Sukses

35 Tempat Wisata Batu yang Seru Untuk Dikunjungi, Pesona Alamnya Indah

Liputan6.com, Jakarta Saat memilih untuk menghabiskan waktu liburan, Kota Batu merupakan pilihan yang tepat, karena di sini tersedia beragam wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Kota yang memiliki hawa sejuk ini dulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, namun sekarang sudah berdiri sendiri, serta memiliki berbagai potensi tempat wisata Batu yang indah dan populer.  

Kota administratif yang sekarang menjadi kota otonom ini, memiliki potensi wisata yang menjadi favorit pengunjung, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Tempat wisata Batu juga sangat beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, wisata alam yang memukau, hingga taman bermain yang tersedia untuk relaksasi. 

Tempat wisata Batu juga bisa menjadi sarana yang tepat sekedar untuk healing dan melepas penat. Pengunjung bisa menemukan deretan air terjun yang indah, pemandian air panas yang alami, berbagai candi dengan ragam arsitekturnya, serta taman yang indah dan sejuk juga pantai dan gunung dengan pesona alam memukau.

Berikut ini tempat wisata Batu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Batu

1. Candi Kidal

Tempat wisata batu yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Candi Kidal. Candi ini merupakan wisata Batu Malang yang berlokasi di lembah Gunung Bromo dengan ketinggian 52 mdpl, tepatnya di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang. Candi Kidal merupakan candi peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa besar Anusapati, Raja kedua dari Singosari.

2. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan adalah tempat wisata Batu yang terletak tidak jauh dari Candi Singosari, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Jarak yang ditempuh antara kedua tempat wisata di Malang Batu ini hanya sekitar 6 km saja. Ditinjau dari segi arsitektur, Candi Sumberawan ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 14-15.

Candi ini merupakan salah satu tempat yang dipilih oleh Hayam Wuruk sebagai tempat untuk beristirahat, ketika melakukan perjalanan keliling Jawa Timur. Candi ini hanya berbentuk sebuah stupa, dengan pemandangannya yang indah karena terletak di dekat sebuah telaga dengan air yang sangat bening. 

3. Candi Badut

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Badut. Candi yang cukup populer ini, adalah salah satu peninggalan dari Kerajaan Kanjuruhan yang dibangun pada masa pemerintahan Gajayana. Candi yang terletak di kawasan Tidar ini merupakan salah satu candi yang tertua di Jawa Timur.

4. Candi Songgoriti

Petirtaan Songgoriti atau yang lebih dikenal dengan Candi Songgoriti, merupakan wisata Batu yang menjadi salah satu candi tertua di Jawa Timur. Sampai saat ini masih belum diketahui secara akurat, kapan persis candi ini dibangun, namun melihat dari segi arsitekturnya, Candi Songgoriti diperkirakan berdiri sekitar abad ke 9 hingga 10 masehi.

5. Museum Singhasari

Museum Singhasari adalah salah satu wisata Batu yang menampilkan benda-benda koleksi yang ada kaitannya dengan Kerajaan Singhasari. Saat berada di sini, pengunjung bisa  menyaksikan serta belajar dari diorama-diorama yang tersedia di museum ini.

Museum Singhasari juga terdapat replika arca yang mengisahkan tentang sejarah Kerajaan Singhasari. Terdapat juga berbagai barang peninggalan asli dari patung yang berbahan kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum. 

6. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya adalah salah satu museum militer yang menyuguhkan berbagai koleksi benda-benda peninggalan terkait dengan perjuangan kemerdekaan di Malang. Salah satu atraksi wisata yang cukup terkenal di tempat wisata Batu ini ialah "Gerbong Maut" yang terletak di halaman belakang museum.

Atraksi Gerbong Maut ini dulunya digunakan oleh pasukan militer Belanda untuk mengangkut 100 tahanan para pejuang yang berasal dari Indonesia ke penjara Bondowoso menuju penjara Bubutan yang terletak di Surabaya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, museum ini berlokasi di JL. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.

7. Candi Singosari

Tempat wisata Batu berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Singosari atau yang juga dikenal dengan nama Candi Cungkup. Candi ini, masih memiliki kaitan yang erat dengan Kerajaan Singosari. Candi Singosari merupakan candi yang tertinggi pada masanya. Namun sekarang, candi ini digunakan sebagai tempat untuk para pengunjung yang ingin melihat arsitektur serta bangunan candi. Candi Singosari berlokasi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

8. Candi Jawar

Candi Jawar yang biasanya dikenal sebagai Candi Samudro,berlokasi di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading. Candi ini adalah salah satu tempat wisata Batu serta ditemukan sekitar tahun 1982-1983. Sampai saat ini, candi ini digunakan sebagai tempat beribadah bagi masyarakat yang beragama Hindu di Kecamatan Ampel Gading. Selain digunakan sebagai tempat untuk beribadah, Candi Jawar juga memiliki pemandangan yang indah dengan pepohonan hijau yang asri dan sejuk khas pegunungan.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Batu

9. Pemandian Air Panas Cangar

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi pengunjung adalah Pemandian Air Panas Cangar. Saat berada di tempat ini, pengunjung akan berendam di kolam air panas alami yang secara efektif dapat melepaskan lelah dan penat yang menumpuk. Pemandian Air Panas Cangar menawarkan pemandian air panas yang alami, karena berasal dari Gunung Welirang. 

10. Pemandian Songgoriti

Selain pemandian Cangar, tempat wisata Batu selanjutnya ini merupakan Pemandian air panas alami yang bisa pengunjung jumpai saat berada di Batu Malang. Tempat wisata ini berlokasi sekitar 50 meter di sebelah barat Candi Songgoriti, serta sumber air panasnya juga berasal dari mata air yang terletak di bawah candi tersebut.

11. Museum Angkut

Tempat wisata Batu berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Museum Angkut. Museum ini cukup terkenal, karena menyajikan koleksi ratusan kendaraan yang beraneka ragam, mulai dari kendaraan bergaya tradisional hingga modern. Dekorasi museum ini juga menarik dengan berbagai macam tema, yang membuat Museum Angkut menjadi tempat yang cocok untuk mengabadikan momen liburan. Museum ini juga terdapat simulator dengan berbagai macam kendaraan yang bisa dicoba oleh pengunjung yang datang. 

12. Museum Zoologi Frater Vianney

Tempat wisata Batu berikutnya adalah Museum Zoologi Frater Vianney. Museum ini menampilkan berbagai koleksi benda-benda yang berkaitan erat dengan satwa, terutama biota laut dan reptilia. Museum ini juga menyimpan serta menyajikan ratusan barang yang bisa dikoleksi, mulai dari beraneka ragam kerang, biota laut hingga hewan melata seperti ular. Barang koleksi museum ini berasal dari koleksi milik Frater Vianney pria berkebangsaan Belanda yang datang ke Indonesia pada 1960-an. 

13. Jatim Park 2

Selain tempat wisata yang berkaitan erat dengan sejarah, Tempat wisata Batu ini juga memiliki taman hiburan yang cukup populer, yaitu Jatim Park 2. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan menyaksikan berbagai atraksi wisata yang menarik, salah satunya adalah Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memiliki beragam koleksi satwa yang lengkap. Tempat wisata Jatim Park 2 ini berlokasi di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu.Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu.

14. Jatim Park 3

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Jatim Park 3. Tempat ini terkenal dengan theme park-nya yang mengusung tema dinosaurus. Theme park di tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Taman Dino atau Dino Park. Saat berkunjung ke tempat ini, akan disuguhkan berbagai wisata edukasi juga hiburan yang akan membuat pengunjung betah. Wisata ini berlokasi di Jl. Ir Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu.

15. Taman Rekreasi Selecta

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Taman Rekreasi Selecta. Taman ini berlokasi di Jalan raya Selecta no 1 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata Batu ini cukup terkenal dengan keindahan warna - warni taman bunga, serta berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari taman bermain indoor, hotel, dan lain sebagainya. 

16. Batu Flower Garden

Tempat wisata Batu yang wajib dikunjungi adalah Batu Flower Garden. Tempat ini merupakan sebuah taman yang memiliki pesona taman bunga yang indah juga menawan. Tempat ini juga dilengkapi dengan pemandangan pegunungan yang sejuk dan asri di belakangnya. Tempat wisata ini berlokasi di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Batu

17. Coban Putri

Tempat wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Coban Putri. Berbeda dengan wisata sebelumnya, Coban Putri adalah Air terjun di Batu yang memiliki pemandangan eksotis dan indah. Coban ini memiliki bentuk air yang bertingkat-tingkat, membuat pemandangannya menjadi cantik, sehingga menarik minat banyak wisatawan. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati pesona pegunungan sambil mengabadikan momen indah berlatar air terjun. Tempat wisata Batu ini berlokasi di Pandanrejo, Bumiaji, Batu.

18. Coban Rais

Selain Coban Putri yang bisa dikunjungi, tempat wisata Batu yang memiliki Air terjun yang indah adalah Coban Rais. Saat berkunjung, pengunjung bisa menikmati Air terjun yang berada pada ketinggian sekitar 1.025 mdpl. Untuk mencapai tempat ini, maka pengunjung harus berjalan menyusuri hutan sejauh 7 km terlebih dahulu. Namun pemandangan yang akan pengunjung temukan, tidak sia - sia dengan perjuangannya. 

19. Coban Talun

Coban Talun merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki, menyusuri hutan pinus yang rindang dan cantik sebelum mencapai tempat wisata Batu ini. Saat berada di sini, pengunjung akan menikmati keindahan air terjun setinggi 30 meter yang dilengkapi dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

20. Jatim Park Satu

Salah satu tempat wisata Batu yang tidak kalah populer juga terkenal adalah Jatim Park 1. Tempat wisata ini merupakan taman hiburan, yang memiliki kolam renang dengan ukuran raksasa yang dilengkapi patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring sebagai latar belakangnya. Selain itu, para wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke tempat ini juga dapat menikmati berbagai wahana yang disajikan seperti Pendulum, Flying Tornado, Volcano Coaster, Science Center, hingga Galeri Etnik.

21. Taman Hutan Kota Batu

Selain wahana bermain, juga wisata sejarah yang pengunjung temukan saat berada di Batu, terdapat Taman Hutan Kota Batu yang cocok untuk dikunjungi ketika ingin menikmati segar dan sejuknya udara kota Batu. Tempat wisata Batu ini akan sangat cocok jika digunakan untuk bersantai, karena tempat ini cenderung lebih sepi dibandingkan dengan Alun-Alun Batu. 

22. Taman Langit Batu

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Taman Langit Batu. untuk mencari spot foto yang instagramable maka wisata Taman Langit Batu merupakan tempat yang cocok. Saat berkunjung di sini, wisatawan akan menemukan banyak sekali spot foto yang menarik dilengkapi dengan keindahan pemandangan Gunung. Dari tempat wisata ini pengunjung bisa menikmati pesona kota Batu dari ketinggian.

23. Coban Rondo

Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang cukup populer. Di tempat ini para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan dan air terjun yang segar, namun pengelola juga menyediakan berbagai wahana atau fasilitas bermain seperti flying fox, paintball, dan masih banyak lagi. Wisata ini juga memiliki atraksi wisata yang populer dengan area labirinnya. Coban Rondo berlokasi di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang.

24. Coban Lanang

Selain Coban Rondo, tempat wisata Batu juga memiliki Coban Lanang, yang merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 hingga 20 meter. Aliran air yang mengalir cukup deras, juga dilengkapi dengan indahnya pemandangan pepohonan yang hijau dan masih asri. Tempat wisata Batu ini berlokasi di Pandanrejo, Bumiaji, Batu.

 

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Batu

25. Arboretum Sumber Brantas

Tempat wisata Batu yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Arboretum Sumber Brantas. Tempat ini merupakan titik nol mata air Sungai Brantas yang saat ini masuk dalam kawasan konservasi alam. Saat berada di sini, pengunjung akan disajikan pemandangan yang indah juga hamparan taman bunga yang memukau. Tempat wisata di Malang Batu yang satu ini berlokasi di sisi timur Gunung Anjasmoro , tepatnya di Jl. Raya Sumber Brantas No.213, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

26. Batu Night Spectacular (BNS)

Tempat wisata Batu selanjutnya ini, bisa pengunjung jumpai ketika malam hari tiba. Untuk menikmati semaraknya kota Batu, maka wisata Batu Night Spectacular merupakan tempat yang cocok. Tempat wisata Batu ini menawarkan berbagai macam permainan, taman lampion, hingga arena go kart yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. 

27. Malang Night Paradise

Tempat wisata Batu selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Malam Night Paradise. Tempat ini juga menawarkan pesona kota Malang saat malam hari. Night Paradise juga tersedia atraksi wisata seperti  taman lampu LED, dengan lampionnya yang cantik dan indah, membuatnya tempat ini cocok dijadikan sebagai spot foto yang instagramable. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana lainnya seperti Magic Journey 2, Roemah 147, Adventure land, dan Museum Ganesya.

28. Alun-Alun Batu

Saat memutuskan untuk berlibur, tidak akan lengkap jika tidak menikmati lezatnya hidangan khas kota ini. Saat berkunjung ke Alun-Alun Batu pengunjung akan menemukan berbagai sajian kuliner yang enak juga murah, karena banyak pujasera yang menjajakan berbagai macam makanan khas kota ini. Selain itu, disana juga terdapat berbagai wahana lainnya seperti komedi putar yang bisa pengunjung nikmati.

29. Gunung Panderman

Tempat wisata Batu Malang yang terkenal dengan pemandangan gunung indah adalah Gunung Panderman. Gunung ini memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini memiliki puncak yang bernama Basundara, sehingga pengunjung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa menaklukan gunung ini. Rute yang biasa digunakan untuk mendaki adalah rute Malang-Batu, Batu-Latar Ombo, dan Latar Ombo-Puncak.

30. Goa Pinus

Tempat wisata Batu yang wajib dikunjungi saat liburan di Kota Batu Malang adalah Goa Pinus. Tempat ini selain memiliki pemandangan yang indah, terdapat berbagai spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen. Tempat wisata ini berlokasi di Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Tempat ini juga memiliki banyak pepohonan pinus yang pengunjung bisa jumpai, selain itu kebanyakan wisatawan yang datang juga mengunjungi goa peninggalan pasukan Jepang ini.

31. Omah Kayu

Tempat wisata Batu yang wajib untuk dikunjungi adalah Omah Kayu. Tempat ini juga sebagai salah satu temoat yang digunakan untuk menginap. Omah kayu merupakan bangunan yang unik dan menarik karena terbuat dari kayu yang berdiri di atas pohon pinus. Tempat ini juga tidak jauh dari beberapa tempat wisata di Batu, sehingga sangat mudah untuk diakses oleh pengunjung. 

32. Paralayang Batu

Tempat wisata Batu berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Paralayang Batu. Tempat ini merupakan salah satu wisata Batu yang cukup populer dengan keindahan alam yang tidak bisa diragukan lagi. Pengunjung yang ingin mencoba wahana menegangkan juga memicu adrenalin, maka tempat ini sangat cocok. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan alam Batu Malang dari ketinggian.

33. Pasar Parkiran Batu

Salah satu Tempat wisata Batu yang bisa pengunjung temui adalah Pasar Parkiran. Tempat ini terletak di pintu masuk Jatim Park 1, dengan berbagai sajian kuliner kaki lima. Tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan hiburan malam murah meriah. Tempat dilengkapi dengan semarak lampion cantik juga lampu warna-warni. Terdapat  kontainer bekas yang digunakan sebagai taman baca gratis, rumah kaca, dan wahana 3D art. 

34. Predator Fun Park 

Tempat wisata Batu selanjutnya adalah Predator Fun Park yang bermaskot buaya unyu. Tempat wisata ini adalah taman hiburan dengan nuansa reptil. Tempat ini terletak di Jalan Raya Tlekung 315, Kecamatan Junrejo, Batu. Selain berfungsi sebagai taman hiburan, wisata ini juga tersedia berbagai jenis wisata edukatif yang menarik untuk anak-anak, diantaranya galeri buaya, croco train, waterboom, outbond, family fun house, hingga saung angklung.

35. Wisata Payung 

Tempat wisata Batu yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Puncak Payung. Tempat wisata yang berada di tepi jurang dengan jalan yang berkelok ini, merupakan warung dengan berbagai sajian kuliner khas Kota Batu Malang. Tempat ini berlokasi di perbatasan Kelurahan Songgokerto dan Kecamatan Pujon, Malang dengan berbagai makanan sederhana yang biasanya ditawarkan, yaitu jagung bakar, mi instan, atau bakso. Tempat ini juga memiliki pemandangan hutan yang sejuk juga asri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.