Sukses

12 Manfaat Renang Bagi Tubuh, Tak Cuma Menambah Tinggi Badan

manfaat renang bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan selain untuk menambah tinggi badan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat renang bagi tubuh umumnya dikaitkan dengan penambahan tinggi badan dan pernapasan yang lebih sehat. Namun kenyataannya, manfaat renang bagi tubuh sangatlah banyak dan tidak hanya terbatas pada pembentukan postur tubuh yang baik.

Terdapat banyak manfaat renang bagi tubuh yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga air ini secara rutin. Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular dalam tubuh. Satu jam berenang dapat membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari.

Manfaat renang bagi tubuh ini bisa didapatkan tanpa harus mengalami dampak yang buruk bagi tulang dan persendian, seperti yang mungkin terjadi pada olahraga lainnya. Manfaat renang bagi tubuh juga tidak hanya sebatas fisik namun juga secara psikis.

Untuk mengetahui manfaat renang bagi tubuh dengan lebih baik, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022), tentang beragam manfaat renang bagi tubuh yang bisa didapat dengan melakukan olahraga renang secara rutin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Renang Bagi Tubuh

1. Melatih Seluruh tubuh

Manfaat renang vagi tubuh yang pertama adalah melatih seluruh tubuh. Saat anda berenang semua bagian tubuh bergerak dan mendapat latihan. Berenang memperkuat tubuh anda, meningkatkan detak jantung dan melibatkan hampir semua otot di punggung.

Dari ujung kepala hingga ujung kaki. Renang dapat meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stress, mengencangkan otot, meningkatkan kekuatan dan membangun daya tahan. Sulit untuk mencapai semua kelompok otot ini tanpa melakukan sesi olahraga 2 jam. Saat berenang, anda bisa membakar seluruh tubuh hanya dalam waktu 20 menit.

 2. Olahraga Yang Mudah Untuk Persendian

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi orang-orang dengan radang sendi, cedera, disabilitas dan masalah lain yang membuat latihan berdampak tinggi menjadi sulit Berenang bahkan dapat membantu mengurangi rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera.

Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoartritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, dan mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah melakukan aktivitas seperti berenang dan bersepeda.

 3. Meringankan Gejala Radang Sendi

Jika anda hidup dengan radang sendi, banyak bentuk olahraga bisa jadi sulit, tetapi berenang bukan salah satunya. Beberapa penelitian menunjukkan berenang bahkan dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang disebabkan oleh radang sendi.

Anda dapat memilih latihan renang intensitas tinggi untuk benar-benar meningkatkan detak jantung anda atau memilih rutinitas renang santai jika itu lebih sesuai dengan keinginan anda. Kedua pilihan ini tidak akan memperburuk arthritis dan akan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Renang Bagi Tubuh

4. Bagus Untuk Semua Usia dan Kondisi

Jika anda mengalami kesulitan berjalan karena cedera atau kondisi kronis, berenang adalah salah satu cara terbaik untuk berolahraga. Berenang sangat lembut bagi tubuh sehingga orang-orang dari segala usia atau tingkat kemampuan dapat melakukannya.

Bahkan jika anda tidak bisa berenang, Kelas aerobik air dapat membangun otot dan memompa jantung anda tanpa membebani tubuh. Jika kelas kelompok bukan hal yang anda sukai, beberapa menit berenang dengan kecepatan lambat tetap melibatkan seluruh tubuh dan membuat darah mengalir.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat renang bagi tubuh yang berikutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Renang dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Studi pada orang dewasa dengan insomnia, menunjukan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan latihan aerobik secara teratur.

Berenang dapat diakses oleh banyak orang yang berurusan dengan masalah fisik yang membuat latihan lain, seperti berlari, kurang menarik. Hal itulah yang kemudian membuat berenang menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

 6. Bagus Untuk Penderita Asma

Berenang adalah pilihan olahraga yang sangat ideal untuk penderita asma. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa perenang memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar dan kontrol napas yang lebih baik daripada pelari. Ini tidak berarti berenang dapat menyembuhkan asma, tetapi dapat membantu membangun kekuatan dan kapasitas paru-paru.

Lingkungan kolam dalam ruangan yang lembab membuat berenang menjadi aktivitas yang bagus bagi penderita asma. Tidak hanya itu, latihan pernapasan yang berhubungan dengan olahraga, seperti menahan napas membantu anda memperluas kapasitas paru-paru dan mendapatkan kendali atas pernapasan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Renang Bagi Tubuh

7. Membantu Mengelola Stress

Manfaat renang bagi tubuh yang selanjutnya adalah membantu mengelola stress yang dialami akibat aktivitas sehari-hari. Secara umum, olahraga membantu meredakan kecemasan dan depresi yang mana itu juga terjadi saat anda berenang.

Penelitian menemukan bahwa orang yang berenang secara teratur merasa lebih sedikit kemarahan, ketegangan, kebingungan, dan depresi. Dan sebuah studi tahun 2014 pada hewan menemukan bahwa berenang memiliki efek antidepresan.

 8. Berenang Mengatur Gula Darah

Selain membatasi asupan gula untuk menyeimbangkan gula darah tubuh, berenang juga memiliki manfaat yang sama. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa berenang dengan intensitas tinggi tiga kali seminggu meningkatkan sensitivitas insulin dan keseimbangan glukosa darah. Hal ini dapat mengurangi risiko diabetes dan jika anda menderita diabetes, berenang dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

 9. Bermanfaat Untuk Penderita Multiple Sclerosis

Orang dengan multiple sclerosis (MS) juga dapat mendapatkan banyak manfaat dengan berenang. Air membuat anggota badan melayang, membantu menopang mereka selama berolahraga. Air juga memberikan resistensi yang lembut.

Studi yang dilakukan dengan program renang 20 minggu menghasilkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi penderita MS. Orang-orang ini juga menunjukkan berkurangnya berbagai gejala MS seperti kelelahan, depresi, dan kecacatan yang sebelumnya dialami.

5 dari 5 halaman

Manfaat Renang Bagi Tubuh

10. Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Berenang dapat membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang. Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori per jam dengan berenang dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Karena seluruh tubuh bekerja, tidak mengherankan jika berenang adalah pembakar kalori yang efektif untuk siapa saja. Berenang membakar jumlah kalori yang sama dengan jogging, namun tanpa tekanan sendi yang mungkin dialami saat berlari.

 11. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat renang bagi tubuh yang berikutnya adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kekakuan arteri. Kekakuan arteri karotis mengacu pada kekakuan dinding jantung. Dinding yang kaku berarti risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dan dinding yang fleksibel berarti risiko yang lebih rendah.

Satu studi menemukan bahwa orang dengan rutinitas berenang yang teratur kehilangan berat badan dan mengalami penurunan kekakuan arteri karotis, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah ke otak. Semua manfaat ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

12. Memperkuat Otot

Meskipun berenang cenderung dianggap sebagai kardio, berenang  merupakan latihan seluruh tubuh yang akan membangun kekuatan dan daya tahan otot. Tidak peduli gaya renang apa yang dilakukan, anda akan menggunakan sebagian besar kelompok otot untuk menggerakkan tubuh di dalam air.

Lengan dan tubuh bagian atas akan bekerja untuk mendorong tubuh maju melawan hambatan air saat inti tubuh tetap bergerak untuk menjaga postur anda tetap lurus untuk berenang yang lebih ramping, dan tubuh bagian bawah anda sibuk menendang sepanjang waktu untuk mengatur kecepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.