Sukses

8 Penyebab RTO dalam Jaringan Internet, Lengkap Cara Mengatasinya

Request time out atau RTO adalah keadaan di mana komputer server tidak merespon permintaan dalam waktu yang lama.

Liputan6.com, Jakarta RTO adalah singkatan dari Request Time Out. Request time out adalah keadaan di mana komputer server tidak merespon permintaan dalam waktu yang lama. RTO ini biasanya digunakan dalam jaringan internet.

Penyebab RTO perlu diketahui supaya dapat mengatasinya dengan tepat. Adanya RTO ini sangat berguna untuk melakukan pengecekan koneksi internet. Dari pesan penyebab RTO kita dapat mendapatkan gambaran tentang penyebab gangguan yang terjadi pada jaringan.

Untuk lebih memahami, berikut ini terdapat beberapa penyebab RTO dalam jaringan internet dan cara mengatasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian RTO

Pengertian RTO  atau request time out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). Time out bukanlah pesan balasan. Ini muncul saat tidak ada balasan dan permintaan server tidak dipenuhi dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Apabila anda sedang mengakses sebuah website dan ingin terhubung dengan wifi, namun ada pemberitahuan RTO. Artinya server tidak merespon permintaan dari koneksi kita baik koneksi internet kita saat ingin mengakses situs ataupun saat ingin terhubung ke jaringan wifi.

Dengan adanya pemberitahuan pesan RTO tersebut dapat membantu dalam melakukan pengecekan koneksi. Hal tersebut dapat mendeteksi penyebab gangguan yang terjadi pada jaringan internet.

3 dari 5 halaman

Penyebab RTO dalam Jaringan Internet

Setelah memahami pengertian RTO, anda perlu mengetahui penyebab RTO. Berikut ini penyebab RTO adalah:

1. Peran Firewall pada Router

Adapun penyebab RTO yang pertama adalah disebabkan karena firewall. Firewall adalah sistem keamanan yang melindungi komputer Anda dari berbagai ancaman di jaringan internet. Mungkin saja firewall yang terdapat di router tidak memberikan izin kepada paket ping untuk melewati router. Tidak bisa dipungkiri hal ini memang seringkali terjadi pada beberapa komputer. Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher yang merupakan sebuah program untuk mengecek respon antara client dan server yang dituju.

Dalam beberapa kasus, hal ini sering dilakukan dengan alasan tertentu, terutama untuk alasan keamanan jaringan. Jadi, jangan khawatir jika RTO muncul pada layar saat pencarian di berbagai browser, karena bisa diatasi dengan cara mematikan terlebih dahulu fitur firewall pada router Anda.

2. Kecilnya Kapasitas Bandwith yang Digunakan

Penyebab RTO yang berikutnya adalah karena kecilnya kapasitas bandwidth. Sehingga saat melakukan ping, bisa saja RTO terjadi tanpa diduga-duga. Namun, seperti halnya pada penyimpanan pada umumnya, jika terlalu penuh akan menyebabkan lemot atau RTO.

Jadi, sebelum melakukan ping, alangkah baiknya jika memastikan bandwidth masih ada ruang. Pasalnya jika terlalu penuh data, maka proses perintah tidak akan bisa diterima dan dijalankan. Sekalipun akan berhasil, biasanya akan membutuhkan waktu yang lama.

3. IP Address sedang Tidak Aktif

Salah satu hal penting yang terdapat pada jaringan komputer yaitu IP address. Jika IP address tersebut tidak aktif, tentu saja tidak bisa melakukan perintah pencarian di Google. Pasalnya IP Address yang tidak aktif tersebut juga mempengaruhi koneksi jaringan.

Jadi, sebelum melakukan pencarian pastikan jika IP address dalam keadaan aktif. Cara mengeceknya cukup mudah yaitu anda hanya perlu mengecek pengaturan network. Di sana terdapat berbagai pilihan pengaturan yang salah satunya pengaturan IP address.

4. Port Komputer Ditutup

Penyebab RTO yang selanjutnya yaitu port pada komputer sudah ditutup. Sebelum melakukan ping alangkah baiknya jika terlebih dahulu memeriksa port pada network. Selain itu, pastikan jika proxy dalam keadaan non-aktif. Masalah tersebut dapat membuat jaringan komputer bermasalah. Memeriksa kabel tersebut bisa Anda lakukan dengan LAN tester.

4 dari 5 halaman

Penyebab RTO dalam Jaringan Internet

5. Masalah Pada LAN Card

Penyebab RTO yang selanjutnya yaitu adanya masalah pada LAN Card. Perlu diketahui jika pintu utama masuknya jaringan pada komputer yaitu LAN Card. Jadi, sebelum melakukan pencarian pastikan dulu kondisinya.

Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, biasanya akan muncul notifikasi lampu indikator yang menyala. Alasan lain RTO muncul, mungkin karena LAN Card tersebut belum terinstall. Selain memperhatikan kondisi LAN Card, pastikan juga drivernya.

6. Packet Ping Tidak Sampai Tujuan

Berikutnya, penyebab RTO yaitu ping tidak sampai ke komputer pengirimnya. Ada beberapa faktor ping balasan tidak sampai, bisa jadi dikarenakan koneksi jaringan terputus. Selain itu, terjadinya permasalahan pada switch mempengaruhi RTO. Pasalnya jika switch mengalami kerusakan maka sangat berpengaruh terhadap jaringan komputer, sehingga perintah yang diberikan tidak diterima oleh server dan tidak mendapat balasan.

7. Kabel Jaringan Tidak Terhubung dengan Baik

Penyebab RTO yang selanjutnya yaitu kabel jaringan yang digunakan tidak terhubung dengan baik. Jadi, sebelum anda melakukan pencarian pada browser, pastikan jika terlebih dahulu melakukan pengecekan pada kabel jaringannya.

8. Banyaknya Hop yang Dilewati

Terakhir, penyebab RTO adalah dikarenakan banyaknya hop yang dilewati. Hop adalah koneksi perantara dalam serangkaian koneksi yang menghubungkan dua perangkat. Jadi, jika ping terlalu banyak melewati hop, maka balasan tidak akan sampai ke komputer yang Anda gunakan.

Selain itu, tidak adanya koneksi internet yang kuat juga dapat mempengaruhi tertundanya mengirim perintah pada server yang dituju. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan jika melakukan pengecekan koneksi internet yang digunakan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi RTO

Berikut ini terdapat cara mengatasi RTO yang benar, yakni:

1. Check kembali penulisan IP tujuan pada sintaks ping.

2. Check kembali apakah pemasangan kabel sudah tepat di komputer tujuan.

3. Check kembali NetID pada komputer tujuan.

4. Matikan firewall di kedua komputer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.