Sukses

14 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Alami dan Tindakan Medis

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan bulu kaki, dapat berfungsi untuk memberikan perlindungan yang baik pada kaki dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya. Namun bagi sebagian orang, bulu kaki dapat mengganggu penampilan sehingga tampil tidak percaya diri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kiat-kiat tentang cara menghilangkan bulu kaki.

Cara menghilangkan bulu kaki, bisa dilakukan dengan berbagai metode. Baik itu secara alami, menggunakan obat - obatan dan krim, melakukan tindakan medis dan masih banyak lagi. Ketika seseorang yang mengalami kelainan atau karena genetika, akan sangat mungkin memiliki rambut tubuh yang muncul secara berlebihan. 

Cara menghilangkan bulu kaki meski sebagian akan terasa menyakitkan, namun demi menunjang penampilan apapun bisa di tempuh. Cara menghilangkan bulu kaki diantaranya adalah melakukan perawatan waxing, laser hair removal, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Cara menghilangkan bulu kaki yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kaki

1. Gunakan krim obat 

Cara menghilangkan bulu kaki, bisa menggunakan krim obat. Krim merupakan salah satu produk yang dapat menghilangkan rambut hanya dengan melarutkannya di permukaan kulit. Melansir dari laman wikihow, produk ini tersedia dalam bentuk kemasan lotion atau botol seperti sampo namun dengan harga yang relatif murah. Saat menggunakan obat krim untuk menghilangkan bulu kaki, pastikan bahan-bahan yang digunakan tidak sensitif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan setelah mandi. 

2. Bantalan penghilang bulu

Melansir dari sumber yang sama, cara menghilangkan bulu kaki, bisa menggunakan bantalan penghilang rambut, yang dapat bekerja seperti penyangga genggam kecil. Kamu bisa menggosok permukaan kasar pada kulit dengan gerakan pendek juga cepat serta tekanan sedang. Alat ini tidak sakit jika Anda bisa menggunakannya dengan benar, namun membutuhkan waktu agar semua bulu yang ada di kaki bisa menghilang. 

3. Threading

Terdapat cara menghilangkan bulu kaki dengan mudah, hanya dengan mengumpulkan rambut dalam lingkaran benang kapas, lalu memelintir benang, dan mencabutnya. Melalui teknik ini, kamu bisa membersihkan sejumlah rambut dengan cukup cepat. Kelebihan yang bisa ditemukan lewat cara ini adalah lebih sehat daripada waxing. 

4. Menggunakan pinset

Cara menghilangkan bulu kaki yang mudah juga alami adalah menggunakan pinset. Dengan sepasang pinset, sangat memungkinkan Anda untuk mengambil dan mencabut rambut yang tidak diinginkan satu per satu. Namun cara ini cukup menyakitkan untuk dilakukan serta prosesnya juga tergolong lama. Untuk sebagian orang yang menggunakan cara ini, bisa menyebabkan beberapa iritasi ringan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kaki

5. Waxing

Cara menghilangkan bulu kaki juga bisa dilakukan dengan waxing. Waxing merupakan salah satu cara yang telah dikenal secara luas ini. Dengan metode ini, membantu menghilangkan bulu yang membandel di area kaki, ketiak, wajah juga area lainnya. Salah satu kelebihan dari metode ini adalah dapat menghilangkan banyak rambut dengan relatif cepat. Meskipun dengan sensasi sakit yang timbul sesaat, namun hasil yang diperoleh juga sepadan. 

6. Menggunakan epilator 

Epilator merupakan salah satu perangkat yang berfungsi seperti pinset, namun secara otomatis, bisa mencabut rambut dengan satu set tangan mekanis. Metode menggunakan epilator hanya dapat menarik rambut tidak hanya di kulit sekitar, sehingga tidak terlalu menyakitkan bagi sebagian orang. Epilator merupakan alat serbaguna yang baik serta bekerja relatif lebih cepat. 

7. Terapi laser 

Cara menghilangkan bulu kaki juga bisa menggunakan terapi laser hair removal. Dengan salah satu prosedur kosmetik ini membantu untuk menghilangkan bulu kaki, hanya dengan sinar cahaya yang sangat terkonsentrasi, dalam menargetkan folikel rambut serta menghancurkannya. Salah satu kelebihan yang bisa diperoleh dengan metode ini adalah cepat, relatif dan tidak menyakitkan. 

8. Pertimbangkan elektrolisis

Dalam metode elektrolisis, probe kecil yang sangat tipis bisa digunakan untuk menghancurkan folikel rambut dengan frekuensi radio gelombang pendek. Cara menghilangkan bulu kaki ini, berfungsi secara permanen, dalam menghilangkan kerontokan rambut yang hampir permanen setelah beberapa kali perawatan, juga dapat menyebabkan rasa sakit dan kemerahan secara sementara. Namun terkadang juga bisa menyebabkan pertumbuhan kembali rambut kecil. 

9. Depilatory

Cara menghilangkan bulu kaki juga bisa menggunakan obat yang menghilangkan rambut dengan mudah diterapkan. Hanya dengan mengoles krim kemudian dibilas di kamar mandi. Krim ini diketahui dapat mengiritasi kulit karena bekerja untuk melarutkan rambut dan perlu untuk didiamkan sementara waktu sebelum dibilas. Namun perlu diketahui, jika kulit Anda sensitif, maka metode ini jangan dilakukan. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kaki

10. Elektrolisa

Cara Menghilangkan bulu kaki juga bisa menggunakan elektrolis yang memiliki  frekuensi radio gelombang pendek, serta dialirkan melalui jarum halus dan yang dapat ditempatkan langsung ke folikel rambut kamu. Gelombang radio ini bakalan menghancurkan folikel bulu di kaki sehingga akan mencegah pertumbuhan rambut baru. Namun dengan metode ini, cara menghilangkan bulu kaki  ini memiliki efek samping, baik itu rasa sakit  yang timbul dan kemerahan akibat iritasi kulit.

11. Sugaring

Cara menghilangkan bulu yang berasal dari Timur Tengah, meskipun tergolong tradisi kuno, namun dengan menggunakan resep sederhana yakni gula, jus lemon dan air untuk membuat pasta, bisa menghilangkan bulu kaki. Langkahnya juga mudah, dengan pasta yang dioleskan secara merata di kaki yang berbulu dengan arah yang sama seperti halnya melakukan waxing, namun tidak menimbulkan sensasi yang menyakitkan. 

12. Putih telur 

Cara menghilangkan bulu kaki juga bisa menggunakan putih telur. Sifat perekat yang dimiliki, mampu menghilangkan bulu kaki, selain komedo diwajah. Cukup dengan mencampurkan  1 butir putih telur dengan 1 sendok makan gula juga setengah sendok makan tepung jagung, kemudian oleskan secara merata di kaki sambil dipijat.

13. Pepaya

Tidak hanya putih telur, buah pepaya juga terbukti ampuh menghilangkan bulu kaki. langkah yang dilakukan cukup mudah, dengan mengambil buah pepaya secukupnya, kemudian dihancurkan dan tambahkan setengah sendok kunyit. Campurkan semua bahan hingga merata, kemudian oleskan pada kaki maka bulu kaki secara perlahan akan rontok. 

14. Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit manusia, salah satunya adalah menghilangkan bulu kaki secara alami. Cukup dengan empat sendok madu murni yang dicampur dengan perasan jeruk lemon, kemudian dioleskan pada bagian kaki yang memiliki bulu lebat, maka akan berfungsi secara efektif untuk menghilangkan bulu kaki. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.