Sukses

12 Manfaat Angin untuk Kehidupan Manusia, Ini Keuntungan dan Tantangannya

Manfaat angin untuk kehidupan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat angin dalam kehidupan manusia sangat beragam, salah satunya adalah sebagai sumber energi. Angin adalah udara yang bergerak karena terjadi tekanan udara dengan aliran angin dari tekanan yang paling tinggi ke tekanan yang rendah. Setiap dari kita juga pernah merasakan kesejukan yang diberikan oleh angin.

Angin memiliki kaitan erat dengan sinar matahari, karena daerah yang terkena paparan sinar matahari memiliki suhu udara yang lebih tinggi, serta tekanan udaranya lebih rendah dan akhirnya terjadi aliran udara. Manfaat angin memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan manusia, salah satunya menciptakan lapangan kerja. 

Melansir dari laman energi.gov, manfaat angin sebagai salah satu sumber energi dengan pertumbuhan yang paling tercepat di dunia. Beberapa penelitian yang dilakukan juga ditujukan untuk mengatasi tantangan penggunaan energi angin yang lebih besar. 

Berikut ini manfaat angin yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Angin

1. Manfaat lingkungan

Dengan menghasilkan energi dari angin, tidak akan melepaskan emisi karbon. Dengan mengganti listrik yang dihasilkan dari sumber lain seperti pembangkit listrik berbahan bakar fosil, energi angin dapat mengurangi emisi karbon secara keseluruhan. Energi yang dapat digunakan dalam pembuatan dan pemasangan turbin angin juga dapat dibayar kembali dengan relatif cepat. 

2. Manfaat komunitas

Selain menyediakan sumber energi yang relatif aman serta terjangkau dan mengatasi perubahan iklim, proyek energi angin juga dapat memberikan manfaat nyata lainnya bagi masyarakat. Salah satu manfaat itu adalah, orang dapat berinvestasi dalam satu atau lebih untuk turbin mereka sendiri, baik sebagai individu atau sebagai kelompok masyarakat yang bertindak bersama. Selain itu, masyarakat mendapat manfaat dari pendapatan yang dihasilkan proyek mereka, baik melalui pembayaran tunai kepada individu yang terlibat, atau dengan mendirikan koperasi atau dana masyarakat. 

Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh adalah:

3. Manfaat angin sebagai salah satu pembangkit listrik.

4. Oloahraga angin.

5. Manfaat angin juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan relaksasi.

6. Manfaat angin juga bisa digunakan manusia, untuk menikmati pemainan dan hiburan.

7. Angin juga bisa dimanfaatkan dalam irigasi.

8. Manfaat angin juga membantu untuk menentukan arah.

9. Angin juga sebagai salah satu media dalam perkembangbiakan tumbuhan.

10. Sebagai ventilasi untuk perusahaan besar.

11. Manfaat angin juga beguna dalam pembentukan batuan.

12. Manfaat angin juga berguna untuk mendinginkan mesin.

 

3 dari 4 halaman

Keuntungan dari Tenaga Angin

Melansir dari energi.gov, angin dengan skala utilitas berbasis lahan merupakan salah satu sumber energi dengan harga terendah yang tersedia saat ini, dengan biaya 1-2 sen per kilowatt-jam setelah kredit pajak produksi. Karena listrik dari ladang angin dijual dengan harga tetap untuk jangka waktu yang lama, serta bahan bakarnya gratis.

- Energi angin dapat mengurangi ketidakpastian harga yang menambah biaya bahan bakar ke sumber energi tradisional.

- Angin juga bisa menciptakan lapangan kerja, salah satu contohnya adalah sektor angin AS mempekerjakan lebih dari 100.000 pekerja, juga teknisi turbin angin merupakan salah satu pekerjaan Amerika yang paling cepat berkembang. Menurut Wind Vision Report, angin berpotensi mendukung lebih dari 600.000 pekerjaan di bidang manufaktur, instalasi, pemeliharaan, dan layanan pendukung pada tahun 2050.

- Angin juga dapat memungkinkan dalam pertumbuhan industri serta daya saing. Salah satu contoh yang terjadi di Amerika Serikat adalah proyek angin baru menyumbang investasi tahunan lebih dari $10 miliar dalam ekonomi AS. Amerika Serikat memiliki sumber daya domestik yang besar dan tenaga kerja yang sangat terampil, dan dapat bersaing secara global dalam ekonomi energi bersih.

- Energi angin tidak mencemari udara seperti pembangkit listrik yang memang mengandalkan pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara atau gas alam, yang mengeluarkan partikel, seperti nitrogen oksida, dan sulfur dioksida, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan manusia dan kerugian ekonomi.

- Turbin angin tidak menghasilkan emisi atmosfer yang menyebabkan hujan asam, kabut asap, atau gas rumah kaca.

- Angin merupakan salah satu bentuk energi matahari, yang disebabkan pemanasan atmosfer oleh matahari, rotasi bumi, serta ketidakteraturan permukaan bumi. Selama matahari bersinar dan angin bertiup, energi yang dihasilkan juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim daya ke seluruh jaringan.

- Turbin angin yang dibangun di pertanian atau peternakan, membantu ekonomi di daerah pedesaan, di mana sebagian besar lokasi angin terbaik ditemukan. Petani dan peternak dapat terus menggarap lahan karena turbin angin hanya menggunakan sebagian kecil lahan. 

4 dari 4 halaman

Tantangan Tenaga Angin

Selain keuntungan angin yang bisa diperoleh manusia, tenaga angin masih harus bersaing dengan sumber pembangkit konvensional berdasarkan biaya. Meskipun biaya tenaga angin telah menurun secara drastis selama beberapa dekade terakhir, namun proyek angin harus mampu bersaing secara ekonomi dengan sumber listrik berbiaya terendah.

Melansir dari sumber yang sama, Tempat angin berbasis darat yang baik juga seringkali terletak di lokasi terpencil, jauh dari kota di mana listrik dibutuhkan. Saluran transmisi juga harus dibangun untuk membawa listrik dari ladang angin ke kota. Akan tetapi dalam membangun, hanya beberapa jalur transmisi yang sudah diusulkan dapat secara signifikan mengurangi biaya perluasan energi angin.

Pengembangan sumber daya angin mungkin bukan merupakan penggunaan lahan yang paling menguntungkan. Lahan yang cocok untuk instalasi turbin angin harus bersaing dengan penggunaan alternatif untuk lahan tersebut, yang mungkin bernilai lebih tinggi daripada pembangkit listrik. Turbin juga dapat menyebabkan polusi suara. Tumbuhan angin dapat berdampak pada satwa liar setempat, seperti burung telah dibunuh dengan terbang ke bilah turbin yang berputar dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.