Sukses

20 Manfaat Alkohol dalam Kehidupan Sehari-Hari, Jadi Pembersih Barang Rumah Tangga

Simak beberapa manfaat alkohol dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Alkohol menjadi salah satu bahan kimia yang kehadirannya sangat banyak ditemukan di tengah-tengah kehidupan manusia. Alkohol juga banyak digunakan tidak hanya untuk kepentingan medis, tetapi manfaat alkohol juga untuk kepentingan industri bahkan untuk dipakai dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari.

Alkohol sendiri memiliki beberapa jenis. Terdapat tiga jenis yang perlu diketahui sebelum memahami manfaat alkohol lainnya.

Dilansir dari National TASC, terdapat tiga jenis alkohol pada umumnya, yaitu isopropil alkohol, metil alkohol dan etil alkohol. Isopropil alkohol yang dikenal dengan “rubbing alcohol” atau alkohol gosok merupakan jenis alkohol yang digunakan untuk sterilisasi dan digunakan sebagai bahan utama dalam sebagian produk pembersih dan beberapa kali digunakan untuk kepentingan medis.

Oleh karena itu, berikut Liputan6.com telah merangkum manfaat alkohol gosok atau isopropil alkohol yang dilansir dari Healthline, Rabu (7/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Alkohol: Praktik Medis

1. Antiseptik

Isopropil alkohol sebagai pengobatan bakterisida alami, yang berarti alkohol yang satu ini dapat membunuh bakteri, tetapi tidak selalu mencegah pertumbuhannya. Alkohol gosok juga dapat membunuh jamur dan virus. Akan tetapi, penting untuk diperhatikan bahwa penggunaan alkohol gosok ini tidak kurang dari larutan 50 persen. Jika tidak, maka tidak akan efektif digunakan untuk membunuh bakteri.

2. Menghilangkan Mual Pasca Operasi

Sebuah hasil studi oleh Hines S dkk, membuktikan bahwa mencium alkohol gosok, seperti ondansetron (Zofran) pasca operasi akan 50% lebih cepat menghilangkan mual daripada meminum obat penghilang mual tradisional. Alkohol gosok yang berbau akan dapat dengan cepat membantu meredakan mual.

3. Disinfektan Permukaan

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan isopropil alkohol sebagai disinfektan barang-barang, seperti termometer, gunting dsb. Akan tetapi, alkohol tidak selalu selalu cukup dapat diandalkan sebagai disinfektan tingkat rumah sakit. Ini karena alkohol juga dapat merusak lapisan pelindung pada beberapa barang, seperti ubin plastik atau lensa kacamata.

3 dari 5 halaman

Manfaat Alkohol: Kehidupan Sehari-Hari

4. Deodoran

Alkohol gosok bisa menjadi penolong pertama jika Anda tiba-tiba kehabisan deodoran di rumah. Manfaat alkohol yang satu ini dapat diperoleh dengan cara menyemprotkan lagsung alkohol gosok ke ketiak, tetapi hindari penggunaan jika baru saja bercukur. Cara lainnya juga dapat dengan mencampurkan alkohol gosok dengan minyak esensial, seperti lavender untuk aroma yang lebih menenangkan kulit.

5. Menguapkan air dari telinga

Tidak jarang jika telinga kita kemasukan air setelah melakukan aktivitas di air seperti berenang. Anda dapat menggunakan alkohol gosok untuk menguapkan air dalam telinga tersebut dengan mencampurkan 1/2 sendok teh larutan alkohol gosok dan 1/2 sendok the cuka putih. Tuang lalu letakkan larutan dengan menggunakan pipet ke telinga Anda saat kepala Anda di miringkan. Lalu, biarkan sampai mengering. Akan tetapi, jangan melakukan ini jika terdapat infeksi atau robekan pada gendang telinga Anda.

6. Obat Gosok untuk Nyeri Otot

Mengoleskan kain yang direndam dalam alkohol gosok pada otot yang sakit dapat menciptakan sensasi dingin dan merangsang aliran darah ke daerah yang sakit. Hal ini hanya berlaku di area kecil saja. Jika melakukan ini pada seluruh bagian tubuh, maka dapat menyebabkan efek neurologis yang berbahaya.

7. Kompres Es yang Dapat Dibentuk

Kompres es dapat dibentuk dengan bantuan alkohol gosok. Caranya adalah dengan gabungkan satu bagian alkohol gosok dengan tiga bagian air dalam kantong plastik yang tertutup rapat dan masukkan ke dalam freezer. Sebelum digunakan, bungkus dengan kain lembut dan tempelkan pada area yang membutuhkan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Alkohol: Pembersih Barang Rumah Tangga

8. Membersihkan Tirai 

Bungkus waslap yang direndam alkohol di sekitar spatula atau benda pipih lainnya, letakkan karet gerang di sekitar kain dan bersihkan di antar bilah tirai. Ini bisa menjadi alternatif untuk membersihkan tirai dengan cepat.

9. Membersihkan Papan Penghapus Kering

Anda memerlukan alkohol gosok setidaknya 90 % untuk menghilangkan tanda penghapus kering hingga benar-benar hilang. Caranya adalah dengan memasukkan larutan alkohol ke dalam botol semprot atau menaruhnya pada waslap atau handuk kertas untuk membersihkan papan.

10. Membersihkan Kuas Makeup

Manfaat alkohol gosok yang satu ini dapat anda dapatkan dengan menuangkan alkohol gosok ke dalam cangkir atau wadah kecil lainnya dan celupkan kuas makeup ke dalam cangkir, lalu putar-putar selama beberapa detik. Bilas kuas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk hingga kering.

11. Membersihkan wastafel dan krom

Alkohol gosok dapat membuat permukaan wastafel anda terlihat bersih dan berkilau. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan menuangkan alkohol di atas kain lembut dan mulai lah bersihkan. Anda tidak perlu membilasnya dengan air karena alkohol nantinya akan menguap.

12. Menghilangkan Bau Sepatu

Menyemprotkan sedikit alkohol gosok pada sepatu Anda yang sudah mulai bau juga cukup membantu. Kemudian tempatkanlah sepatu yang sudah disemprot alkohol di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering untuk membantu alkohol membunuh bakteri.

13. Mendisinfeksi Moause dan Keyboard Komputer

Dengan menggunakan alkohol gosok 90% atau bahkan dengan kadar yang lebih tinggi dapat membuat pembersih yang cepat menguap untuk alat elektronik. Gunakan kapas yang direndam alkohol atau kain mikrofiber basah yang direndam alkohol untuk membersihkan keyboard dan mouse.

14. Mendisinfeksi Ponsel

Banyak hal yang dapat membuat kotor layar ponsel, seperti riasan wajah, debu, dsb. Cara menggunakan alkohol untuk membersihkan layar ponsel Anda adalah dengan menggunakan bantalan alkohol atau lap.   

15. Menyingkirkan Lalat Buah

Jika Anda menyemprotkan isopropil alkohol ke lalat buah, maka akan membuat mereka terbunuh saat bersentuhan. Akan tetapi, perlu diperhatikan ketika menyemprot alkohol jangan sampai terkena buah karena akan menyebabkan buah rusak.

16. DIY Disinfektan

Manfaat alkohol gosok selanjtnya yang dapat anda rasakan adalah dengan membuatnya sendiri menjadi disinfektan. MAnda dapat menggunakan alkohol gosok dengan meyemprotkan atau menyekanya pada bagian permukaaan. Alkohol gosok tidak apa jika digunakan pada laminasi plastik dan marmer tertutup, tetapi jangan sampai digunakan pada benda dengan bahan permeabel, seperti kuarsa dan granit.

5 dari 5 halaman

Manfaat Alkohol: Menjernihkan Barang Berkilau

17. Membersihkan Perhiasan

Untuk mengembalikan kilau yang hilang dari gelang, cincin atau kalung Anda, maka anda dapat memanfaatkan alkohol gosok. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendam perhiasan dalam alkohol. Setelah itu bersihkan dengan kain bersih agar mendapatkan kilau kembali.

18. Menghapus Hairspray Dari Cermin dan Ubin

Hairspray yang lengket dapat menutupi cermin dan ubin. Anda dapat menyemprotkan alkohol pada kain dan meggunakannya untuk menyeka permukaan cermin dan ubin.

19. Menghilangkan Tinta dan Spidol Permanen

Jika sepatu pakaian Anda terkena tinta atau spidol permanen, maka cukup rendam area ternoda dalam alkohol gosok selama beberapa menit. Kemudian cucilah pakaian setelah itu.

20. Membersihkan Stainless Steel

Alkohol dapat menjadi pembersih stainless steel yang sangat baik dengan menghilangkan bintik-bintik air dan mendisinfeksi permukaan. Gunakanlah handuk mikrofiber basah yang direndam alkohol untuk membersihkan stainless steel apapun di rumah Anda.

Banyaknya manfaat alkohol gosok yang dapat dirasakan oleh siapapun yang menggunakannya, tidak berarti tidak ada peringatan yang perlu diperhatikan. Pertama, jangan pernah mencoba untuk meminum alkohol gosok karena dapat menyebabkan kematian serta jangan pernah membiarkan anak-anak menggunakannya tanpa pengawasan.

Alkohol gosok juga sifatnya mudah terbakar sehingga Anda dilarang untuk menggunakan alkohol gosok di sekitar api terbuka atau panas tinggi. Kemudian, jika Anda menggunakan alkohol gosok dan memiliki tanda-tanda reaksi alergi, seperti masalah pernapasan, wajah bengkak dsb, maka cepat segera hubungi medis darurat.

Alkohol gosok juga tidak disarankan digunakan pada kulit yang berjerawat. Catatan penting lainnya adalah jangan mengoleskan alkohol gosok pada kulit anak untuk memberikan sensasi dingin pada anak yang demam. Hal tersebut sangat berbahaya karena kulit anak dapat menyerap alkohol dan menjadi racun.

Selanjutnya alkohol gosok juga berbahaya jika digunakan untuk mandi atau membersihkan kutu. Hal tersebut karena alkohol gosok dapat menyebabkan luka bakar kimiawi pada kulit kepala.

 

Reporter Magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini