Sukses

7 Tempat Wisata di Karawang yang Seru dan Indah, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Saat merasa jenuh dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan berlibur. Namun ada sebagian orang yang memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, dan yang lain memilih untuk beristirahat. Akan tetapi bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu libur dengan healing, maka tempat wisata di Karawang adalah destinasi yang cocok untuk dikunjungi. 

Karawang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Tempat ini berbatasan langsung dengan Bogor dan Purwakarta. Meskipun kabupaten ini tidak besar dan luas, Karawang memiliki potensi wisata yang sarat akan edukasi juga sejarah. Selain itu, tempat wisata di Karawang juga memiliki pesona alam bahari yang sayang untuk dilewatkan. 

Dengan berlibur maka penat yang dirasakan selama beraktivitas penuh akan hilang dengan sendirinya. Tempat wisata di Karawang mungkin cocok untuk membuat pikiran jadi lebih segar, karena panorama alam yang tersedia sangat memukau juga menawan. 

Berikut ini tempat wisata di Karawang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022). 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Karawang

1. Situs Candi Jiwa

Tempat wisata di karawang yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Situs Candi Jiwa. Melansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Karawang, tempat ini secara administratif masuk dalam kawasan Desa Segaran Kecamatan Batujaya. Tempat ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Karawang, serta tidak jauh dari garis pantai utara laut Jawa. Sekarang tempat ini sudah selesai diperbaiki kembali dan bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Pada Situs Candi Jiwa ini, dilengkapi dengan dua tangga yang berada di sisi tenggara dan timur laut. Tangga ini juga terdapat susunan bata secara dengan pusat lingkaran yang sama. Tempat wisata ini juga memiliki beberapa hiasan berupa kepala arca manusia serta binatang dari bahan stucco, yang ditemukan di bagian kaki bangunan candi. 

2. Green Canyon Mini

Salah satu tempat wisata di Karawang yang wajib untuk dikunjungi adalah Green Canyon Mini. tempat ini merupakan salah satu wisata yang populer di Karawang, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Tanjung Roke, Desa Medalsari, dan untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Pemandangan yang ada di sini, membuat pengunjung akan betah untuk menikmati pesona alam yang ada. Salah satu daya tarik tempat ini adalah, air hijau yang jernih serta diapit oleh tebing yang tinggi juga berkelok. Sebelum digunakan sebagai tempat wisata, Green Canyon digunakan oleh warga setempat untuk mandi, karena air dari tempat ini bersih juga jernih. 

 

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Karawang

3. Tugu Kebulatan Tekad

Salah satu tempat wisata di Karawang yang sarat akan edukasi dan sejarah adalah Tugu Kebulatan Tekad. Pembangunan tugu ini dilakukan untuk mengenang peristiwa Rengasdengklok, di mana tempat ini merupakan peninggalan Bung Karno dan Bung Hatta yaitu rumah yang digunakan untuk singgah.  

Tempat ini dibangun dengan luas mencapai 1 500 m2, dan berlokasi di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara. Tempat yang memiliki bentuk segitiga ini, berada di lingkungan dengan dataran rendah dan diperkirakan berdiri tahun 1950. Namun pada tahun 1984, dilakukan renovasi atau pembangunan kembali oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karawang. 

Tempat wisata ini berupa taman dengan bangunan tugu, serta tersedia jalan setapak yang bisa digunakan untuk menuju bagian inti monumen. Terdapat batu yang ditata dengan bentuk 17, juga jalan melingkar membentuk angka 8 serta pada bagian utara tugu, dibentuk batu dengan angka 45 yang menggambarkan kemerdekaan Indonesia

4. Taman Kincir Margold Garden

Tempat wisata di Karawang yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Taman Kincir Margold Garden. Tempat yang berlokasi di Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang ini memiliki taman kincir angin buatan, serta dihiasi dengan kincir sebanyak 13 ribu. 

Tempat ini juga memiliki berbagai jenis bunga termasuk Marigold yang indah juga memukau. Saat berada di sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah berlatar ribuan kincir warna - warni serta hamparan bunga indah dan cantik. Tempat ini juga memiliki beberapa latar foto yang disediakan oleh pengelola, salah satunya bangku putih yang terdapat di tengah taman. 

 

 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Karawang

5. Curug Cigentis

Salah satu wisata Karawang yang wajib untuk dikunjungi adalah Curug Cigentis. Selain wisata edukasi dan sejarah, terdapat tempat rekreasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Tempat yang terletak di bawah kaki Gunung Sanggabuana, serta merupakan salah satu wisata yang populer juga diunggulkan. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan menawan, serta sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meski harus menempuh 2 km dengan berjalan kaki, namun akan digantikan dengan suasana yang asri. 

6. Makam Syekhhquro

Salah satu tempat wisata di Karawang yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Makam Syekhhquro. Tempat ini merupakan salah satu situs yang masih eksis saat pemerintahan masa Kerajaan Sunda yang memiliki peran penting hingga masa Islam. Makam ini ditemukan pada akhir bulan Sya’ban oleh Raden Sumareja pada tahun 1859. Makan ini berada tepat di pemukiman penduduk Pulobata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang. 

Tempat wisata ini memiliki luas lahan sekitar 2.566 m2 yang diapit oleh pemukiman dan sawah. Tempat ini juga memiliki deretan warung yang menyediakan makanan juga benda yang diperlukan untuk melakukan ibadah. Karena makam ini ditemukan pada hari sabtu, maka dijadikan sebagai puncak untuk melakukan ziarah. Tempat ini juga memiliki arsitektur yang melengkung berupa tembok yang dihiasi dengan kubah masjid. 

7. Wisata Bahari Pantai

Tempat wisata di Karawang, selain memiliki wisata yang sarat akan edukasi dan sejarah, juga memiliki wisata pantai yang tidak kalah indah. Salah satu wisata pantai yang populer serta wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Pantai Tangkolak. Wisata Alam Bahari ini b=memiliki lokasi di Dusun Tangkolak, Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan. Tempat ini juga memiliki konservasi alam berupa pohon mangrove di kawasan dengan luas 20 hektar. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat jutaan pohon mangrove ditemani suasana yang indah dan sejuk.

Tempat wisata ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk snorkeling maupun untuk diving. Jika pengunjung yang tidak ingin mengeksplor bawah laut yang indah, bisa menikmati pemandangan yang ada di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.