Sukses

8 Wisata Bintan Berbasis Pantai dan Gurun, Liburan Jadi Lebih Seru

Bintan merupakan salah satu Kabupaten di Kepulauan Riau yang kaya akan tempat wisata, terutama pantai.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda bosan dengan suasana yang begitu-begitu saja dan butuh libur sejenak, maka Bintan adalah tempat utama yang harus dijelajahi. Bintan merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Kepulauan Riau. Bintan akan siap memanjakan diri Anda dengan berbagai tempat wisatanya. Pantai menjadi salah satu primadona wisata Bintan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pulau Bintan wajib dikunjungi juga karena dilansir dari fimela.com, pada tahun 2020, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)  memberikan sertifikat Indonesia Care atau IDoCare. Sertifikat tersebut berhasil diperoleh Pulau Bintan karena Pulau Bintan merupakan daerah wisata yang berhasil menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability).

Kemudian, Anda tidak perlu bingung tempat apa yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu karena liputan6 telah merangkumkan dari indonesia.travel (situs resmi Kemenparekraf RI) dan berbagai sumber  8 wisata Bintan berbasis pantai dan gurun yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih seru, pada Rabu (7/9/22) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Pantai dan Resor di Bintan

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora menjadi pantai yang paling populer dan paling panjang di Pulau Bintan. Sejauh 25 km mata Anda memandang akan dipenuhi pemadangan pasir putih yang sangat cantik. Tidak hanya hamparan pasir putih yang cantik, di sini Anda juga dapat menikmati perpaduan panorama dari batu-batu granit yang ukurannya tidak kecil, pohon-pohon, seperti pohon bakau, cemara, kelapa dsb.

Obyek wisata  Bintan yang satu ini dibagi menjadi empat kawasan. Bagian satu dan dua Pantai Triikora dapat dikunjungi masyarakat dengan bebas. Sedangkan sisa bagian pantai merupakan kawasan yang dikelola oleh pemilik resor dan hotel.

2. Pantai Impian

Pantai Impian juga menjadi pantai selanjutnya yang wajib dikunjungi. Pantai yang berhadapan dengan pusat Kepulauan Riau ini juga tidak kalah cantik dengan hamparan pasir putihnya. Selain Anda bebas bersantai di tepi pantai, di sini Anda juga dapat dengan mudah menemukan resor dan tempat makan.

3. Bintan Lagoon Resort

Jika Anda mencari penginapan yang menghadap langsung ke pantai dan bahkan tidak ada batas di antara keduanya, maka Bintan Lagoon Resort adalah pilihan yang tepat. Penginapan yang berada di sebelah utara pulau ini memiliki luas sekitar 23.000 hektar di sepanjang garis pantai yang menghadap Kaut Cina Selatan. Beragam fasilitas yang terdapat di tempat dengan 10 resor dan empat lapangan golf ini siap membuat liburan Anda menjadi lebih bermakna.

4. Pantai Senggiling

Bagi Anda yang menyukai tantangan, maka berkujung ke tempat wisata Bintan yang satu ini adalah rekomendasi yang patut dicoba. Pantai Senggiling terbilang masih kurang terkenal dan jarang dikunjungi daripada Pantai Impian dan Pantai Trikora karena salah satunya akses masuk yang tidak mudah. Anda yang ingin mencoba tantangan berkunjung ini dijamin tidak akan kecewa karena apa yang akan diberikan oleh Pantai Senggiling, seperti pasir putih yang menawan dan bebatuan yang menambah keindahan.

5. Pulau Beralas Pasir

Pulau yang sangat pas jika dikunjungi ketika airnya surut ini dapat dicapai dengan perjalanan dari Pos Pulau Pasir Putih menggunakan perahu boat dengan biaya perjalanan pulang pergi sebesar Rp 150.000. Seperti namanya, memang pulau ini dipenuhi pantai berpasir. Jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu di obyek wisata Bintan ini, maka anda dapat menyewa penginapan cottage yang tersedia dan diperbolehkan jika Anda ingin mendirikan tenda sendiri. Pengalaman menakjubkan akan dijamin Anda dapatkan jika menghabiskan waktu di pulau kecil ini. Karena merupakan pulau yang tidak dihuni, maka sangat disarankan bagi wisatawan untuk membawa  makanan, minum dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

6. Lagoi Bay

Tempat wisata  Bintan yang banyak resornya ini merupakan tempat sempurna bagi Anda yang pergi liburan bersama keluarga. Selain pantai, wisatawan dapat menikmati wisata hutan bakau, taman-taman dan kolam renang besar. Kemewahan dan kenyaman adalah dua kata yang sangat cocok mendeskripsikan Lagoi Bay. Banyaknya fasilitas yang disediakan tentu akan membuat liburan Anda semakin bermakna.

3 dari 3 halaman

Wisata Gurun di Bintan

7. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung dahulunya adalah situs pertambangan yang tinggalkan. Sekarang situs tersebut berubah menjadi tempat wisata Bintan yang akan membawa perasaan wisatawan seolah-olah berada di tanah Arab. Menghadap langsung ke oasis biru, Telaga Biru, tempat wisata ini akan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghasilkan foto dengan pemandangan luar biasa. Letak tempat wisata Bintan yang satu ini hanya 50 km dari Tanjun Pinang dan dapat ditempuh dengan 15 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Tanjung Uban.

8. Telaga Biru

Sama-sama ditinggalkan seperti Gurun Pasir Busung, Telaga Biru juga merupakan obyek wisata bintan yang awalnya adalah pertambangan yang ditinggalkan. Semakin lama, akhirnya air memenuhi danau dan membentuk sebuah oasis cantik di tengah Gurun Pasir Busung. Meskipun tempatnya masih cukup tersembunyi dan masih sedikit orang yang menjual makanan serta souvenir, tidak akan membuat kunjungan Anda sia-sia. Semua usaha Anda akan terbayar tuntas dengan pemandangan yang sangat indah. Tiket masuk ke sini juga terbilang ramah di kantong, yaitu sebesar Rp 10.000.

Daftar panjang berbagai tempat wisata Bintan ini dijamin akan membuat Anda tidak sabar untuk berkunjung ke pulau Bintan. Pulau dengan sejuta pesona ini tidak akan mengecewakan siapapun yang datang.

 

Reporter Magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini