Sukses

Hernia adalah Penyakit Menonjolnya Jaringan ke Permukaan Tubuh, Kenali Jenis-jenisnya

Hernia adalah penyakit yang disebut juga dengan turun berok.

Liputan6.com, Jakarta Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika lapisan otot perut mengalami pelemahan. Pelemahan ini mengakibatkan otot atau lemak dalam perut tersebut bisa jatuh dan membentuk tonjolan. Daerah pangkal paha merupakan lokasi yang paling sering menjadi tempat terjadinya penyakit hernia ini.

Hernia adalah masalah kesehatan yang jarang disadari oleh penderitanya. Hal ini karena hernia kerap kali tidak menimbulkan gejala. Namun, terkadang ada beberapa gejala yang bisa dikenali seperti benjolan di perut atau lipat paha.  

Hernia adalah penyakit yang disebut juga dengan turun berok. Hernia kebanyakan dialami oleh laki-laki, terutama anak-anak. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya tekanan, lubang, atau kelemahan pada otot.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022) tentang hernia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hernia adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hernia adalah menonjolnya suatu alat tubuh atau jaringan ke permukaan tubuh atau ke rongga lain melalui lubang atau saluran abnormal. Hernia adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Penyebab Hernia

Secara umum, penyebab hernia adalah kombinasi antara otot yang lemah dan tegang. Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika organ dalam atau bagian tubuh menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasanya menahannya.

Hernia adalah penyakit yang sering muncul di rongga perut dan di daerah selangkangan. Penyakit hernia biasanya bersifat bawaan lahir atau berkembang pada anak dengan kelemahan pada dinding perut.

Gejala Hernia

Beberapa kasus hernia tidak menimbulkan gejala apapun. Mungkin ada tonjolan di selangkangan, terutama ketika sedang berdiri, batuk, atau tegang. Namun beberapa gejala yang jelas pada hernia adalah sebagai berikut:

- Adanya tonjolan di pangkal paha

- Rasa terbakar dan nyeri di sekitar tonjolan

- Rasa tak nyaman di pangkal paha saat membungkuk atau mengangkat

- Adanya sensasi berat atau menyeret di pangkal paha

3 dari 5 halaman

Jenis Hernia

Kamu juga bisa mengenali penyebab hernia dari jenisnya. Jenis hernia adalah sebagai berikut:

Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis adalah jenis hernia yang paling umum. Penyebab hernia inguinalis adalah ketika usus mendorong melalui titik lemah atau robekan di dinding perut bagian bawah, sering kali di kanal inguinalis. Kanal inguinalis ditemukan di selangkangan.

Pada pria, ini adalah area di mana sebuah utas menahan testis. Pada wanita, saluran inguinalis mengandung ligamen yang membantu menahan rahim di tempatnya. Hernia ini lebih sering terjadi pada pria karena testis turun melalui kanalis inguinalis setelah lahir. Kanal itu seharusnya menutup hampir seluruhnya di belakang mereka. Terkadang kanal tidak menutup dengan benar, sehingga meninggalkan area yang melemah.

Penyebab hernia inguinalis mungkin terjadi sebagai akibat dari peningkatan tekanan di dalam perut, mengejan terlalu kuat, aktivitas berat kehamilan, atau batuk dan bersin kronis. Mereka yang memiliki risiko lebih tinggi terkena hernia inguinalis termasuk orang tua, orang dengan kerabat dekat yang menderita hernia inguinalis, laki-laki, orang yang pernah mengalami hernia inguinalis sebelumnya, perokok, orang dengan sembelit kronis, atau lahir prematur dan berat lahir rendah.

Hernia Hiatal

Hernia hiatal terjadi ketika bagian perut menonjol melalui diafragma ke dalam rongga dada. Diafragma adalah selembar otot yang memisahkan organ di perut yang ada di dada. Diafragma membantu tubuh bernapas dengan berkontraksi dan menarik udara ke dalam paru-paru. Hernia hiatal kecil biasanya tidak menimbulkan masalah. Tetapi hernia hiatal yang besar dapat menyebabkan asam lambung naik.

Jenis hernia ini paling sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. Jika seorang anak mengidap kondisi tersebut, biasanya disebabkan oleh cacat lahir bawaan. Penyebab hernia hiatal juga bisa dipicu plek tekanan yang terus-menerus dan intens pada otot di sekitarnya, seperti saat batuk, muntah, mengejan saat buang air besar, berolahraga atau mengangkat benda berat.

4 dari 5 halaman

Jenis Hernia

Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis dapat terjadi pada anak-anak dan bayi. Hernia umbilikalis paling sering terjadi pada bayi dengan berat badan lahir rendah dan bayi prematur. Ini terjadi ketika usus membengkak melalui dinding perut di dekat pusar. Hernia ini ditandai dengan tonjolan di dalam atau di dekat pusar anak, terutama saat mereka menangis.

Hernia umbilikalis adalah satu-satunya jenis hernia yang sering hilang dengan sendirinya saat otot dinding perut semakin kuat, biasanya pada saat anak berusia 1 atau 2 tahun. Jika hernia belum hilang pada usia 5 tahun, pembedahan diperlukan untuk memperbaikinya. Orang dewasa juga bisa mengalami hernia umbilikalis. Hal ini dapat terjadi dari ketegangan berulang pada perut karena hal-hal seperti obesitas, kehamilan, atau cairan di perut.

Hernia Ventral

Hernia ventral terjadi ketika jaringan membengkak melalui lubang di otot perut. Hernia ini sering muncul di perut dan selangkangan. Hernia femoralis disebabkan oleh melemahnya otot yang mungkin telah ada sejak lahir, atau terkait dengan penuaan dan ketegangan berulang pada area perut dan selangkangan.

Faktor umum dalam penyebab hernia ventral termasuk hal-hal seperti obesitas, aktivitas berat, dan kehamilan. Hernia ventral juga dapat terjadi di lokasi sayatan bedah yang disebut hernia insisional.

Hernia Insisional

Hernia insisional adalah jenis hernia yang disebabkan oleh bekas pembedahan. Riwayat operasi perut dapat menyebabkan hernia insisional melalui bekas luka. Penyebab hernia ini adalah adanya jaringan menonjol melalui lokasi bekas luka perut dari operasi perut atau panggul jarak jauh.

Karena hernia insisional adalah disebabkan dari pembedahan, faktor risiko paling jelas adalah prosedur pembedahan di perut. Seseorang bisa rentan mengalami hernia ini pada 3-6 bulan setelah prosedur. Ini terutama jika mereka terlibat dalam aktivitas berat, kelebihan berat badan dan hamil.

5 dari 5 halaman

Pengobatan Hernia

Pengobatan hernia adalah dengan melakukan operasi. Namun, tidak semua kasus penyakit hernia harus dioperasi. Operasi dianjurkan jika hernia menimbulkan gejala yang mengganggu atau semakin membesarnya benjolan. Operasi umumnya dilakukan oleh dokter bedah umum atau bedah digestif.

Angka kesuksesan operasi hernia mencapai lebih dari 95%, khususnya bila menggunakan teknik laparoskopi. Namun, tetap ada kemungkinan hernia kambuh kembali. Jadi, sebelum memutuskan untuk operasi, diskusikan terlebih dulu dengan dokter segala manfaat dan risiko yang menyertainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.