Sukses

Kebutuhan Primer Adalah Kebutuhan Pokok Manusia, Ini Contohnya dalam Kehidupan

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau pokok yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Istilah kebutuhan primer kerap kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan kebutuhan untuk menunjang dan bertahan hidup. Kebutuhan sendiri diartikan sebagai keinginan yang dibutuhkan dan diperlukan oleh manusia.

Kebutuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu kebutuahn primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang diperlukan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang paling penting bagi manusia.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan alamiah yang secara naluri diperlukan oleh manusia. Terkadang manusia sering salah pengertian antara kebutuhan primer dan sekunder. Agar lebih memahaminya, simak pengertian dan contoh kebutuhan primer.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian kebutuhan primer beserta perbedaan dengan kebutuhan sekunder dan contoh kebutuhan keduanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kebutuhan Primer

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau pokok yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, kebutuhan primer adalah segala sesuatu yang wajib dipenuhi untuk keberlangsungan manusia.

Dikutip dari buku Ilmu Alamiah Dasar (1991) karya Hariwijaya Soewandi Widyosiswoyo, pengertian kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primer) yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan manusia yang terus meningkat menyebabkan ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin meningkat. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang termasuk dalam sandang, pangan, dan papan.

Menurut Kemdikbud, tujuan dari kebutuhan primer adalah untuk mempertahankan keberlangsungan kehidupan manusia. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi, supaya tidak mengganggu keberlangsungan hidupnya.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan mendasar yang bersifat wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Meskipun begitu, seiring perkembangan zaman kebutuhan primer akan meningkat dengan menyesuaikan keadaan. Artinya, kebutuhan manusia adalah kebutuhan manusia berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingannya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Primer

Seperti yang dijelaskan di atas, bawah kebutuhan primer adalah kebutuhan wajib yang termasuk ke dalam sandang, pangan, dan papan. Berikut ini penjelasannya:

1. Sandang

Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai makhluk berbudaya. Pada awalnya, manusia membuat pakaian menggunakan kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam. Semakin berkembangnya zaman, manusia kemudian mengenal kapas yang kemudian dijadikan benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin. Lama kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, untuk tidur dan sebagainya.

2. Pangan

Pangan adalah sumber makanan bagi manusia yang wajib untuk dipenuhi. Manusia membutuhkan makanan untuk dapat melakukan aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Di berbagai masyarakat, bahan makanan pokok memegang peranan utama dalam memenuhi kebutuhan penduduk. Di Indonesia, beras menjadi salah satu kebutuhan primer pangan yang harus dipenuhi karena sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Namun, juga ada pengganti nasin sebagai makanan pokok, seperti roti, gandum, dan sagu.

3. Papan

Istilah papan dalam kebutuhan primer merujuk kepada rumah atau tempat tinggal. Pada awalnya fungsi rumah hanya untuk bertahan diri atau melindungi dari cuaca. Namun lama kelamaan berubah menjadi tempat tinggal keluarga nyaman. Oleh karena itu, kebutuhan akan memperindah rumah semakin ditingkatkan. Kebutuhan papan menjadi kebutuhan yang penting untuk dapat melindungi anggota keluarga dari segala ancaman dan bahaya.

Menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman, rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan hunian bagi pembinaan keluarga. Pada dasarnya, rumah merupakan kebutuhan dasar dan memiliki fungsi penting bagi kehidupan manusia.

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan primer manusia bukan hanya sandang, pangan, dan papan saja. Namun juga termasuk kebersihan, pendidikan, ibadah, kesehatan, listrik, dan kebutuhan internet.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Kebutuhan Primer dan Kebutuhan Sekunder

Supaya tidak salah dalam mengartikan, anda perlu mengetahuo perbedaan antara kebutuhan primer dan sekunder. Perbedaan yang mendasar dari kebutuhan primer dan sekunder adalah berdasarkan tingkat kepentingannya. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang mutlak dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan primer ini terdiri dari kebutuhan sandang, papan, dan pangan. Hal ini telah dijelaskan di atas, bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang bersifat wajib. Sehingga harus dipenuhi, apabila tidak maka akan mengganggu keberlangsungan kehidupan manusia.

Sedangkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mengganggu kelangsungan hidup tetapi sangat penting. Contoh kebutuhan sekunder antara lain kendaraan pribadi, alat elektronik, hiburan, dan masih banyak lagi contoh kebutuhan sekunder lainnya. Kebutuhan sekunder ini termasuk kebutuhan tambahan atau pelengkap agar dapat menjalankan kehidupan yang lebih baik. Kebutuhan sekunder ini juga termasuk kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer sudah terpenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.