Sukses

17 Cara Menghilangkan Rasa Takut, Pahami Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki atau pernah mengalami rasa takut. Hampir tidak mungkin jika manusia tidak memiliki rasa takut. Rasa takut setiap orang berbeda, maka cara menghilangkan rasa takut setiap orang juga berbeda-beda.

Akan tetapi, banyak orang yang sampai kewalahan mencari cara menghilangkan rasa takut yang menyelimuti dirinya. Tidak sedikit kasus orang-orang yang tidak tahan dengan rasa takut yang terus menerus berakhir fatal, baik secara fisik maupun mental.

Sebelum lebih jauh, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan rasa takut. Dalam penelitian yang berjudul “ Playing With Fire : A Field Study in Recreational Horror” oleh Marc Malmdorf Andersen dkk disebutkan bahwa pada manusia, rasa takut mengacu pada perasaan tidak menyenangkan yang dimiliki seseorang secara sadar ketika berada di hadapan ancaman terhadap kesejahteraan, yang sering tetapi tidak selalu disertai dengan reaksi defensif perilaku dan fisiologis.

Menghilangkan rasa takut atau setidaknya menghadapinya adalah hal yang penting. Rasa takut juga bisa menghancurkan atau bahkan mengganggu rencana-rencana yang telah kita susun sedemikian rupa. Rasa takut bukan hadir tanpa sebab, baik yang tiba-tiba datang atau yang selalu datang, pasti terdapat alasan penyebab mengapa rasa takut tersebut hadir.

Cara menghilangkan rasa takut mungkin ada yang mudah dan ada yang dianggap sulit. Tidak ada cara yang lebih gagal dari pada tidak mencobanya sama sekali. Oleh karena itu, liputan6 telah merangkumkan 14 cara menghilangkan rasa takut dari Forbes dan berbagai sumber lainnya agar Anda dapat merealisasikan rencana tanpa terganggu rasa takut, pada Kamis (8/9/22).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Takut

1. Pahami Rasa Takut dan Dekaplah 

Ketakutan ada untuk membuat kita tetap aman. Hal tersebut tidak secara inheren buruk atau baik, tetapi  rasa takut merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik. Ketakutan pada dasarnya tidak disusun untuk membuat manusia tidak aktif, tetapi untuk membantu kita bertindak dengan cara yang mendapatkan hasil yang kita butuh dan inginkan.

Peluklah rasa takut sebagai perintah dan biarkan rasa takut memberi tahu tindakan apa yang harus Anda lakukan. Anda harus merasa nyaman dengannya, suka atau tidak suka. Ini adalah cara menghilangkan rasa takut yang utama dan paling penting. Kita mungkin bisa satu atau dua kali menghindari rasa takut, tetapi kita tidak bisa selalu mengabaikan rasa takut karena rasa takut adalah bagian dari manusia. Kita mungkin tidak akan bisa bebas dari rasa takut, tetapi kita bisa mengelolanya.  

2. Pikirkan dengan Bijak

Kita seringkali kagum dengan orang yang bisa bertindak dengan cepat. Akan tetapi, banyak usaha berhasil terancam gagal atau hancur hanya karena tergesa-gesa. Jadi, ketika rasa takut menyerang lebih baik pertimbangkan apakah langkah yang sesuai, menganalisis pilihan dan membuat pilihan yang bijaksana dan memikirkannya dengan matang daripada melompat ke apa yang tampaknya tepat di saat yang panas.

3. Sebutkan Rasa Takutnya

Terkadang dengan mengungkapkan apa yang Anda takuti akan memberikan kekuatan tersendiri bagi Anda. Katakan ketakutan Anda dengan lantang, tuliskan atau fokuskan pikiran pada ketakutan itu sendiri.  Rasa takut akan semakin tumbuh jika kita semakin mencoba mengabaikannya, sehingga rasa takut akan menyusut jika kita mau menghadapinya.

4. Berpikir Jangka Panjang

Memikirkan jangka panjang tidak akan memperbaiki masalah jangka pendek, tetapi dapat membantu Anda memikirkan cara yang lebih objektif dan dapat menghasilkan solusi yang lebih sesuai.

5. Mendidik Diri Sendiri

Jika ketakutan Anda disebabkan karena kekurangan informasi, maka caranya adalah dengan mendapatkan informasi atau pengetahuan yang Anda butuhkan untuk memeriksa dan membuktikan situasi yang ditakutkan berdasrakan fakta daripada spekulasi.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Takut

6. Memanfaatkan Tekanan dari Teman Sebaya

Apakah Anda pernah melakukan hal-hal, seperti terjun dari jembatan tinggi ke sungai hanya karena dihasut oleh teman-teman yang bersama Anda? Tekanan teman sebaya ternyata seperti rasa takut itu sendiri, bisa positif atau negatif tergantung bagaimana hal tersebut dipakai. Cari dan pilihlah lingkungan yang membuat diri Anda dikelilingi dengan teman-teman yang akan mendukung serta mendorong Anda mengatasi ketakutan yang menahan diri Anda dari apa yang diinginkan.

7. Visualisasikan Kesuksesan

Seorang atlet bisa membayangkan keberhasilan tidak hanya sekali, tetapi ribuan kali agar bisa merampungkan tugas fisik sebelum akhirnya benar-benar berhasil mencapainya. Pemetaan mental tersebut memastikan bahwa ketika tubuh ini bergerak, sangat mungkin akan mengikuti plot atau jalur yang sebelumnya telah ditentukan. Latihan yang sama akan mempersiapkan Anda untuk berhasil dalam apa pun yang ingin Anda capai.

8. Dapatkan Perasaan yang Seimbang

Sebenarnya seberapa besar masalah atau hal yang Anda takuti? Terkadang kita terlalu terjebak dalam suatu keberhasilan atau kegagalan sampai-sampai kita kita kehilangan rasa di mana itu cocok dengan semua hal lain yang dihargai. Tanyakan pada diri sendiri apa hal terburuk yang bisa terjadi? Terkadang kenyataan itu memang tidak bagus dan tidak sesuai dengan yang diharapkan, tetapi seringkali Anda mungkin menemukan bahwa ketakutan itu sendiri lebih buruk daripada apa pun yang Anda takutkan terjadi.

9. Dapatkan Pertolongan

Sebagai manusia yang makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, cara menghilangkan rasa takut yang berikutnya adalah dengan tidak sungkan untuk meminta atau mendapatkan bantuan dari orang lain agar Anda dapat melewatinya. Anda tidak perlu takut sendiri, terkadang teman bahkan ketika mereka bukan ahli di bidang tersebut mereka akan tetap memberikan dukungan dalam hal lain yang dibutuhkan untuk menghadapi ketakutan Anda.

10. Mengikuti yang Lain

Misalnya ada orang lain yang mungkin pernah mengalami atau merasakan rasa takut yang sama, kemudian berhasil mengatasinya. Maka cara menghilangkan rasa takut yang sama yang Anda rasakan adalah dengan dengan mencari tahunya, mendapatkan informasi dan coba ikuti apa yang mereka lakukan atau katakan.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Takut

11. Memiliki Sikap Positif

Orang yang memiliki sikap positif berhasil karena mereka terus berusaha setelah orang lain menyerah.

12. Tidak Pantang Menyerah

Jika Anda takut untuk melakukan sesuatu lagi karena telah gagal ketika tidak berhasil terakhir kali melakukannya, maka cari tahu mengapa hal tersebut gagal serta coba sesuatu yang berbeda sebelum Anda berhenti benar-benar berhenti mencoba.

13. Fokus Pada Orang Lain Sebagai Motivasi

Terdapat beberapa hal yang tidak akan pernah kita lakukan untuk diri sendiri yang akan dilakukan dengan cepat dan tanpa rasa takut untuk orang lain. Jadi memiliki sosok idola atau role model sebagai motivasi kita untuk tetap maju atau melakukan suatu hal adalah salah satu cara menghilangkan rasa takut yang tidak kalah ampuhnya dengan cara-cara yang lain.

5 dari 5 halaman

Aktifitas Fisik untuk Menghilangkan Rasa Takut

14. Olahraga

Dilansir dari Mental Health Foundation of United Kingdom, dengan meningkatkan olahraga yang dilakukanakan menjadi salah satu cara menghilangkan rasa takut. Hal tersebut karena olahraga membutuhkan konsentrasi yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari rasa takut dan kecemasan.

15. Rileks

Mencari tahu dan mempelajari teknik relaksasi dapat membantu Anda dalam menghadapi perasaan takut secara mental dan fisik. Misalnya saja dengan menarik napas dalam-dalam. Cara menghilangkan rasa takut yang satu ini mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi ketika sedang merasa takut tidak jarang orang lupa melakukan hal sederhana yang berguna ini.

16. Hindari Minum Alkohol

Efek samping setelah meminum alkohol adalah dapat membuat Anda merasa lebih takut atau cemas.

17. Meningkatkan Spiritualitas

Masih dilansir dari Mental Health Foundation of United Kingdom, cara menghilangkan rasa takut yang satu ini akan membuat Anda merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Iman dapat menyediakan cara untuk percaya kepada apa yang tidak mungkin, bisa mungkin terjadi. Meningkatkan sisi spiritualitas juga akan akan membantu Anda untuk tetap berpikir dan bersikap positif dan bahkan melalui kegiatan kepercayaan ini, Anda sangat memungkinkan menemukan kelompok yang akan mendukung Anda secara positif. 

 

Reporter Magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.