Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Ini 6 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kabar mengenai meninggalnya Ratu Elizabeth II ini juga dikonfirmasi langsung melalui laman resmi milik Kerajaan Inggris. Dalam laman Twitter resmi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II diketahui meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022 petang waktu setempat.

Pemimpin kerajaan Inggris terlama ini diketahui meninggal dunia di Kastil Balmoral di Skotlandia. Kepergian Ratu Elizabeth II ini pun menjadi sorotan banyak masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, media sosial Twitter pun ramai akan cuitan mengenai meninggalnya Ratu Elizabeth II ini.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Ratu Elizabeth II, Jumat (9/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

1. Meninggal dunia di usia 96 tahun

Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) petang waktu setempat atau sekitar Jumat (9/9/2022) dini hari waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Ratu Elizabeth II diketahui meninggal dunia di usia 96 tahun saat tengah menjalani perawatan medis di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II memang diketahui memiliki kondisi kesehatan yang menurun usai terkena COVID-19. Pasalnya, Elizabeth sendiri juga dikenal sebagai salah satu Ratu yang memiliki kesehatan baik. Namun, hingga saat ini belum diketahui dengan pasti mengenai penyebab meninggalnya pemimpin terlama di Inggris tersebut. Ratu Elizabeth sendiri diketahui telah memimpin Inggris selama kurang lebih 70 tahun.

3 dari 7 halaman

2. Berada dalam pengawasan tim dokter istana

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, dokter istana yang melakukan pengawasan terhadap Ratu Elizabeth II ini menyebutkan kekhawatiran akan kondisi kesehatan sang Ratu. bahkan, tim dokter juga menyarankan jika Ratu Elizabeth II harus berada dalam pengawasan tim medis. Hal ini disampaikan dalam keterangan Istana Buckingham, Inggris.

"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi hari ini, para dokter mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata seorang dokter yang dilansir Liputan6.com dari BBC, Jumat (9/9/2022).

Meski begitu, pihak Istana juga turut menyebutkan jika sang Ratu tengah berada dalam kondisi yang nyaman di Balmoral, Skotlandia.

 

4 dari 7 halaman

3. Keluarga inti Kerajaan Inggris merapat ke Skotlandia

Meski menyatakan kondisi sang Ratu masih baik-baik saja, akan tetapi seluruh anggota inti kerajaan Inggris diminta untuk merapat ke Balmoral, Skotlandia dan mendampingi Ratu Elizabeth II.

Pangeran Charles diketahui langsung melakukan perjalanan ke Balmoral bersama istrinya, Duchess of Cornwall. The Duke of York serta Count dan Countess of Wessex, Putri Anne juga bergegas datang bertolak ke Skotlandia.

Pangeran William juga dikabarkan segera datang. Sementara itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle yang berada di Jerman juga menuju Skotlandia kata juru bisa pasangan tersebut. Akan tetapi, belakangan diketahui jika Pangeran Harry datang ke Balmoral seorang diri.

5 dari 7 halaman

4. Pernyataan pihak Istana Buckingham

Melalui akun Twitter @RoyalFamily, pada Kamis (8/9/2022) pihak kerajaan Inggris mengumumkan mengani meninggalnya Ratu Elizabeth II. dikabarkan jika sang Ratu meninggal dunia di Skotlandia. Tak hanya itu saja, pihak kerajaan Inggris juga menyampaikan jika Raja baru yaitu Charles dan Ratu Camilla akan tetap berada di Kastil Balmoral hingga esok.

"Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja (Charles) dan Ratu (Camilla) akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok." tulis akun Twitter @RoyalFamily, Jumat (9/9/2022).

6 dari 7 halaman

5. Karangan bunga memenuhi Istana Buckingham

Segera setelah pihak istana mengabarkan mengenai Ratu Elizabeth II meninggal dunia melalui media sosia, tak sedikit masyarakat yang bersedih. Bahkan, Istana Buckingham, di London, Inggris diketahui telah dipadati oleh ratusan orang yang memakai busana serba hitam.

Tak hanya itu saja, sejumlah turis yang berada di sekitar Istana Buckingham turut menangis saat mendengar kabar terbaru mengenai Ratu Elizabeth. Banyak pula para pelayat yang berkumpul di monumen Peringatan Ratu Victoria yang berada di luar istana Buckingham. Bahkan, puluhan karangan bunga juga telah terlihat ditinggalkan di luar istana. Puluhan taksi hitam juga diketahui berbaris dengan rapi di The Mall atau jalanan utama menuju Istana Buckingham. Hal ini dilakukan oleh para sopir taksi sebagai tanda penghormatan kepada sang Ratu.

7 dari 7 halaman

6. Pangeran Charles naik takhta

Bersamaan dengan kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles, Prince od Wales diketahui naik takhta sebagai Raja Charles. Sedangkan Camilla atau Duchess of Cornwall menjadi Permaisuri. Sedangkan, Pangeran William menjadi Prince of Wales dan diangkat sebagai Putra Mahkota.

Masa duka Britania Raya usai kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II ialah 12 bulan atau satu tahun. Sedangkan, pemakaman sang Ratu akan digelar di akhir minggu kedua setelah dimulainya masa duka tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.