Sukses

7 Wisata Sragen yang Wajib Dikunjungi, Ada Situs Purbakala yang Diakui UNESCO

Liputan6.com, Jakarta Wisata Sragen menawarkan berbagai destinasi menarik dan unik yang wajib anda kunjungi. Sragen adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Sragen sendiri terkenal dengan situs bersejarahnya yang telah diakui oleh UNESCO.

Selain itu, wisata Sragen juga terkenal dengan berbagai destinasi seru dan menyenangkan. Berbagai tempat wisata seperti, pegunungan, waduk, air terjun, hingga museum bisa anda nikmati di Sragen.

Dengan wisata alam Sragen yang menyajikan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan mata. Anda akan nyaman dan bisa melupakan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari yang membuat penat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Sragen yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Sragen yang Wajib Dikunjungi

1. Museum Sangiran

Museum Saringan menjadi destinasi wisata Sragen yang paling terkenal yang terletak di Kubah Sangiran. Museum ini menjadi gambaran kehidupan manusia masa lampau karena merupakan museum purbakala paling lengkap di dunia. UNESCO bahkan sudah mengakui kalau Situs Purbakala Sangiran masuk dalam Situs Warisan Budaya Dunia.

Dibangun pada 1980, museum ini menempati areal seluas 16.675 meter persegi. Bangunan bergaya Joglo itu terdiri atas ruang pameran, yaitu ruang utama tempat koleksi dipamerkan. Ada juga ruang laboratorium yaitu tempat dilakukannya proses konservasi terhadap fosil-fosil yang ditemukan di kawasan Sangiran. Kawasan itu merupakan tempat ditemukannya fosil manusia purba dan binatang purba, yang sebagian disimpan di Museum Fosil Sangiran.

2. Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan salah satu daerah tujuan wisata minat khusus yang dimiliki oleh Kabupaten Sragen, dalam hal ini adalah untuk wisata kesehatan yang dipadukan dengan daya tarik wisata alam atau ekowisata.

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, air panas Bayanan dianggap memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, seperti rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Sehingga oleh orang terdahulu sumber air panas itu dinamakan “Hyang Tirto Nirmolo”.

Ternyata kebenarannya terbukti sehingga banyak pengunjung berdatangan untuk membuktikan khasiatnya. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit di atas, air panas tersebut dipercaya juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan membuat awet muda. Pemandian Air Panas Bayanan ini terletak tepat di sebelah tenggara ibukota Kabupaten Sragen yaitu di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

 

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Sragen yang Wajib Dikunjungi

3. Waduk Kedung Ombo

Tempat wisata Sragen yang berikutnya adalah Waduk Kedung Ombo. Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan raksasa seluas 6.576 hektar yang areanya mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten, yaitu; Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk yang membendung lima sungai itu terdiri dari wilayah perairan seluas 2.830 hektar dan 3.746 hektar lahan yang tidak tergenang air.

Lokasi tempat wisata Sragen ini terletak di Kecamatan Sumberlawang, sekitar 30 km dari pusat kota. Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor bertualang mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk.

4. Kedung Grujug

Selanjutnya, tempat wisata Sragen yang bertema alam lagi, yaitu Kedung Grujug. Air terjun tersembunyi di Sragen ini akan membuat liburan anda semakin berkesan. Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 3 meter, namun pesonanya tetap tak kalah eksotis dengan air terjun lainnya.

Lokasinya ada di Desa Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Tebing bebatuan di lokasi air terjun terlihat sangat unik dengan relief bebatuan yang tersusun alami, sangat cocok buat objek fotografi.

5. Pemandian Air Panas Ngunut

Tidak kalah populer dengan Pemandian Air Panas Bayanan, ada satu lagi tempat wisata Sragen yang bertemakan air panas, yaitu Pemandian Air Panas Ngunut. Suasana alam di lokasi pemandian ini masih sangat asri sehingga momen berendam air hangat semakin menyenangkan.

Kandungan berlerang pada air panas yang bersumber dari Gunung Lawu ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai keluhan penyakit kulit. Lokasinya berada di Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Sragen yang Wajib Dikunjungi

6. Desa Wisata Betisrejo

Sragen mempunyai banyak tempat wisata menarik, salah satunya Desa Wisata Betisrejo. Desa ini merupakan gabungan dari tiga desa, yaitu Sukorejo, Jambeyan, dan Jetis yang masuk Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Di sini Anda bisa menikmati suasana pedesaan yang sudah sangat jarang ditemui di kota.

Tak hanya bisa menikmati lahan pertanian, di sini juga ada peternakan ikan dan sapi. Di desa wisata ini sudah banyak rumah warga yang dijadikan homestay. Jika Anda datang saat masa panen, Anda bisa menonton tari lesung yang sudah menjadi tradisi di sana.

7. Hutan Kota Ekowisata Sragen

Tempat wisata Sragen yang berikutnya adalah Hutan Kota Wkowisata Sragen. Bagi anda yang ingin berwisata di sekitar pusat kota Sragen, Hutan Kota Ekowisata Sragen bisa jadi solusinya. Tempat wisata Sragen ini memiliki kurang lebih 100 jenis pohon, seperti cendana, gaharu, salam, sawo kecik, dan jenis pohon lainnya ditanam di sini. Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti embung, jalan setapak, sampai gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati suasana asri di Hutan Kota Ekowisata Sragen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.