Sukses

2 Cara Cek Penerima BLT BBM 2022, Begini Proses Pendaftaran dan Syaratnya

Cara cek penerima BLT BBM 2022 dilakukan secara online melalui website dan aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM mulai 1 September 2022. BLT BBM ini disalurkan secara bertahap, total Rp 600 ribu yang diberikan pada bulan September Rp 300 ribu dan bulan Desember Rp 300 ribu.

Bagaimana cara cek penerima BLT BBM ini?

Pastikan sebelum melakukan cara cek penerima BLT BBM 2022, calon penerima sudah memenuhi syarat. Syarat penerima BLT BBM adalah terdaftar sebagai warga miskin, bukan ASN, TNI atau POLRI, terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat di DTKS Kemensos, dan berpenghasilan di bawah Rp 3.5 juta per bulan.

Nah, apabila sudah memenuhi syarat langsung cek penerima BLT BBM 2022 secara online melalui situs website resmi Kemensos dan aplikasi Cek Bansos. Khusus bagi yang memenuhi syarat menerima BLT tetapi belum terdaftar sebagai penerima, langsung ajukan usulan atau lakukan pendaftaran melalui aplikasi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara cek penerima BLT BBM 2022 melalui website dan aplikasi, lengkap cara ajukan usulan atau daftarnya, Sabtu (10/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Senilai Rp 600 Ribu

Mengetahui penerima BLT BBM 2022 bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui website resmi kemensos.go.id dan melalui aplikasi Cek Bansos. Ini penjelasan cara cek penerima BLT BBM 2022.

Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Melalui Website:

1. Melakukan pengecekan penerima bansos dari Kemensos, mulailah dengan menyiapkan koneksi internet yang stabil. Proses cara cek penerima BLT BBM 2022, bisa dilakukan melalui ponsel maupun laptop/PC.

2. Buka situs website resmi kemensos.go.id dengan mencari menu cek bansos. Agar lebih mudah, pengecekan penerima bansos bisa dilakukan dengan copy-paste link website cek bansos Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id atau klik di sini.

3. Apabila sudah berhasil masuk ke laman situs cek bansos Kemensos, kemudian masukkan data provinsi, Kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan berdasarkan KTP.

4. Lanjutkan cara cek penerima BLT BBM 2022 dengan memasukkan nama penerima manfaat atau penerima bansos yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

5. Penyelesaiannya, masukkan sejumlah delapan atau 8 kode berupa huruf (yang dipisahkan spasi) yang ada dalam kotak kode.

6. Ketika mendapati kode berupa huruf tidak muncul atau peserta cara cek penerima BLT BBM 2022 kesulitan membacanya, bisa klik ikon untuk bisa mendapatkan kode barunya.

7. Selesaikan pencarian data atau cara cek penerima BLT BBM 2022 ini dengan klik tombol cari data, secara otomatis sistem akan mencari nama penerima manfaat yang sesuai wilayah sebagaimana diinput sebelumnya.

8. Cara cek penerima BLT BBM 2022 selesai.

 

3 dari 4 halaman

Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Senilai Rp 600 Ribu Selanjutnya

Apabila sudah memahami cara cek penerima BLT BBM 2022 senilai Rp 600 Ribu melalui website, kemudian ketahui cara cek penerima BLT BBM 2022 di aplikasi. Ini penjelasan cara cek penerima BLT BBM di aplikasi.

Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Melalui Aplikasi:

1. Cara cek penerima BLT BBM 2022 melalui aplikasi, khusus yang belum memiliki akun, bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

2. Prosesnya dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos di situs unduh resmi, seperti Play Store dan App Store. Pastikan koneksi internet lancar dan tempat penyimpanan ponsel atau laptop cukup untuk mengunduh aplikasinya.

3. Melakukan pendaftaran akun untuk cara cek penerima BLT BBM 2022, dimulai dengan membuka aplikasi Cek Bansos yang sudah diinstal sebelumnya.

4. Cara cek penerima BLT BBM 2022, lakukan dengan klik Buat Akun Baru.

5. Kemudian, lakukan pengisian data diri yang dibutuhkan berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan data lain di KTP.

6. Agar proses input data bisa dikonfirmasi kebenarannya, peserta harus melalui cara cek penerima BLT BBM 2022 dengan foto KTP tampak depan dan swafoto dengan KTP sebagaimana dijelaskan.

7. Selesaikan pembuatan akun sebagai cara cek penerima BLT BBM 2022 dengan klik buat akun baru dan langsung pilih menu cek bansos.

8. Apabila sudah, cara cek penerima BLT BBM 2022 masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP.

9. Selesaikan dengan klik tombol Cari Data.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar atau Ajukan Usulan Sebagai Penerima BLT BBM 2022

Nama yang tidak berhasil ditemukan dan tidak tercatat sebagai penerima BLT BBM di situs website resmi Kemensos RI, itu artinya tidak akan mendapat bantuan sosial dari pemerintah.

Solusi bagi yang belum terdaftar sebagai penerima manfaat bansos, bisa daftar sebagai penerima BLT BBM 2022 secara resmi. Proses cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022, bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos di situs unduh resmi, seperti Play Store dan App Store.

Pastikan koneksi internet lancar dan tempat penyimpanan ponsel atau laptop cukup untuk mengunduh aplikasinya. Begini cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022 secara online melalui aplikasi Cek Bansos, perhatikan langkah-langkahnya:

1. Melakukan cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022, dimulai dengan membuka aplikasi Cek Bansos yang sudah diinstal sebelumnya.

2. Cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022, lakukan dengan klik Buat Akun Baru agar usulan penerima bansos bisa diproses oleh Kemensos.

3. Kemudian, cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022lakukan pengisian data diri yang dibutuhkan berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan data lain di KTP.

4. Agar proses input data bisa dikonfirmasi kebenarannya, peserta harus melalui cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022 dengan foto KTP tampak depan dan swafoto dengan KTP sebagaimana dijelaskan.

5. Selesaikan pembuatan akun sebelum daftar sebagai penerima BLT BBM 2022 dengan klik buat akun baru dan langsung pilih menu daftar usulan > klik tambah usulan.

6. Cara daftar sebagai penerima BLT BBM 2022 bagian inti, isikan data diri calon penerima atau mereka yang ingin diusulkan menjadi penerima manfaat.

7. Proses pendaftaran untuk penerima BLT BBM 2022 dari Kemensos selesai dan tunggu beberapa menit sampai data yang diusulkan akan muncul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.