Sukses

Internet Adalah Jaringan Komunikasi Masa Kini, Pahami Kelebihan dan Kerugiannya

Liputan6.com, Jakarta Internet adalah alat terpenting dan sumber daya yang digunakan oleh hampir setiap orang di seluruh dunia. Internet menghubungkan jutaan komputer, halaman web, situs web, dan server. Dengan menggunakan internet, kita dapat mengirim email, foto, video, pesan ke orang yang kita inginkan.

Atau dengan kata lain internet adalah jaringan komputer dan perangkat elektronik yang saling terhubung secara luas. Internet menciptakan media komunikasi untuk berbagi dan mendapatkan informasi secara online.

Jika perangkat anda terhubung ke Internet maka anda yang dapat mengakses semua aplikasi, situs web, aplikasi media sosial, dan banyak lagi layanan lainnya. Internet adalah media tercepat untuk mengirim dan menerima informasi saat ini.

Internet adalah bagian penting dalam berkomunikasi saat ini, untuk mengetahui dengan lebih baik tentang internet. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022). Tentang pengertian Internet, kegunaan, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Sejarah dan Pengaturan Internet

Sejarah Internet

Internet datang pada tahun 1960 dengan penciptaan model kerja pertama yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency). Model kerja ini memungkinkan banyak komputer untuk bekerja di satu jaringan yang merupakan pencapaian terbesar mereka saat itu.

ARPANET menggunakan packet switching untuk berkomunikasi beberapa sistem komputer di bawah satu jaringan. Pada bulan Oktober 1969, menggunakan ARPANET pesan pertama ditransfer dari satu komputer ke komputer lain. Setelah itu teknologi ini terus berkembang hingga menjadi internet yang kita kenal saat ini.

 

Pengaturan Internet

Internet diatur dengan bantuan kabel transmisi data serat optik fisik atau kabel tembaga dan berbagai media jaringan lainnya seperti LAN, WAN, MAN, dan lain sebagainya. Untuk mengakses Internet bahkan layanan 2g, 3g, dan 4g dan wifi memerlukan ini pengaturan kabel fisik untuk mengakses Internet.

Terdapat sebuat lembaga otoritas bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang berlokasi di AS, yang mana Lembaga ini mengelola Internet dan protokol yang terkait dengannya seperti alamat IP dan keamanan jaringan internet.

3 dari 6 halaman

Cara Kerja Internet

Cara Kerja Internet

Cara kerja internet terjadi antar klien dan server. Di sini klien adalah laptop yang terhubung langsung ke internet dan server adalah komputer yang terhubung secara tidak langsung ke Internet dan mereka memiliki semua situs web yang disimpan di komputer besar.

Server-server ini terhubung ke internet dengan bantuan ISP (Internet Service Provider) dan akan diidentifikasi dengan alamat IP. Setiap situs web memiliki nama Domainnya sendiri karena sulit bagi siapapun untuk selalu mengingat angka atau string yang panjang.

Jadi, setiap kali anda mencari nama domain apa pun di kolom pencarian browser, permintaan akan dikirim ke server dan server itu akan mencoba menemukan alamat IP dari nama Domain. Setelah mendapatkan alamat IP, server akan mencoba mencari alamat IP dari nama Domain di dalam jaringan dikenal sebagai server DNS (Domain Name Server).

Jadi setelah mendapatkan alamat IP, browser akan meneruskan permintaan selanjutnya ke server masing-masing dan server akan memproses permintaan untuk menampilkan konten situs web yang diinginkan klien.

Jika anda menggunakan media nirkabel Internet seperti 3g dan 4g atau data seluler lainnya maka data akan mulai mengalir dari kabel optik dan pertama-tama akan mencapai menara dari sana sinyal akan mencapai ponsel dan PC anda melalui gelombang elektromagnetik.

Dan jika anda menggunakan router maka koneksi serat optik ke router anda akan membantu menghubungkan sinyal yang diinduksi cahaya tersebut menjadi sinyal listrik dan dengan bantuan kabel ethernet internet mencapai komputer anda.

4 dari 6 halaman

Pengertian Alamat IP

Pengertian Alamat IP

Alamat IP adalah singkatan dari alamat protokol internet. Setiap perangkat memiliki alamat IP dan alamat IP tersebut disediakan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP). Alamat IP adalah beberapa set aturan yang mengatur aliran data setiap kali perangkat terhubung ke Internet.

Setiap laptop dan desktop memiliki alamat IP uniknya sendiri untuk identifikasi. Alamat IP adalah bagian penting dari teknologi internet. Alamat IP ditampilkan sebagai satu set empat digit seperti 192.154.3.29. Di sini setiap nomor pada set berkisar dari 0 hingga 255. Oleh karena itu, total alamat IP berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Anda dapat memeriksa alamat IP Laptop atau desktop anda dengan mengklik menu start windows -> lalu klik kanan dan pergi ke jaringan -> di itu pergi ke status dan kemudian Properties perangkat, dimana anda dapat melihat alamat IP perangkat anda.

5 dari 6 halaman

Kelebihan Internet

Kelebihan Internet

1. Akses Mudah ke Informasi – Informasi tentang apa saja dan semuanya tersedia secara online. Internet membuatnya nyaman untuk belajar tentang hal-hal baru kapan saja dan mendapatkan detail tentang berbagai mata pelajaran, terlepas dari waktu dan tempat

2. Platform Pendidikan Online – Dengan kemajuan teknologi, bahkan pelajar dan orang dewasa ingin mempelajari hal-hal baru dan mendapatkan pengetahuan di berbagai portal online menjadi lebih mudah diakses

3. Mempermudah Mencari Pekerjaan – Pengusaha dapat mencari karyawan di internet dan pencari kerja dapat melamar pekerjaan secara online menggunakan Internet

4. Platform untuk menjadi Pengusaha – Saat ini, ribuan orang telah memulai situs web mereka sendiri dan mendapatkan bisnis dan pelanggan yang baik dengan membuat situs web mereka sendiri dan menjual produk atau layanan. Ini telah dapat diakses karena konektivitas Internet

5. Representasi Visual dan Grafis – Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang cenderung lebih terlibat dengan representasi grafis dari berbagai hal. Internet telah membuat fasilitas ini juga nyaman bagi pengguna dan pencipta

6. Mengurangi parameter Jarak – Media sosial telah mengurangi jarak antar orang karena komunikasi menjadi lebih mudah karena koneksi internet 

6 dari 6 halaman

Kekurangan Internet

Kekurangan Internet

1. Ketergantungan – Ketergantungan orang untuk mencari sesuatu dan informasi secara online telah meningkat secara besar-besaran sejak diperkenalkannya Internet dan aksesnya yang mudah

2. Kejahatan Dunia Maya – Orang tidak hanya menggunakan internet untuk tujuan belajar, kejahatan dunia maya juga telah mencapai puncaknya karena ketersediaan sumber daya yang mudah.

3. Gangguan – Orang dapat dengan mudah menemukan game online, informasi menarik, dan lain sebagainya. Informasi online yang tidak baik dapat menjadi penyebab gangguan mental dan lain sebagainya.

4. Penindasan  – Platform online dapat digunakan untuk praktik tidak etis seperti menindas orang dengan mengolok-olok, membully dan menjebak pengguna lain, hingga pemerasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.