Sukses

11 Tempat Wisata Kalimantan Tengah yang Masih Asri, Banyak Tempat Misterius

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Kalimantan Tengah yang indah dan masih asri.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah tampaknya belum banyak dilirik. Padahal, banyak tempat wisata Kalimantan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, di Kalimantan Tengah, anda bisa menikmati pesona alam hijau yang sangat indah. Apalagi di Kalimantan Tengah telah direncanakan akan menjadi ibu kota baru Negara Republik Indonesia.

Ada banyak tempat wisata Kalimantan Tengah yang bisa jadi pilihan menarik para pelancong, terlebih bagi Anda yang suka nuansa yang sangat asri dan alami. Mulai dari pantai, taman nasional, hingga perbukitan, semua dapat ditemukan di wisata Kalimantan Tengah.

Tidak hanya itu, banyak juga bangunan dengan nilai sejarah dan budaya, yang akan menambah wawasan mengenai provinsi yang satu ini.

Berikut adalah 15 tempat wisata Kalimantan Tengah yang patut Anda kunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Panati

1. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran berada di Desa Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur. Tempatnya yang jauh dari kota membuat tempat wisata Kalimantan Tengah ini menjadi opsi menarik bagi Anda yang ingin bersantai menikmati semilir angin dan melupakan rutinitas harian.

Pantai Ujung Pandaran berpasir putih, butiran-butiran pasirnya juga sangat halus, sehingga akan sangat nyaman untuk berjalan kaki di atasnya sambil bertelanjang kaki. Di sekitar pantai banyak ditemukan kayu-kayu besar yang berserakan. Kayu-kayu tersebut adalah kayu-kayu yang dibawa oleh ombak besar hingga bibir pantai.

Hal yang menarik dari Pantai Ujung Pandaran adalah, tempat wisata Kalimantan ini merupakan menikmati sunset yang ideal. Selain itu, setiap tahunnya diadakan ritual Simah Laut yang merupakan ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum mereka memulai pelayaran untuk mencari ikan.

Ritual ini diadakan setiap tanggal 10 bulan Syawal. Para nelayan tersebut akan bergotong royong membersihkan pantai sebelum acara ritual dimulai, kemudian berbagai sesaji akan dilarung ke tengah laut.

2. Pantai Kubu

Pantai Kubu terletak di Desa Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat. Pantai ini merupakan daerah nelayan. Tempat wisata Kalimantan Tengah ini juga menjadi opsi menarik bagi Anda yang ingin mengasingkan diri dan mencari ketenangan.

Pantai Kubu memiliki formasi pasir putih kecoklatan ini dengan air pantai yang berwarna sama. Warna ini disebabkan oleh pengaruh hutan gambut yang berada tak jauh dari pantai. Pasir pada pantai ini pun hamparannya landai.

3 dari 6 halaman

Perairan

3. Pantai Keluang

Pantai Keluang terletak di Desa Keluang, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Jika baru saja ke Pantai Kubu, Anda bisa langsung ke Pantai Keluang dengan menyebrangi laut menggunakan kelotok atau perahu nelayan setempat.

Namun jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa menyeberang dari Pantai Kubu ke Pantai Keluang dengan menggunakan speedboat.

Daya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putih yang indah. Di sini juga ada penangkaran penyu yang bisa Anda saksikan. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di Pantai Keluang.

4. Danau Tahai

Danau Tahai terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Di tmepat wisata Kalimantan Tengah ini, pengunjung bisa berjalan-jalan menelusuri jembatan yang mengelilingi kawasan danau sambil menikmati pemandangan yang indah.

Kawasan wisata Kalimantan Tengah ini juga menarik bagi para petualang. Di sana Anda bisa menyusuri kawasan hutan di dekat danau dengan trekking yang lumayan menantang karena di samping kanan dan kiri banyak ditumbuhi pohon-pohon yang masih alami dan terjaga kelestariannya.

Namun para pengunjung tidak perlu khawatir karena di dalam hutan tersebut telah dibuat trek dari kayu yang dapat dilalui oleh para wisatawan

4 dari 6 halaman

Sungai

5. Danau Biru Tewang Pajangan

Danau Biru Tewang Pajangan terletak di Desa Tewang Manyangen, Kec. Tewang Sangalang Garing, Kab. Katingan.

Daya tarik Danau Biru Tewang Pajangan terletak pada airnya yang biru, sehingga menjadikan kawasan ini nampak asri, teduh, serta damai. Semilir anginnya tidak hendak sempat menyudahi berhembus.

Selain menikmati pemandangan birunya air danau, pengunjung juga diperkenankan untuk berenang di tempat wisata Kalimantan Tengah ini. Namun perlu diperhatikan untuk tetap berhati-hati, karena kedalaman danau itu bisa mencapai 7-8 meter.

6. Sungai Sekonyer

Sungai Sekonyer merupakan salah satu sungai utama yang digunakan sebagai jalur wisata kapal-kapal klotok menuju Taman Nasional Tanjung Puting. Dengan kata lain, jika Anda pergi ke Sungai Sekonyer, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Taman nasional Tanjung Puting.

Banyak legenda misterius yang meliputi sungai ini. Dilansir dari Antara, nama sekonyer sendiri diambil dari nama kapal patroli Belanda yang melintasi sungai tersebut.

Sampai saat ini masih ada misteri yang menyelimuti Sungai Sekonyer. Konon, Kapal Sekonyer yang kerap berpatroli di Sungai Sekonyer dipeluk makhluk gaib. Jika pelukan makhluk itu longgar, maka akan tampak bangkai kapal di Sungai Sekonyer.

Terlepas dari itu, Sungai Sekonyer merupakan salah satu tempat wisata Kalimantan Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

5 dari 6 halaman

Cagar Budaya

7. Istana Kuning

Istana Kuning merupakan tempat wisata Kalimantan Tengah yang sarat akan sejarah. Istana Kuning merupakan salah satu peninggalan bersejarah Kerajaan Kutaringin di Kalimantan Tengah.

Tempat wisata Kalimantan Tengah ini menjadi bukti berdirinya sebuah kerajaan Islam dan satu-satunya kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Kalimantan Tengah.

8. Museum Balanga

Museum Balanga merupakan museum yang terletak di ibukota Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangka Raya. Selain sebagai tempat wisata Kalimantan Tengah, Muesum ini juga berperan untuk mengumpulkan dan mendokumentasi benda-benda budaya (artefaks) dan sumber daya alam, melakukan pengadaan dan mengkonversikan benda-benda budaya untuk dipamerkan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Dayak, tempat wisata Kalimantan Tengah ini menjadi opsi yang ideal.

6 dari 6 halaman

Bukit

9. Bukit Raya

Bukit Raya Terletak di  Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Kawasan sekitar Bukit Raya menjadi cagar alam, dan bersama-sama dengan Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat merupakan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Bagi yang punya hobi mendaki gunung, Bukit Raya bisa menjadi pilihan menarik. Namun sebelum mendaki, pendaki sebelumnya harus melakukan ritual adat yang disebut Ngukuih Hata. Ritual adat ini dimaksudkan untuk menguatkan semangat para pendaki agar selalu diberikan keselamatan serta kekuatan lahir dan bathin sepanjang pendakian hingga kembali.

10. Bukit Tangkiling

Bukit Tangklik terletak di Jalan Pariwisata RT 05/03 Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Daya Tarik wisata Taman Wisata Alam Tangkiling, yaitu ekosistem alam flora dan founa hutan tropis, perbukitan, tanaman herbal/depot obat, kolam buaya, beruang, depot anggrek, panjat tebing, jalan refleksi, tracking hutan, dan pohon yang dilindungi (tengkawang, ulin), dan lebah madu.

11. Taman Kumkum

Taman Kumkum berada di Jalan Wisata No.1, Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Taman Kumkum merupakan tempat wisata Kalimantan Tengah yang memadukan hiburan keluarga dan kuliner.

Daya tarik Taman Kumkum yaitu tersedianya menu makanan khas Kalimantan Tengah dan didukung dengan kondisi lokasi berada di pinggir Sungai Kahayan sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.