Sukses

11 Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Digunakan Sejak Ribuan Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta Ketika melihat sekeliling dengan cermat, maka ada satu jenis logam yang dapat ditemukan di banyak hal. Ya, logam tersebut adalah besi. Banyaknya manfaat besi memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai bidang.

Besi merupakan elemen logam paling banyak kedua yang ada di kerak bumi. Manfaat besi yang utama, yaitu digunakan untuk menghasilkan baja yang mana merupakan salah satu bahan struktural terpenting di dunia. Bahkan, manusia sudah menggunakan besi sejak 5.000 tahun yang lalu.

Dilansir dari ThoughtCo, awalnya kemungkinan besi ditemukan dan diekstraksi sebagai hasil dari pembakaran kayu di atas bijih yang mengandung besi. Disebutkan bahwa karbon di dalam kayu akan bereaksi dengan oksigen dalam bijih tersebut lalu akan menghasilkan logam besi lembut yang bisa dibentuk.

Peleburan besi dan penggunaan besi sebagai alat atau senjata sudah dimulai di daerah Mesopotamia (Irak) di kisaran tahun 2700 dan 3000 SM. Selama 2.000 tahun kemudian, selama periode yang disebut zaman besi, pengetahuan tentang hal tersebut mulai menyebar ke timur ke Eropa dan Afrika. Simbol elemen untuk besi adalah Fe, yang berasal dari kata Latin untuk besi, "ferrum."

Salah satu manfaat besi yang banyak diketahui orang memang sebagai bahan bangunan. Akan tetapi, beberapa perlengkapan rumah tangga yang dipakai sehari-hari juga masih ada yang memilih besi sebagai bahan dasar pembuatan alatnya. Walaupun dalam perkembangannya, tidak sedikit perlengkapan rumah tangga yang kemudian berganti ke alumunium, tetapi tidak berarti eksistensi logam yang satu ini hilang begitu saja.

Berikut liputan6 telah merangkumkan dari Studyread dan berbagai sumber lainnya tentang kegunaan atau manfaat besi dalam kehidupan sehari-hari, pada Jum’at (9/9/2022):

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Manfaat Besi

1. Bahan untuk Membuat Baja

Dilansir dari ThoughtCo,  penggunaan besi terbesar adalah untuk membuat baja. Menurut catatan arkeologi dari Anatolia atau yang disebut dengan Asia Kecil, sebuah semenanjung yang saat ini membentuk bagian Asia - Turki, manusia telah memproduksi baja setidaknya selama 4.000 tahun. Meskipun penggunaan baja lebih banyak dari besi, misalnya dalam pembuatan alat-alat rumah tangga saat ini yang terbuat dari stainless steel, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa besi merupakan bahan pembuat baja.

2.  Peralatan Masak dan Peralatan Rumah Tangga

Masih banyak peralatan masak dan peralatan dapur yang terbuat dari cast iron atau besi cor. Manfaat besi ini, terutama digunakan dalam membuat kompor yang dapat dipanaskan dengan batu bara atau kayu. Tidak jarang juga kita temui wajan yang masih berbahan besi. Dilansir dari ThoughtCo, besi tempa masih dimanfaatkan untuk memproduksi barang-barang dekorasi rumah, seperti rak anggur, tempat lilin, batang tirai dsb.

3. Bahan Konstruksi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manfaat besi adalah dengan banyak digunakan di seluruh dunia untuk keperluan rumah dan konstruksi bangunan lainnya. Besi sangat dibutuhkan karena fondasi bangunan menggunakan besi, atap bahkan pilar bangunan juga menggunakan besi. Besi biasanya digunakan sebagai batang panjang dalam kombinasi dengan beton dan semen. Dengan menambahkan besi ke konstruksi akan memberikan kekuatan dan daya tahan pada konstruksi. Batang besi juga akan membantu menahan beban yang kuat.

4. Pipa

Besi pernah menjadi bahan struktural utama, tetapi kemudian pada sebagian besar aplikasi digantikan oleh baja. Akan tetapi, besi cor masih digunakan dalam pipa dan suku cadang otomotif. Pipa digunakan untuk mengalirkan air ke banyak tempat. Pipa yang dibuat dari besi akan tahan lama dan sangat sedikit kemungkinannya bocor karena kerusakan kecil. Ini karena besi dapat bertahan dengan kondisi iklim dan oksidasi yang keras. Tabung gas untuk mengirimkan gas untuk obat-obatan juga dibuat dari besi.

5. Mobil

Mobil disusun sebagian besar menggunakan besi. Kecuali beberapa bagian mobil yang memang menggunakan aluminium untuk memberikan bobot ringan. Akan tetapi, kerangka utama dari mobil, seperti piston, kabel, bantalan roda dibuat dari besi. Besi cor abu-abu digunakan dalam pembuatan casing silinder piston mesin, gearbox dsb. Sedangkan bantalan terbuat dari besi cor putih. Manfaat besi sehingga digunakan sebagai dalam pembuatan mobil ini karena kemampuannya menahan suhu mesin yang tinggi, ketangguhannya dsb.

3 dari 3 halaman

Manfaat Besi

6. Konstruksi Jembatan

Tidak sedikit jembatan yang ada di dunia dibangun dengan besi. Misalnya saja jembatan Brooklyn yang sebagian besar dibangun dari besi. Kekuatan  besi memungkinkan untuk menanggung kelas berat. Bangunan dan menara tinggi seperti menara Eiffel juga akan sulit dibangun tanpa besi.

7. Bidang Pertanian

Zat besi adalah unsur hara mikro yang terdapat pada tumbuhan dengan berbagai perannya dalam fisiologi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan beberapa penyakit pada tanaman. Dengan demikian, dalam pertanian zat besi dimanfaatkan agar tanaman dapat tumbuh dengan benar. Zat besi organik adalah bentuk yang dipakai untuk diserap oleh tanaman dari tanah.

8. Mesin Berat

Mesin berat seperti crane, rol jalan dan mesin bore kebanyakan dibuat dari besi. Tidak hanya itu, rantai transfer industri, tumbler dan mixer juga dibuat dari besi. Manfaat besi sehingga digunakan dalam hal ini karena ketahanannya terhadap keausan sehingga ideal untuk tugas-tugas yang tidak mudah. Sifat magnetik besi juga membuat besi dimanfaatkan dalam pembutan mortar dan kipas listrik.

9. Pagar Pekarangan

Manfaat besi selanjutnya adalah digunakan dalam pembuatan pagar atau kawat pembatas pekarangan dan pertanian. Disebutkan bahwa dibandingkan dengan logam lainnya besi memiliki keunggulan, yaitu selain harganya yang lebih murah, juga lebih tahan lama. Tidak hanya pagar pekarangan, dengan sifatnya yang mampu menahan keausan lingkungan dalam waktu yang tidak sebentar, ini juga digunakan dalam pagar kecil yang biasa untuk mencegah masuknya serangga dan jaring nyamuk.

10. Tungku

Terdapat tungku yang digunakan untuk memanaskan suatu zat sehingga suhunya mencapai 1000 derajat bahkan lebih. Oleh karena itu, tungku seperti itu dan juga alat untuk beroperasinya dibuat dari bahan seperti semen dengan besi di dalamnya. Hal tersebut karena tidak memungkinkan memanfaatkan bahan lain karea mereka mungkin akan leleh pada suhu setinggi itu.

11. Perkakas

Banyak sekali perkakas yang kita gunakan sehari-hari terbuat dari besi. Beberapa di antaranya, seperti kunci pas, obeng, kompas dan bahkan mesin ilmiah, istrumen penelitian dan termostat terbuat dari besi. Selain itu, beberapa sistem keamanan, seperti kunci, kunci brankas, brankas, loker bank dibuat dari besi karena manfaat besi.

Nah, demikian informasi tentang manfaat besi. Semakin populernya bahan lain yang digunakan untuk menggantikan besi, tidak membuat eksistensi dan penggunaan besi padam begitu saja.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.