Sukses

Kala Revolusi Planet Adalah Waktu yang Diperlukan Planet untuk? Ketahui Prosesnya

Berikut adalah penjelasan mengenai kala revolusi dan kala rotasi planet-planet di tata surya.

Liputan6.com, Jakarta Kala revolusi planet adalah waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi matahari. Revolusi juga terjadi pada bumi. Untuk mengelilingi matahari satu kali, bumi memerlukan waktu sekitar 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik atau satu tahun.

Kala revolusi planet adalah waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi pusat tata surya pada orbitnya.

Planet-planet di tata surya kita semua berputar pada sumbunya dan berputar dalam jalur orbit mengelilingi matahari. Matahari memiliki gravitasi yang cukup untuk mempengaruhi massa dan momentum benda-benda langit termasuk planet.

Bahkan, bulan-bulan dari sebuah planet memiliki energi rotasinya sendiri, dan mereka tetap pada orbitnya di sekitar planet induknya karena tarikan gravitasi.

Rotasi dan revolusi terjadi karena gravitasi, gerak sentrifugal dan momentum sudut. Itu telah berlangsung sejak planet-planet terbentuk.

Untuk lebih memahami mengenai revolusi dan rotasi, penting untuk memahami apa itu planet dan sistem tata surya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com berikut ini, Senin (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terbentuknya Planet di Tata Surya

Sebelum mengetahui kala revolusi planet adalah waktu yang diperlukan planet untuk apa, penting memahami proses terbentuknya tata surya. Ini karena rotasi dan revolusi telah terjadi ketika planet-planet terbentuk, memperoleh massa dan berat permukaan.

Planet-planet terbentuk dari akumulasi dan runtuhnya awan gas dan material antarbintang yang padat pada tingkat atom. Pertambahan material membentuk planetoid kecil dari material cincin yang berputar. Semakin besar massa, semakin besar gravitasi dan semakin banyak materi yang ditangkap proto-planet.

Sementara itu, matahari terbentuk dengan mengumpulkan sebagian besar debu dan gas antarbintang, yang memulai reaksi berantai nuklir. Proses itu membentuk menjadi bintang, dinamo nuklir mandiri dengan gravitasi besar.

Planet-planet berbentuk bulat karena inti dalamnya menarik dan menangkap materi dari segala arah. Pada titik tertentu, planet-planet mencapai massa kritis dan tetap seperti itu. Beberapa planet padat terbentuk ketika massa lainnya terbentuk menjadi gas raksasa berbentuk bola.

Gas dan materi yang membentuk planet dimulai dengan energi rotasi lambat. Saat planet-planet mendapatkan massa, kecepatan rotasinya meningkat secara dramatis dan secara bertahap menjadi lebih cepat seiring berjalannya waktu miliaran tahun.

Saat planet berputar, mereka jatuh di bawah pengaruh tarikan gravitasi matahari yang luar biasa. Selain itu, materi yang tidak ditangkap oleh planet-planet tetap mengorbit di sekitarnya karena momentum sudut dan tarikan gravitasi.

Massa yang lebih kecil ini menjadi bulan. Dalam arti tertentu, bulan-bulan mengorbit mengelilingi matahari seperti planet-planet tetapi hanya karena daya tarik dan kunci gravitasinya dengan planet induknya.

3 dari 4 halaman

Sistem Orbit

Kala revolusi planet adalah waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi matahari termasuk bagian dari orbit tata surya. Semua planet berputar mengelilingi matahari dalam urutan sistematis dalam arah dan bidang umum yang sama, kecuali jika ada gangguan dan fluktuasi kecil. Prose planet-planet mengelilingi matahari melalui jalur orbitnya disebut revolusi.

Neptunus, Jupiter, Uranus, dan Saturnus berputar lebih cepat pada porosnya karena mengandung sebagian besar momentum sudut tata surya. Gerap planet yang berputar pada porosnya disebut rotasi.

Matahari memerlukan waktu sekitar 27 hari untuk melakukan satu kali rotasi, sedangkan planet-planet membutuhkan waktu rotasi yang bervariasi.

Venus dan Uranus berotasi pada porosnya ke arah yang berlawanan dengan planet lain. Rotasi terbalik Venus dan Uranus telah dikaitkan dengan tabrakan di akhir pembentukannya.

4 dari 4 halaman

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Planet-Planet

Kala revolusi planet adalah waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi matahari. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, planet-planet memerlukan yang bervariasi untuk melakukan satu kali rotasi dan satu kali revolusi.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Merkurius

Merkurius adalah planet yang memiliki jalur orbit paling dekat dengan Matahari. Merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk melakukan satu kali rotasi pada porosnya. Dengan kata lain kala rotasi Merkurius adalah 88 hari. Dengan kata lain, satu hari di Merkurius sama dengan 88 hari di Bumi.

Merkurius juga memerlukan waktu 88 hari untuk mengelilingi Matahari melalui jalur orbitnya. Dengan kata lain, kala revolusi Merkurius adalah 88 hari.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Venus

Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari. Untuk melakukan satu kali rotasi, venus membutuhkan waktu sekitar 243 hari. Sedangkan untuk melakukan satu kali revolusi, Venus membutuhkan waktu yang lebih cepat, yakni 225 hari.

Kala Rotasi dan kala Revolusi Bumi

Bumi masih menjadi satu-satunya yang dapat dihuni makhluk hidup. Untuk melakukan satu kali rotasi, Bumi membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Sementara untuk melakukan satu kali revolusi, bumi membutuhkan waktu 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik atau satu tahun.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Mars

Mars juga dikenal dengan sebutan Planet Merah karena warna yang kemerahan. Planet ini membutuhkan waktu 25.62 jam untuk melakukan satu kali rotasi. Sedangkan untuk melakukan satu kali revolusi, Mars membutuhkan waktu sekitar 687 hari.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Jupiter

Jupiter sendiri adalah raksasa gas dengan massa 1/1000 masa matahari dan 2 ½ kali jumlah massa seluruh planet lain di tata surya. Untuk melakukan satu kali rotasi, Jupiter membutuhkan waktu 9 jam 55 menit. Sedangkan untuk melakukan satu kali revolusi, Jupiter membutuhkan waktu 11.9 tahun.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Saturnus

Planet Saturnus di tata surya dikenal juga dengan nama planet bercincin serta menjadi planet terbesar urutan kedua sesudah Yupiter. Untuk melakukan satu kali rotasi, Saturnus membutuhkan waktu 10.7 jam. sedangkan untuk satu kali revolusi, Saturnus membutuhkan waktu 29.5 tahun.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari. Uranus merupakan planet yang memiliki jari-jari terbesar ketiga sekaligus massa terbesar keempat di Tata Surya. Untuk melakukan satu kali rotasi, Uranus membutuhkan waktu 17 jam 15 menit. Sedangkan untuk satu kali revolusi, Uranus membutuhkan waktu 83,7 tahun.

Kala Rotasi dan Kala Revolusi Neptunus

Planet ini dinamakan seperti Dewa Lautan Romawi yang menjadi planet terbesar urutan ke-4. Untuk melakukan satu kali rotasi Neptunus memerlukan waktu 6 jam. Sedangkan untuk satu kali revolusi, Neptunus membutuhkan waktu 165 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.