Sukses

6 Gambar Tempat Wisata Indonesia Paling Terkenal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Gambar tempat wisata biasanya menunjukkan suatu objek yang menjadi ikon atau simbol dari tempat wisata tersebut. Misalnya gambar tempat wisata di Yogyakarta, maka dalam gambar tersebut akan menunjukkan objek yang menjadi ikon Kota Yogyakarta, yakni Tuju Jogja.

Selain menunjukkan objek yang dianggap sebagai simbol, gambar tempat wisata biasanya juga menunjukkan suatu pertunjukan kesenian atau kebudayaan yang sangat identik dengan tempat wisata terkait.

Misalnya saja Tari Pendet dari Bali. Tari tersebut biasanya ditunjukkan dalam gambar tempat wisata Bali, karena tarian tersebut memang sudah sangat dikenal sebagai ikon Pulau Bali, sebagai warisan budaya dan keseniannya.

Selain itu, gambar tempat wisata bisa ditunjukkan dengan sesuatu yang khas dari daerah tersebut, misalnya gambar yang menampakkan bentang alamnya, atau sajian kuliner khas.

Yang jelas ada banyak hal yang dapat ditunjukkan dalam sebuah gambar tempat wisata. Yang jelas, suatu objek yang menjadi gambar tempat wisata harus dapat merepresentasikan keseluruhan suatu tempat wisata.

Berikut adalah contoh gambar tempat wisata paling ikonik di Indonesia, seperti yang telah dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari Kota Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis yang merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Panggung Krapyak di Kabupaten Bantul, Keraton Yogyakarta di Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek pariwisata Yogyakarta, dan sering dikenal dengan istilah “Tugu Pal Putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Jika dilihat dari Keraton Yogyakarta ke arah utara, maka akan terlihat bahwa Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, Tugu Yogyakarta, dan Jalan A.M. Sangadji membentuk garis lurus menuju puncak Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.

Tugu Jogja sering muncul dalam gambar tempat wisata Jogja karena sifatnya yang sangat ikonik dan menjadi simbol dari Kota Jogja sendiri.

3 dari 7 halaman

Monas (Monumen Nasional)

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Belanda. Pembangunan dimulai pada 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Soekarno dan diresmikan sehingga dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala dari rakyat Indonesia.

Monas merupakan ikon Kota Jakarta yang sering muncul dalam gambar tempat wisata Jakarta.

4 dari 7 halaman

Gunung Bromo

Selain objek, gambar tempat wisata juga menunjukkan bentang alam yang menjadi daya tarik suatu destinasi wisata, misalnya Gunung Bromo.

Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", juga disebut Kaldera Tengger, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5 dari 7 halaman

Tari Pendet

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.

tari Pendet merupakan tarian asal Bali yang sangat ikonik dan terkenal di seluruh dunia. Maka tidak mengherankan jika tarian ini sering muncul dalam gambar tempat wisata. Meski tarian tidak termasuk tempat wisata, namun karena sifatnya yang ikonik, tarian juga bisa menjadi hal yang ditunjukkan dalam gambar yang bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata di Bali.

6 dari 7 halaman

Pulau Komodo

Selain objek atau kebudayaan, hewan yang menjadi ciri khas bisa juga ditunjukkan dalam gambar tempat wisata. Misalnya saja adalah gambar tempat wisata Pulau Komodo. Tentu saja keberadaan hewan komodo harus ada dalam gambar tempat wisata Pulau Komodo.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo.

Pulau ini termasuk salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

7 dari 7 halaman

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Karena merupakan monumen terbesar Buddha terbesar di dunia, makan tidak mengherankan jika Candi Borobudur menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia dan sering muncul dalam gambar tempat wisata di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.