Sukses

Herbivora adalah Hewan Pemakan Tumbuhan, Kenali Bedanya dengan Karnivora dan Omnivora

Herbivora adalah pemakan tumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Herbivora adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, terutama anak sekolah. Kamu akan mempelajari tentang herbivora ini dalam pelajaran biologi. Herbivora merujuk pada hewan pemakan tumbuhan.

Selain herbivora, kamu juga perlu memahami istilah lainnya seperti karnivora dan omnivora. Karnivora merujuk pada hewan pemakan daging. Sementara, omnivora adlaah hewan pemakan tumbuhan dan daging.

Herbivora adalah pemakan tumbuhan. Dalam zoologi, herbivor adalah hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan daging. Contoh hewan herbivora di antaranya yaitu sapi, kelinci, rusa, belalang, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Rabu (7/9/2022) tentang herbivora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Herbivora adalah

Herbivora adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin herba dan vora. Herba artinya tumbuh-tumbuhan atau dedaunan, dan vora atau vorare artinya untuk dimakan atau dilahap. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), herbivor atau herbivora adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Dalam praktiknya, banyak herbivora memakan telur dan kadang-kadang memakan protein hewan lainnya. Singkatnya, herbivora adalah organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tumbuhan (Pemakan Tumbuhan).

Pada umumnya, hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora adalah hewan yang hidup di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan, dan juga persawahan. Selain itu, hewan herbivora juga hidup dengan cara berkelompok dengan sesama jenisnya, sebagian juga berkeluarga seperti gajah dengan anak anaknya.

Hewan herbivora adalah hewan yang sebagian besar jinak, jadi hewan herbivora ini kebanyakan menjadi mangsa oleh hewan karnivora. Selain itu, hewan herbivora juga biasa dijadikan hewan buruan oleh manusia karena dagingnya yang enak dan dan baik dikonsumsi oleh manusia.

Herbivora adalah hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan daging. Manusia tidak termasuk herbivora atau pemakan tumbuhan saja. Akan tetapi, orang yang memilih untuk tidak memakan daging disebut vegetarian.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Herbivora

Mengutip sumber.belajar.kemdikbud.go.id, ciri-ciri hewan herbivora adalah sebagai berikut:

- Makanan utama hewan ini adalah rumput ataupun tumbuh tumbuhan seperti sayuran pun mereka mau memakannya.

- Berkembang biak secara vivipar atau beranak.

- Termasuk kedalam mamalia atau hewan menyusui

- Sebagian besar hewan herbivora hidup di darat

- Termasuk kedalam golongan hewan yang berdarah panas.

- Memiliki gigi geraham yang lebar

- Sebagian besar hewan herbivora memiliki 4 kaki.

- Termasuk hewan yang memiliki tulang belakang.

- Memiliki banyak manfaat bagi manusia.

- Kebanyakan adalah mangsa bagi hewan karnivora.

4 dari 5 halaman

Karnivora adalah

Karnivora adalah pemakan daging. Hewan yang masuk ke dalam golongan karnivora adalah hewan-hewan yang memangsa hewan lain. Contoh dari karnivora ialah kodok, laba-laba, ular, elang, dan juga kucing.

Karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utama yang disebut insektivor contonya bunglon dan laba-laba. Karnivora yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut piskivora. Contohnya penguin, anjing laut, dan lumba-lumba. Jadi, karnivora adalah organisme yang makan daging pemakan daging.

Ciri Ciri Hewan Karnivora

Karnivora memiliki karakteristik yang berbeda dari hewan herbivora. Karnivora memiliki taring dan cakar. Kedua hal ini sangat berguna untuk karnivora. Taring berfungsi untuk merobek daging dari mangsa mereka. Sementara itu, fungsi cakar adalah untuk mencengkeram mangsa karnivora ketika berburu. Contoh karnivora yaitu singa, harimau, buaya, dan hewan liar lainnya.

Ciri-ciri karnivora adalah sebagai berikut:

- Memiliki kuku atau cakar yang tajam

- Memiliki gigi taring yang berperan untuk merobek daging

- Memiliki kecepatan lari yang menarik supaya bisa mengejar serta memburu mangsanya

- Bila burung memiliki paruh yang tajam

- Memiliki racun atau dapat untuk melemahkan mangsa korbannya

5 dari 5 halaman

Omnivora adalah

Omnivora adalah pemakan segalanya, hewan omnivor juga dapat memakan tumbuhan dan juga daging. Sementara itu, yang masuk ke dalam kategori omnivora adalah beruang, orangutan, kera, siamang, dan juga manusia. Pada umumnya hewan omnivor biasanya mendominasi ekosistem terkecuali jika ekosistem sedang terganggu.

Manusia adalah organisme omnivor yang bisa beradaptasi dalam segala jenis kondisi lingkungan, dan utamanya karena akal pikirannya. Hewan Omnivora adalah hewan pemakan daging dan juga tumbuh tumbuhan.

Tidak seperti hewan herbivora yang punya gigi khusus untuk makan tumbuhan dan karnivora yang memiliki gigi yang dirancang khusus untuk makan daging, hewan omnivora memiliki gigi yang sesuai dengan konsumsi kedua tumbuhan dan hewan/daging.

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Setiap jenis hewan berdasarkan penggolongan makanannya, memiliki ciri-ciri yang sebagian besar berbeda dan sebagian lainnya sama. Ciri-ciri omnivora adalah sebagai berikut:

- Memakan tumbuh-tumbuhan dan daging.

- Mempunyai pencernaan yang kompleks

- Mempunyai gigi yang tajam pada bagian depannya

- Mempunyai gigi datar pada bagian belakang

- Sebagian besar bukan merupakan hewan mamalia dan sebagian yang lain adalah mamalia

- Sebagian besar berkembang biak secara bertelur dan sebagiannya beranak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.