerah pusat. Akibatnya, molekul lemak disimpan di daerah perut. Dengan adanya bayi yang baru lahir di rumah, mungkin agak sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup, tetapi istirahatlah sebanyak mungkin.

7. Hindari Diet Ekstrem

Terkadang, ibu baru merasa panik dan mengalami depresi pasca melahirkan. Untuk kembali bugar, mereka mengambil tindakan ekstrim dan melakukan diet yang membuat mereka kekurangan gizi. Pada akhirnya hal itu memengaruhi kesehatan bayi.

Diet ekstrem tidak akan pernah membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Itu hanya akan memperburuk keadaan. Dalam cara mengecilkan perut setelah melahirkan, hindari melakukan diet ekstrem. Bicaralah dengan ahli gizi untuk mencari tahu apa, berapa banyak, dan kapan Anda harus makan untuk menghilangkan lemak dengan cepat.

8. Hilangkan Stres dengan Meditasi

Meditasi akan membantu Anda fokus, meminimalkan kebisingan, melepaskan energi negatif, dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Dan yang terpenting, Anda tidak akan mengganggu tidur bayi Anda.

9. Belly Wraps

Seperti body wrap yang dapat membantu menurunkan berat badan, belly wrap atau sabuk bersalin dapat membantu mengencangkan perut dan mempercepat proses menyusutnya rahim kembali ke ukuran semula.

Ini adalah salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang paling kuno. Namun, penelitian menunjukkan bahwa belly wraps dapat membantu memperbaiki postur dan mengurangi sakit punggung.

Yang harus Anda lakukan adalah membungkus bagian tengah tubuh Anda dengan selembar kain lembut. Pastikan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Namun, Anda juga bisa menggunakan sabuk bersalin yang tersedia di pasaran. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menerapkan metode ini.

10. Pijat

Pijat bisa sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengeluarkan keringat di gym. Dapatkan pijatan yang akan menargetkan perut Anda dan membantu mengurangi lemak perut.

Pijat adalah salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cara melepaskan dan mendistribusikan lemak dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme. Pijat setiap minggu akan bagus untuk mendapatkan hasil dengan segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.