Sukses

Justifikasi Adalah Pembenaran terhadap Suatu Keyakinan, Simak Teori dan Contohnya

Berikut adalah penjelasan mengenai justifikasi termausk teori dan contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) justifikasi adalah putusan yang berdasar pada alasan dan pertimbangan yang memperhatikan hati nurani. Justifikasi sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, justification.

Sementara itu, menurut Cambridge Dictionary justifikasi adalah sebuah alasan yang bagus atau penjelasan untuk sesuatu. Sedangkan Merriam-Webster memberikan beberapa definisi yang berbeda pada kata justifikasi. Pertama, justifikasi adalah tindakan atau contoh membenarkan sesuatu. Kedua, justifikasi adalah alasan yang dapat diterima untuk melakukan sesuatu atau sesuatu yang membenarkan tindakan atau cara berperilaku. Ketiga, justifikasi adalah tindakan, proses, atau keadaan yang dibenarkan oleh Tuhan. Terakhir, justifikasi adalah proses atau hasil pembenaran baris teks.

Dengan kata lain, justifikasi adalah kata yang memiliki banyak kemungkinan arti dan makna. Untuk memahami lebih dalam lanjut, mengenai justifikasi, berikut ini adalah ulasan lebih mendalam mengenai justifikasi berdasarkan sejumlah sumber, yang telah dirangkum Liputan6.com pada Senin (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Justifikasi

Banyak hal yang dapat jadi subjek justifikasi, mulai dari keyakinan, tindakan, emosi, klaim, hukum, teori, dan sebagainya. Epistemologi berfokus pada keyakinan.

Itu karena pengaruh definisi pengetahuan sebagai "keyakinan sejati yang dibenarkan" yang sering dikaitkan dengan teori yang dibahas menjelang akhir dialog Socrates Theaetetus. Lebih umum, teori justifikasi fokus pada pembenaran pernyataan atau proposisi.

Justifikasi adalah alasan mengapa seseorang memegang keyakinan dengan benar. Justifikasi adalah penjelasan mengapa keyakinan itu benar. Justifikasi adalah penjelasan tentang bagaimana seseorang mengetahui apa yang diketahuinya.

Dalam beberapa konteks, argumen dan penjelasan bisa sangat membingungkan, seperti halnya penjelasan dan justifikasi. Pernyataan yang merupakan justifikasi dari beberapa tindakan dapat berbentuk argumen. Misalnya, upaya untuk membenarkan pencurian biasanya menjelaskan motifnya, seperti memberi makan keluarga yang kelaparan.

Dengan kata lain, justifikasi adalah alasan dan dasar yang dapat digunakan untuk menjadi pembenaran, nantinya bisa berbentuk penjelasan maupun argumen.

3 dari 6 halaman

Justifikasi Adalah Normatif

Salah satu cara untuk menjelaskan teori justifikasi adalah dengan mengatakan bahwa keyakinan yang dibenarkan adalah keyakinan yang kita pegang "dalam hak-hak kita". Akan tetapi, hak-hak yang dimaksud bukanlah hak politik atau moral, melainkan intelektual.

Dalam beberapa hal, masing-masing orang bertanggung jawab atas apa yang diyakini. Keyakinan biasanya tidak terbentuk begitu saja. Karena itu, kita memiliki tanggung jawab intelektual untuk mencoba mempercayai apa yang benar dan menghindari mempercayai apa yang salah. Perbuatan yang bertanggung jawab secara intelektual berada dalam hak intelektual seseorang dalam mempercayai sesuatu; melakukannya, dan dibenarkan dalam keyakinannya.

itu adalah pengertian normatif dari justifikasi. Definisi standar dari justifikasi adalah suatu konsep adalah normatif jika itu adalah konsep tentang atau tergantung pada norma, atau kewajiban dan izin, yang terlibat dalam perilaku manusia. Secara umum dipahami bahwa konsep justifikasi adalah normatif, karena dimaknai sebagai konsep tentang norma-norma keyakinan.

4 dari 6 halaman

Teori Justifikasi

Ada beberapa pandangan berbeda tentang apa yang memerlukan justifikasi. Teori justifikasi yang berbeda memerlukan jumlah dan jenis bukti yang berbeda sebelum suatu keyakinan mendapatkan justifikasi. Menariknya, teori pembenaran umumnya mencakup aspek epistemologi lainnya, seperti pengetahuan.

Adapun teori justifikasi adalah sebagai berikut:

a. Koherentisme - Keyakinan mendapatkan justifikasi jika koheren dengan keyakinan lain yang dipegang seseorang. Setiap keyakinan mendapatkan justifikasi jika koheren dengan keseluruhan sistem keyakinan.

b. Eksternalisme - Sumber pengetahuan dari luar dapat digunakan untuk memberikan justifikasi suatu keyakinan.

c. Foundationalisme - Keyakinan dasar yang terbukti dengan sendirinya membenarkan keyakinan non-dasar lainnya.

d. Foundherentism - Kombinasi foundationalisme dan koherentisme, diusulkan oleh Susan Haack.

e. Infantilisme - Keyakinan mendapatkan justifikasi oleh serangkaian alasan yang tak terbatas.

f. Internalisme - Orang beriman harus bisa memberikan justifikasi pada keyakinan melalui pengetahuan internal.

 

Adapun sudut pandang mengenai teori justifikasi lainnya antara lain:

a. Epistemologi Reformed - Keyakinan dijamin oleh fungsi kognitif yang tepat. Sudut pandang ini diusulkan oleh Alvin Plantinga.

b. Skeptisisme - Berbagai sudut pandang yang mempertanyakan kemungkinan pengetahuan.

c. Skeptisisme kebenaran - Mempertanyakan kemungkinan pengetahuan yang benar, tetapi bukan pengetahuan yang dibenarkan.

d. Skeptisisme epistemologis - Mempertanyakan kemungkinan pengetahuan yang dibenarkan, tetapi bukan pengetahuan yang benar.

e. Evidentialism - Keyakinan hanya bergantung pada bukti.

5 dari 6 halaman

Pembenar

Jika suatu keyakinan dibenarkan, maka ada sesuatu yang membenarkannya. Hal yang membenarkan suatu keyakinan dapat disebut sebagai “pembenarnya”. Jika suatu keyakinan dibenarkan, maka ia memiliki setidaknya satu pembenar. Contoh dari pembenar dalam justifikasi adalah adalah barang bukti.

Sebagai contoh, jika seorang wanita mengetahui fakta bahwa suaminya kembali dari perjalanan bisnis. Namun wanita itu mencium bau seperti parfum, dan mendapati kemeja suaminya terdapat bekas lipstik di kerahnya, maka parfum dan lipstik dapat menjadi bukti keyakinannya bahwa suaminya selingkuh.

Dalam hal ini yang dibenarkan adalah kesadaran wanita akan wewangian dan lipstik, dan keyakinan yang dibenarkan adalah keyakinannya bahwa suaminya berselingkuh.

Tidak semua pembenar harus berupa barang bukti. Ada beberapa jenis pembenar yang berbeda secara substansial. yang jelas, untuk dibenarkan, suatu keyakinan harus memiliki pembenar.

Tapi ini menimbulkan pertanyaan penting, "Hal macam apa yang bisa menjadi pembenar?"

Setidaknya ada tiga hal yang bisa menjadi sesuatu yang mendukung justifikasi, yakni keyakinan, keyakinan kolektif, serta fakta lain tentang lingkungan sekitar.

6 dari 6 halaman

Kritisisme

Lawan dari teori justifikasi adalah kritisisme non-justifikasional. Teori ini didukung oleh W. W. Bartley dan David Miller dan Karl Popper, yang merupakan penganut rasionalisme kritis. Namun tidak semua penganut paham tersebut menentang teori justifikasi.

Dalam justifikasiisme, kritik terdiri dari upaya untuk menunjukkan bahwa suatu klaim tidak dapat direduksi menjadi otoritas atau kriteria yang diajukannya. Artinya, ia menganggap pembenaran suatu klaim adalah primer, sedangkan klaim itu sendiri adalah sekunder. Sebaliknya, kritik nonjustifikasi bekerja untuk menyerang klaim itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.