Sukses

6 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Mengatasinya, Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Laptop merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Misalnya dapat membantu Anda untuk mengerjakan pekerjaan kantor, sekolah, bisnis dan masih banyak lagi. Namun apa yang akan Anda lakukan jika terjadi situasi yang sangat penting, tetapi layar laptop Anda tiba-tiba muncul garis horizontal atau vertikal yang terlihat seperti monitor rusak?

Ketika berada dalam situasi seperti ini jangan panik, namun kenali dulu apa yang menjadi penyebab layar laptop bergaris serta cara untuk mengatasinya. Laptop juga diibaratkan seperti komputer bergerak yang bisa dipindahkan dengan mudah, serta relatif ringan. Monitor yang terdapat pada laptop sama seperti komponen lain dalam sistem komputer.

Ketika laptop yang digunakan muncul garis secara vertikal dan horizontal, maka Anda perlu mengetahui penyebab layar laptop bergaris. Kondisi ini mungkin terjadi karena input yang diberikan oleh sistem, pengaturan layar yang digunakan, atau karena kerusakan pada monitor itu sendiri.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, hal ini biasanya terjadi karena kerusakan monitor. Namun tidak jarang hal ini juga disebabkan oleh masalah software terutama driver grafis atau pengaturan layar. Oleh sebab itu, kenali penyebab layar laptop bergaris yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna, juga cara tepat untuk mengatasinya. 

Berikut ini penyebab layar laptop bergaris yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penyebab Layar Laptop Bergaris

1. Garis layar karena kesalahan kabel

Melansir dari tipsmake, salah satu penyebab layar laptop bergaris yang terjadi adalah kesalahan pada kabel. Kondisi error seperti ini memiliki kemungkinan ketika Anda bergerak, kabel terpengaruh, rusak karena jatuh atau menabrak suatu tempat. Untuk layar laptop bergaris yang disebabkan oleh kabel, maka Anda perlu untuk mengganti kabel baru atau kabel yang mampu beroperasi dengan stabil. 

2. Pemasangan LCD yang salah

LCD atau panel layar laptop yang dipasang dengan tidak rapat, dapat menjadi salah satu penyebab layar laptop bergaris. Pemasangan layar yang tidak dilakukan secara presisi menjadi penyebab, karen neon pada LCD akan menjadi tidak merata sehingga pada beberapa bagian tak bisa tampil secara maksimal. Faktor yang biasanya terjadi karena  penggunaan, juga dapat mempengaruhi atau memang laptop pernah terjatuh sebelumnya.

3. Konflik perangkat lunak

Penyebab layar laptop bergaris juga bisa terjadi karena kesalahan pada driver perangkat lunak. Untuk memeriksa apakah kesalahan garis layar disebabkan oleh konflik perangkat lunak atau driver, maka menyalakan ulang komputer, lalu memasuki layar DOS (layar hitam saat boot) dan garis-garis vertikal muncul. atau garis horizontal (seperti yang ditunjukkan di bawah), kesalahan ini tidak disebabkan oleh konflik perangkat lunak, driver. Namun saat memasuki layar utama, itu bergaris-garis, maka kesalahan garis-garis layar itu disebabkan oleh konflik perangkat lunak, driver. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya dengan menginstal Driver Kartu Video atau bahkan menginstal ulang Windows. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Layar Laptop Bergaris

4. Kesalahan VGA

Penyebab layar laptop bergaris juga bisa terjadi karena kesalahan VGA. Kartu grafis atau VGA yang dilengkapi dengan komputer ini, biasanya digunakan untuk memproses gambar seperti warna, resolusi, kontras, serta jumlah gambar yang ditampilkan di layar. Kesalahan VGA merupakan penyebab umum laptop lama yang hanya menggunakan driver yang bisa dilepas serta tidak terpasang. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membawa mesin ke pusat garansi yang memiliki reputasi baik untuk diperiksa dan diperbaiki dengan benar.

5. Kegagalan layar

Untuk memastikan kesalahan screen streaking disebabkan oleh layar atau tidak, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengeceknya dengan melihat 1 gambar di 2 komputer yang berbeda. Jika gambar yang ditampilkan pada perangkat Anda bergaris tetapi perangkat lain tidak bergaris, maka dapat dipastikan bahwa monitor Anda rusak. Ketika terjadi kesalahan stripe dari layar, cara terbaik yang bisa ditemukan adalah dengan mengganti layar baru tergantung dengan jenis layar laptop. 

6. Kegagalan perangkat keras

Penyebab layar laptop bergaris yang dilansir dari tipsmake.com, biasanya terjadi karena kesalahan yang terdapat pada perangkat keras. Garis-garis tampilan terkait perangkat keras juga merupakan kesalahan umum, yang memiliki kemungkinan layar laptop atau  komputer mengalami kegagalan perangkat keras yang memengaruhi visibilitasnya. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membawa laptop ke pusat garansi untuk diperbaiki. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Penyebab layar laptop bergaris adalah masalah yang bisa diatasi. Berikut langkah - langkah yang bisa Anda lakukan saat layar laptop bergaris:

- Hidupkan kembali komputer, kemudian melakukan restart secara cepat untuk dapat memperbaiki berbagai masalah teknologi dan dapat menghilangkan garis yang berkedip-kedip di layar Anda.

- Coba monitor lain jika memungkinkan, dengan cara ini dapat membantu Anda menentukan apakah garis-garis itu disebabkan oleh layar komputer Anda atau komputer itu sendiri.

- Periksa monitor saat terputus, dan tetap nyalakan monitor lalu cabut dari komputer Anda. setelah itu, cari kedipan di layarnya saat terputus. Jika Anda melihat segala jenis distorsi, hal ini berarti monitor Anda rusak.

- Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah, dengan menutup laptop setelah beberapa detik, dan buka kembali laptop Anda. Setelah itu lihat layar laptop, ketika garis-garis mulai muncul di layar pada sudut tertentu saat Anda membuka laptop, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kabel yang rusak.

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah: 

- Gunakan laptop Anda di permukaan yang keras.

- Instal pembaruan sistem operasi terbaru. 

- Periksa koneksi monitor. 

- Putuskan sambungan monitor.

- Lepaskan magnet dan elektronik. 

- Bersihkan komputer dan monitor Anda. 

- Ubah resolusi layar.

- Kalibrasi monitor Anda.

- Ubah kecepatan refresh monitor Anda. 

- Perbarui driver perangkat Anda, serta tingkatkan ke komputer atau layar baru. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.