Sukses

Interaksi adalah Kegiatan Sosialisasi, Simak Pengertian Menurut Para Ahli

Interaksi adalah wujud saling bertindak.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan interaksi adalah sama dengan melakukan kegiatan sosialisasi. Interaksi adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan lebih dari satu orang. Seperti antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok.

Dalam buku berjudul Sosiologi Pendidikan (2011) oleh Muhammad Rifa’i, mengutip dari Young, pengertian interaksi adalah suatu rangsangan atau reaksi antara kedua belah pihak individu.

Pengertian interaksi adalah sesuatu yang mewakili sebuah tindakan atau reaksi. Jika ditelisik secara bahasa, interaksi adalah wujud saling bertindak. Ketika melakukan interaksi, individu harus sudah memiliki tujuan yang jelas akan suatu tindakan yang akan dilakukannya.

Para ahli memaparkan pengertian interaksi adalah wujud dinamis dari hubungan-hubungan sosial. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang interaksi dan pengertian interaksi menurut para ahli, Jumat (9/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Interaksi adalah Bagian dari Kegiatan Sosialisasi

Memahami pengertian interaksi adalah sebuah hubungan antara individu satu dengan individu lainnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian interaksi adalah hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi, atau antarhubungan.

Pengertian interaksi adalah sama dengan kegiatan sosialisasi. Ini karena kegiatan sesuai pengertian interaksi adalah pasti dilakukan antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok.

Secara bahasa, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber pengertian interaksi adalah berasal dari bahasa Latin inter yang berarti "antara", dan ago yang berarti "melakukan" atau "bertindak" lalu setiap "tindakan antara" dianggap sebagai interaksi. Interaksi adalah wujud saling bertindak.

Dalam jurnal penelitian berjudul Peran Minat dan Interaksi Siswa Dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (2014) oleh Chatarina Febriyanti dan Seruni, mengutip dari Abu Achmadi dan Shuyadi, pengertian interaksi adalah gambaran atau deskriptif berasal dari dua arah yang dalam ikatan tujuan pendidikan dan saling mempengaruhi antara pihak tertentu.

Interaksi adalah kegiatan saling bersosialisasi yang berwujud dalam sebuah tindakan. Mereka yang melakukan interaksi adalah mereka yang saling memberikan tindakan satu dengan lainnya. Interaksi sama dengan hubungan antar individu.

Sebuah interaksi adalah harus melibatkan beberapa hal. Dalam elektronik modul berjudul Sosiologi Kelas X: Interaksi Sosial yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sebuah pengertian interaksi adalah harus memenuhi hal-hal berikut ini:

1. Kegiatan interaksia adalah harus melibatkan lebih dari satu orang.

2. Begitu pula kegiatan interaksi adalah harus terjadi komunikasi antara pelaku melalui kontak sosial.

3. Ketika melakukan interaksi adalah harus ada tujuan yang jelas.

4. Sebuah interaksi adalah harus ada dimensi waktu, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.

3 dari 3 halaman

Pengertian Interaksi Menurut Para Ahli

Adanya pengertian interakasi sebagaimana sudah dijelaskan, sebenarnya sama dengan pengertian interaksi sosial. Ini karena interaksi adalah sama dengan reaksi dalam sebuah lingkungan sosial.

Simak pengertian interaksi menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Interaksi Menurut Walgito

Pengertian interaksi adalah hubungan antara individu satu dengan individu lain. Dalam interaksi, individu satu dapat mempengaruhi individu lain atau sebaliknya. Ini pada akhirnya menghasilkan hubungan timbal balik.

2. Pengertian Interaksi Menurut Sarwono dan Meinarno

Pengertian interaksi adalah hubungan timbal balik saling memengaruhi antar individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok lain.

3. Pengertian Interaksi Menurut Gillin dan Gillin

Pengertian interaksi adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-perorangan, antara kelompokkelompok manusia maupun antara orang perorangtan dengan kelompok manusia.

4. Pengertian Interaksi Menurut Herbert Blumer

Pengertian interaksi adalah proses yang ada pada saat manusia bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi manusia.

5. Pengertian Interaksi Menurut Basrowi

Pengertian interaksi adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Bentuknya tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya.

6. Pengertian Interaksi Menurut Partowisastro

Pengertian interaksi adalah relasi sosial yang berfungsi menjalin berbagai jenis relasi sosial yang dinamis, baik relasi itu berbentuk antar individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok.

7. Pengertian Interaksi Menurut Soekanto

Pengertian interaksi adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

8. Pengertian Interaksi Menurut Gerungan

Pengertian interaksi adalah proses individu satu dapat menyesuaikan diri secara autoplastis kepada individu yang lain, dimana dirinya dipengaruhi oleh diri yang lain. Individu yang satu dapat juga menyesuaikan diri secara aloplastis dengan individu lain, dimana individu yang lain itulah yang dipengaruhi oleh dirinya yang pertama.

9. Pengertian Interaksi Menurut Young

Pengertian interaksi adalah suatu rangsangan atau reaksi antara kedua belah pihak individu.

10. Pengertian Interaksi Menurut Abu Achmadi dan Shuyadi

Pengertian interaksi adalah gambaran atau deskriptif berasal dari dua arah yang dalam ikatan tujuan pendidikan dan saling mempengaruhi antara pihak tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.