Sukses

10 Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi, Alternatif Liburan Seru di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Bantul memiliki pesona alam yang tak bisa diragukan lagi. Keindahan alam wisata di Bantul membuat para pengunjung dapat memanjakan mata menikmati suasana yang ada. Mengisi waktu liburan tidak akan sia-sia jika pengunjung memilih untuk berlibur ke Yogyakarta. Pasalnya kota Pelajar ini memiliki beragam destinasi yang bisa dikunjungi, mulai dari taman, air terjun, pantai, waduk dan masih banyak lagi. 

Salah satu daya tarik wisata di Bantul adalah tempat wisatanya tidak begitu berjauhan, membuat wisatawan bisa berkunjung ke beberapa destinasi yang ada di Bantul dalam satu waktu. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, membuat wisata di Bantul ini selalu ramai dikunjungi.

Tempat wisata di Bantul yang bisa pengunjung jumpai adalah, deretan pantai yang indah, laguna, Gumuk pasir, air terjun dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya wisata alam maupun buatan hasil karya masyarakat sekitar, membuat Bantul menjadi daerah wisata yang paling banyak digemari. 

Berikut ini wisata di Bantul yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).  

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata di Bantul

1. Pantai Goa Cemara 

Melansir dari laman Bantulkab.go.id, Pantai Goa cemara adalah pantai yang berada di daerah selatan bantul. Sesuai dengan namanya, wisata di Bantul ini memiliki banyak phon cemara yang tumbuh di pesisir pantainya. saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati keteduhan pantai, dengan rimbunan pohon cemara yang membentuk goa. Pengunjung juga bisa mengelilingi pantai dan menikmati keindahannya, dengan menyewa ATV. Pantai yang terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden ini juga merupakan konservasi penyu laut. Selait itu, banyak kuliner yang bisa dinikmati oleh pengunjung, salah satunya adalah sea food juga oleh - oleh yang bisa dibeli berupa hasil bumi, ubi ungu dan bawang merah. 

2. Pantai Pengklik 

Melansir dari sumber yang sama, Pengklik berada di sebelah timur Pantai Samas, serta merupakan primadona baru Pantai Samas. Dengan memanfaatkan keindahan pertemuan dua sungai, pengelola pantai ini juga mendirikan beberapa fasilitas tambahan yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti perahu, kuliner terapung, tempat memancing, gardu pandang, wahana bermain, tambak udang, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat betah para pengunjung. Tidak perlu khawatir, karena pengunjung juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling laguna Pantai Samas hanya dengan membayar Rp. 10.000/orang. 

3. Laguna Depok

Melansir dari sumber yang sama, tempat wisata di Bantul ini berada sekitar 200 meter ke selatan tempat pemungutan retribusi pantai Depok. Saat beradadi Laguna Depok, para pengunjung bisa menikmati rasanya beraktifitas sebagai seorang petani. Tidak hanya pemandangan alam yang memukau wisatawan, kamu juga bisa menikmati kuliner hasil laut yang segar dan nikmat. Salah satu daya tarik tempat ini adalah muara yang masih tergolong hijau karena di padang pasir yang mengelilinginya ditumbuhi rerumputan. 

4. Goa Cerme

Tempat wisata di Bantul selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Goa Cerme. Tempat yang terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, cukup terkenal dengan sejarahnya karena goa ini dahulu menjadi tempat bertemunya Wali Songo dalam rangka membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak dan sering dijadikan tempat berdakwah para wali. Wisata Goa Cerme ini, berada di ketinggian sekitar 500 mdpl dengan panjang goa sekitar 1200 m. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit saja, namun air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa tidak kalah indah dan menawan. 

3 dari 4 halaman

Wisata di Bantul

5. Puncak Becici

Wisata di Bantul berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Puncak Becici. Tempat yang pernah dikunjungi oleh Barack Obama ini, tersedia banyak sekali spot foto menarik yang bisa ditemukan oleh pengunjung wisata. Selain itu, pesona alam serta pemandangan Kota Jogja bisa kamu nikmati saat berada di sini. Untuk bisa melihat dan menikmati sunrise atau sunset, Puncak Becici merupakan tempat yang tepat.

6. Grojogan Lepo

Wisata di Bantul yang tak boleh dilewatkan adalah Grojogan Lepo. Saat berada di sini, pengunjung bisa bermain air sambilmenikmati udara sejuk pedesaan. Tempat ini juga memiliki air terjun mini dan kolam renang alami ynag juga snagat indah. Menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga, karena  airnya yang tak terlalu dalam, membuat anak - anak juga bisa berenang dan sekadar bermain air di sini. Selain itu, jernihnya air bisa membuat pikiran menjadi segar dan tenang. 

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata di Bantul selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan, juga populer adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Saar berada di gumuk pasir ini kamu bisa bersantai dan menikmati alam serta pemandangan tepi pantai, juga hamparan pasir yang luas menjadi daya tarik utama sesuai dengan namanya. Menjadi salah satu wisata  unik di Indonesia membuat banyak orang yang berkunjung ke sini. Selain menikmati alam dan berswafoto di gumuk pasir ini, pengunjung juga bisa sandboarding atau berselancar di pasir. 

4 dari 4 halaman

Wisata di Bantul

8. Pemandian Air Panas

Melansir dari sumber yang sama, Parangwedang merupakanwisata di Bantul berupa pemandian air panas. Tempat pemandian alami ini, memiliki sumber air dengan kandungan mineral, tanpa belerang. Pemandian air panas Parangwedang, awalnya merupakan tempat pemandian yang digunakan oleh keluarga kerajaan yaitu keluarga Majapahit. Namun, setelah jarang digunakan, tempat ini kemudian barulah dibuka untuk umum.

9. Kebun Bunga

Salah satu objek wisata di Bantul yang cukup terkenal juga populer adalah Kebun Bunga Matahari. Wisata buat ini adalah  taman yang dipenuhi dengan bunga, serta memiliki lahan yang begitu luas juga pemandangan yang sangat cantik. Kebun Bunga Matahari berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Lokasi yang mudah, membuat tempat ini bisa diakses oleh siapapun. Dengan background hamparan bunga matahari yang sangat cantik seluas seribu meter persegi, dapat dipastikan bahwa tempat ini adalah salah satu spot foto yang keren dan cocok dijadikan objek bidikan lensa kamera.

10. Jogja Youth Farming

Wisata di Bantul selanjutnya adalah Jogja Youth Framing. Tempat yang merupakan lahan pertanian ini dikelola oleh orang-orang muda yang tergabung dalam Karang Taruna Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Sedayu. Melansir dari laman yang sama, tempat ini diresmikan pada tanggal 1 November 2019 oleh GKR Hemas. Saat berada di tempat ini, pengunjung bisa belajar bagaimana cara bertani, beternak, tanaman obat keluarga, membuat cindera mata daur ulang, dan masih banyak lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.