Sukses

7 Cara Memakai Rok Lilit yang Mudah, Menunjang Penampilan di Acara Resmi

Liputan6.com, Jakarta Melansir dari laman outfit trends, rok pembungkus atau rok lilit pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1960-an ketika menjadi populer di kalangan wanita. Namun tren ini mulai berlanjut hingga awal 1970-an. Cara memakai rok lilit kebanyakan hanya sebatas mata kaki atau lebih panjang. Namun sekarang, rok lilit hadir dengan berbagai bentuk, gaya, serta panjang yang berbeda. 

Cara memakai rok lilit juga mudah dan sederhana, sehingga bisa pakai sendiri di rumah. Rok lilit dikenakan di pinggang serta diikat melalui ikat pinggang. Selain itu, rok lilit juga nyaman digunakan. Rok lilit juga hadir dengan berbagai bahan, mulai dari katun, denim dan masih banyak lagi. Selain nyaman, rok lilit juga terlihat menarik dan elegan ketika digunakan dalam berbagai acara.

Cara memakai rok lilit yang mudah, membuat Anda bisa tampil dengan percaya diri. Namun sebagian besar pemula akan merasa cara ini terlihat sulit untuk dilakukan. Akan tetapi dengan mengikuti langkah-langkah cara memposisikan rok dan mengikat dengan benar, maka kamu akan tampil dengan menawan juga percaya diri. 

Berikut ini cara memakai rok lilit yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Memakai Rok Lilit

1. Cara Memakai Rok Lilit Kancing

Adapun cara memakai rok lilit yang mudah juga sederhana untuk dilakukan. 

- Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan rok lilit, kemudian  bentangkan ke bagian pinggang hingga menutupi kaki.

- Jika rok lilit yang dipakai menggunakan kancing, maka pastikan lubang kancing berada di bagian kanan pinggang.

- Langkah selanjutnya, masukkan kancing ke dalam lubangnya kemudian rapikan dibagian pinggang.

- Tarik lubang kancing yang lain, lalu masukan kancing ke dalamnya dan rapikan bagian depan rok lilit.

- Rok lilit dengan model kancing siap untuk dipadukan dengan atasan yang cantik.

2. Cara Memakai Rok Lilit Bali

Selain model rok lilit dengan kancing, ada cara lain untuk memakai rok lilit dengan model Bali. Langkahnya juga mudah dan sederhana, membuat Anda tampil cantik dan elegan khas perempuan bali. 

- Langkah awal yang harus dilakukan adalah siapkan kain lilit yang telah disetrika dengan rapi, kemudian letakkan kain lilit tepat di area tengah pinggang.

- Langkah berikutnya, pastikan posisi kain untuk dibalut ke arah tengah.Selanjutnya, ambil bagian kiri dan kanan kain kemudian diukur agar sama panjangnya.

- Lalu ikat kain di bagian depan pinggang, kemudian letakkan ke belakang pinggang hingga kencang.

- Rapikan bagian depan rok agar terlihat elegan dan nyaman, sehingga Anda bisa tampil dengan rok lilit ala wanita Bali.

3 dari 4 halaman

Cara Memakai Rok Lilit

3. Cara Memakai Rok Lilit Gelombang

Selain cara memakai rok lilit ala Bali, kamu juga bisa membuat rok lilit dengan kreasi sendiri agar tampil percaya diri. Cara ini juga mudah untuk dilakukan baik itu untuk pemula ataupun yang sudah lama menggunakan rok lilit. 

- Langkah pertama yang harus dilakukan, tentu dengan menyiapkan rok lilit yang akan Anda gunakan.

- Selanjutnya, setelah rok lilit dipastikan rapi maka bentangkan kain ke bagian pinggang hingga menutupi area kaki.

- Berikutnya, Anda bisa mengikat bagian ujung kain yang terdapat di belakang pinggang, lalu biarkan ujung lainnya tergerai ke depan tubuh.

- Langkah selanjutnya, Anda bisa mengambil ujung kain yang terletak di depan, kemudian masukkan ke arah belakang melalui sela di antara kedua kaki.

- Langkah yang terakhir untuk dilakukan, tarik hingga ke pinggang lalu ikat kedua ujungnya, kemudian rapikan dan rok lilit model gelombang siap dipadukan dengan atasan yang menarik. 

4. Cara Memakai Rok Lilit Tanpa Ring

Terdapat cara memakai rok lilit tanpa hiasan ring, cukup sederhana untuk dilakukan.

- Siapkan kain lilit yang telah disetrika rapi, bentangkan pada tubuh bagian pinggang hingga kaki bawah, kemudian lilitkan pada pinggang.

- Langkah selanjutnya, buat lilitan rok agar nyaman dan benar saat digunakan.Langkah selanjutnya, Anda bisa pelintir kain panjang di bagian depan sehingga bisa membentuk tali.

- Kemudian tarik tali yang telah digunakan, untuk mengelilingi pinggang dengan cantik.

- Setelah semuanya itu, sematkan juga sisa ikatan tali agar terlihat lebih terlihat elegan untuk menunjang penampilan.

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Rok Lilit

5. Cara Memakai Rok Lilit Kulot

- Langkah awal yang harus dilakukan adalah, siapkan kain lilit kemudian rentangkan.

- Setelah itu, jangan lupa untuk membentangkan kain dengan posisi melebar ke tubuh, dan pastikan agar bagian dalam kain menghadap ke tubuh dengan benar.

- Langkah berikutnya, letakkan kain yang lebar ke bagian pinggang, lalu ikat dengan kuat kedua ujungnya agar rapi.

- Tarik sisa kain yang tersisa pada bagian depan melalui sela kaki, kemudian ikatkan ke bagian depan.

- Langkah yang terakhir, rapikan rok lilit Anda, sehingga dapat menunjang penampilan sehari-hari.

6. Cara Memakai Rok Lilit dengan Ring

Terdapat banyak model rok lilit yang bisa dikreasikan, sehingga bisa menunjang penampilan. Langkah yang mudah dan sederhana, membuat rok lilit banyak digunakan untuk acara formal maupun non formal.  

- Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membentangkan kain secara memanjang lalu lilitkan pada bagian pinggang hingga kaki. 

- Pastikan agar kain lilit terpasang dengan benar yakni bagian dalam kain menghadap ke tubuh.

- Langkah selanjutnya, tarik ujung kain ke depan lalu masukkan ke dalam ring secara berlawanan.

- Selanjutnya, Anda bisa kencangkan kain yang telah melilit di tubuh, dengan menarik ujung kain yang terdapat di dalam ring.

- Jangan lupa untuk kencangkan kembali rok lilit dengan membuat ikatan antara ujung kain dalam ring dengan bagian lainnya. 

- Rapikan kain di bagian depan kain, lalu sisa kain lilitkan bisa ditarik ke belakang tubuh, dan rok lilit siap digunakan. 

7. Rok Lilit Sederhana

Melansir dari wikihow, cara memakai rok lilit juga bisa dilakukan secara sederhana dengan langkah di bawah ini.

- Pastikan rok lilit yang digunakan bersih dan ditekan, sebelum mulai mengikat rok, lalu pastikan juga rok bebas dari noda atau kerutan. 

- Buka seluruh rok, hingga menjadi sangat besar, lalu posisikan sehingga setiap sisi dengan pengikat dan lubang kancing berada di atas.

- Ambil setiap sudut atas di masing-masing tangan, lalu ambil sudut kiri atas di tangan kiri  dan sudut kanan atas di tangan kanan.

- Pegang rok di bagian belakang, kemudian posisikan diri sehingga bagian belakang sampul menghadap ke belakang Anda.

- Sejajarkan rok dengan pinggang atau pinggul hingga kaki, kemudian diikat dengan kuat.

- Langkah selanjutnya rapikan bagian depan, kemudian tambahkan atasan yang menarik untuk menunjang penampilan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.