Sukses

32 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Protein

Liputan6.com, Jakarta Kangkung adalah sayuran berdaun hijau, yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kangkung  yang memiliki kandungan nutrisi dan protein tinggi ini, bisa diolah dengan berbagai cara, baik itu dengan mengukus, membuat jus dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat sayur kangkung juga mengandung asam amino yang bagus untuk memperbaiki otot dan tulang. 

Manfaat sayur kangkung bisa kamu peroleh saat mengonsumsinya, karena kangkung penuh dengan vitamin, A, K, C dan B6 semuanya dapat ditemukan dalam jumlah tinggi. Kangkung juga memiliki Mangan, Kalsium, Tembaga, Kalium dan Magnesium, sehingga baik untuk kesehatan. Namun konsumsi kangkung dalam jumlah yang wajar, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. 

Kangkung adalah makanan yang kaya akan nutrisi serta mengandung vitamin esensial yang baik untuk tubuh. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2018, menyimpulkan bahwa salah satu cara memasak yang baik adalah dengan mengukus untuk mengawetkan nutrisi sebanyak mungkin. Terdapat beberapa manfaat sayur kangkung yang baik untuk kesehatan, salah satunya mencegah kolesterol. 

Berikut ini manfaat sayur kangkung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Kangkung

1. Mengurangi gejala diabetes

Melansir dari laman womenshealthmag, kangkung telah terbukti dapat menurunkan kadar glukosa yang terdapat dalam tubuh. Kangkung yang dikonsumsi, membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat sayur kangkung juga bisa mengurangi tanda - tanda penuaan, karena tingkat antioksidan yang tinggi juga termasuk vit C dan beta-karoten yang terdapat dalam kangkung, sangat membantu proses penuaan dengan melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Melawan penyakit

Melansir dari sumber yang sama, manfaat  kangkung juga bermanfaat untuk melawan penyakit. Kandungan antioksidan kaempferol serta quercetin, akan sangat membantu mengurangi kemungkinan penyakit yang akan timbul.

4. Menurunkan risiko kanker usus besar

Dengan mengonsumsi sayur kangkung, maka manfaat yang akan kamu peroleh adalah risiko kanker usus yang menurun. Adapun manfaat kangkung ini, memiliki pengaruh besar  pada penyakit kanker usus besar. 

5. Meningkatkan pencernaan

Kangkung memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga dengan konsumsi sayur kangkung dapat membantu menjaga kesehatan usus, tetapi juga indole-3-carbinol juga akan bermanfaat saat kita mencerna kangkung.

6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat sayur kangkung berikutnya juga dapat melindungi kulit akibat sinar matahari. Dengan kadar vitamin C yang sangat tinggi, memiliki lebih banyak manfaat empat kali lipat dari bayam. Terdapat penelitian yang menunjukan tentang efek likopen dan lutein oral dari kangkung dapat melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya.

7. Menurunkan kolesterol

Melansir dari sumber yang sama, salah satu penelitian juga menemukan kangkung dapat meningkatkan baik (alias High-density lipoprotein atau HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (alias low-density lipoprotein atau LDL). Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi kangkung, maka manfaat baik bisa Anda peroleh.

8. Meningkatkan pembekuan darah

Manfaat sayur kangkung selanjutnya, membantu meningkatkan pembekuan darah. Kandungan Vitamin K yang memainkan peran besar dalam kemampuan tubuh, membantu membekukan darah secara meningkat, hanya dengan secangkir kangkung yang mengandung lebih dari enam kali RDA kita.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Kangkung

9. Kekuatan tulang

Manfaat lain dari vitamin K juga membantu tulung agar lebih kuat dan padat. Dengan kepadatan tulang, akan mengurangi risiko patah tulang yang dibantu oleh kadar kalsium yang tinggi. Manfaat kangkung juga bisa meningkatkan penyerapan kalsium dengan baik, dan mengurangi jumlah kalsium yang diekskresikan dalam urin. 

10. Melindungi mata

Degradasi penglihatan untuk mata kita, merupakan salah satu kondisi yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi beberapa nutrisi  seperti lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam kangkung, membantu memperpanjang fungsinya tanpa katarak atau makulopati. 

11. Penurunan berat badan

Manfaat sayur kangkung juga membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kangkung rendah lemak dan kalori, tetapi juga tinggi air sehingga membantu kita merasa crepat kenyang.

12. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Dengan mengonsumsi sayur kangkung, maka manfaat yang Anda dapat adalah risiko jantung dan stroke yang semakin berkurang. Hanya sedikit orang yang mendapatkan RDA potasium, akan tetapi  kangkung memiliki jumlah besar, sekitar 491mg dalam secangkir daun yang dimasak. Namun terdapat juga kalium yang cukup membantu menurunkan risiko kematian.

13. Memperbaiki kondisi rambut dan kulit

Manfaat kangkung juga sangat baik untuk kulit. Kangkung yang memiliki kandungan Vitamin A tinggi, dapat membantu untuk menjaga kelembapan rambut serta perbaikan pada kulit. 

14. Dapat mendukung kekebalan

Kangkung juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah mendukung kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan dua kali lipat kandungan selenium juga nutrisi seperti vitamin E dan beta-karoten, membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

 

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung Lainnya Untuk Kesehatan

Adapun manfaat kangkung yang bisa bermanfaat untuk kesehatan diantaranya: 

15. Dapat mengontrol berat badan.

16. Baik untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

17. Menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh dengan optimal.

18. Anti radikal bebas.

19. Baik untuk ginjal.

20. Baik untuk otak anak.

21. Mampu mencegah tubuh dari dehidrasi.

22. Berguna untuk mencegah pengapuran di jaringan tubuh.

23. Mampu menghilangkan jerawat saat dijadikan masker wajah.

24. Baik untuk melancarkan menstruasi atau haid bagi wanita.

25. Membantu mengurangi penyakit insomnia.

26. Membantu menjaga kesehatan gigi.

27. Dapat meredakan sariawan.

28. Menjaga sekaligus meningkatkan daya ingat bagi pengonsumsinya.

29. Mampu mencegah masalah penuaan dini.

30. Baik untuk meningkatkan kinerja sistem saraf manusia.

31. Baik untuk meningkatkan stamina tubuh.

32. Manfaat kangkung juga baik untuk penyakit kuning

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.