Sukses

Ragam Tempat Wisata di Kebumen, Murah Meriah Tetapi Tetap Mewah

Liputan6.com, Jakarta Ingin menikmati berbagai macam tempat wisata tanpa harus mahal biaya? Maka Kebumen adalah jawabannya. Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Banjarnegara dan Wonosobo ini memiliki banyak wisata, mulai dari pantai, gua hingga waduk yang patut dicoba. Tidak hanya digemari oleh kalangan muda-mudi, tempat wisata di Kebumen juga banyak menjadi incaran liburan keluarga dari segala kalangan dan usia.

Sudah menjadi rahasia umum jika Kebumen adalah salah satu tempat yang menjadi surga bagi pecinta wisata, terutama wisata pantai. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri jika banyak pantai yang menjadi tempat wisata di Kebumen.

Meskipun demikian, fakta letak geografis Kebumen yang bagian selatan adalah dataran rendah dan bagian utaranya berupa pegunungan dan perbukitan, membuat kabupaten di Jawa Tengah ini juga memiliki berbagai tempat wisata di Kebumen lain yang tak kalah cantik dan menarik.

Para wisatawan juga tidak perlu risau akan biaya tiket yang mungkin akan menyulitkan seiring tambah populernya tempat wisata di Kebumen. Berikut Liputan6.com telah merangkup 5 tempat wisata di Kebumen yang murah meriah dari sikopat.kebumenkab.go.id, Selasa (6/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ragam Tempat Wisata di Kebumen

1. Pantai Logending

Jika Anda ingin berkemah di tempat yang dekat dengan pantai, maka Pantai Logending dapat menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa dicoba. Menampilkan panorama perpaduan antara pantai dengan hutan membuat pantai ini sangat layak untuk dikunjungi dengan orang-orang tercinta.

Tiket masuk yang dikenakan, yaitu bagi dewasa Rp6.000 saat hari biasa dan Rp7.000 saat hari libur. Sedangkan anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 saat hari biasa dan dan Rp4.000 saat hari libur. Untuk biaya parkir kendaraan, Anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp1.000 hingga Rp10.000

Fasilitas yang disediakan, seperti area parkir yang bisa menampung hingga 100 bus, toilet, mushola, taman bermain, warung, panggung pertunjukkan, penginapan, perahu dan berbagai souvenir. Ada juga makanan khas yang bisa dicoba di sini, seperti grobi, gula kelapa dan ikan. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi pantai yang berada 54 km barat daya Kebumen atau 33 km selatan Gombong.

2. Pantai Menganti

Pantai Menganti menjadi salah satu pantai pasir putih yang paling menawan di Kebumen. Obyek wisata yang satu ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah dan berada di area perbukitan tebing karst. Ombak pantai ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan olahraga surfing.

Tebing bukan sembarang tebing, di bagian barat Pantai Menganti terdapat tebing yang bernama Tebing Bidadari. Pantai Menganti juga dikelilingi perbukitan hijau yang akan memanjakan Anda. Anda dapat melihatr indahnya tebing-tebing di sekitar pantai dengan empat curug yang turun dari ketinggian kurang lebih 30 m saat musim hujan tiba.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 Anda bebas menikmati Pantai Menganti sepuas hati. Dengan demikian, Pantai Menganti wajib masuk ke list tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Ragam Tempat Wisata di Kebumen

3. Gua Jatijajar

Tempat wisata di Kebumen dengan luas 5,5 hektar ini menjadi salah satu wisata gua paling populer di Kebumen. Fasilitas seperti peturasan, taman bermain, warung dan berbagai toko cinderamata ada di Gua Jatijajar. Goa Jatijajar di bagi menjadi beberapa komplek, seperti Gua Jatijajar, Gua Dempok dan Gua Intan. Di sini terdapat fosil-fosil, seperti Lepidocylina sumatrensis Brady, L.elegans Tan dan Cycloclypeus annulatus Martin.

Tiket masuk yang harus dibayar ketika Anda datang ke Gua Jatijajar adalah Rp12.000 bagi orang dewasa di hari biasa dan Rp13.000 di hari libur. Sedangkan untuk anak-anak, biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp6.000 saat hari libur. Tempat wisata di Kebumen yang satu ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga dan alternatif belajar sambil liburan yang menyenangkan bagi anak-anak.

4. Gua Petruk

Terletak di Desa Candirenggp, Kecamatan Ayah, 49 km dari kota Kebumen dan bberada di ketinggian 25 m di atas permukaan laut, menjadikan Gua Petruk sebagai tempat wisata di Kebumen selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Nama Petruk berasal dari cerita yang menyebutkan bahwa pernah ditemukan batu yang memiliki bentuk serupa dengan salah satu tokoh wayang, yaitu Petruk. Topografi Gua Petruk terbagi menjadi tiga.

Gua ini berada dekat dengan Gua Jatijajar, hanya sekitar 7 km dari Gua Jatijajar dan dapat ditempuh dengan melalui jalan berundak kira-kira 350 m. Pemandangan yang bisa didapatkan pengunjung juga berupa perbukitan batu gamping  sebelum masuk ke kawasan Gua Petruk. Selain itu juga terdapat sungai bawah tanah, mengalir di bagian kanan mulut gua yang airnya masih jernih.

Untuk masuk ke gua ini, biaya yang perlu dibayar bagi orang dewasa saat hari biasa sebesar Rp6.000 dan saat hari libur sebesar Rp7.000. Sedangkan untuk anak-anak, biaya yang perlu dibayar saat hari biasa sebesar Rp3.000 dan saat hari libur sebesar Rp4.000.

4 dari 4 halaman

Ragam Tempat Wisata di Kebumen

5. Waduk Sempor

Wisata danau buatan yang satu ini berada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor yang jaraknya 34 km dari Kebumen. Waduk Sempor membendung aliran utama Sungai Sempor. Air sungai yang berhasil dibendung menciptakan genangan air yang luas di antara pulau-pulau kecil. Pemandangan matahari terbenam di Waduk Sempor ini menjadi salah satu tawaran menarik bagi para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di sini, berupa arena bermain, panggung terbuka, rest area dan tempat untuk mengisi perut dengan makanan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyusuri waduk dengan kapal serta kano yang disediakan. Biaya tiket masuk ke tempat wisata di Kebumen yang satu ini bagi orang dewasa di hari biasa sebesar Rp6.000 dan di hari libur sebesar Rp7.000. Sedangkan untuk anak-anak, biaya tiket di hari biasa sebesar Rp3.000 dan Rp4.000 di hari libur.

6. Pemandian Air Panas Krakal

Bagi Anda yang ingin melepas penat dan stress dengan berendam di air hangat, maka tempat wisata di Kebumen yang satu ini dapat dicoba. Pemandian Air Panans Krakal atau sering disebut dengan PAP Krakal terletak di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Suhu air PAP Krakal mencapai 39-42 derajat celcius. Air panas Krakal ini sudah menjadi tempat pemandian sejak tahun 1905 dan tidak sedikit warga masyarakat yang percaya jika air pemandian ini dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit.

PAP Krakal juga dilengkapi dengan bak berendam dan terdapat enam kamar untuk VIP. Obyek wisata di Kebumen yang satu ini dapat dinikmati dengan biaya Rp3.000 di hari biasa dan Rp4.000 bagi orang dewasa. Sedangkan bagi pengunjung yang masih anak-anak dapat mebayar tiket masuk saat hari biasa sebesar Rp2.000 dan Rp3.000 saat hari libur.

Liburan tidak perlu mahal dan mewah. Kebumen menjadi salah satu surga wisata yang wajib dikunjungi karena biaya yang murah, tetapi tetap dapat memberikan pemandangan yang mewah kepada wisatawan serta tersedianya fasilitas umum yang layak.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.