Sukses

15 Wisata di Gunung Kidul Paling Populer yang Sayang Dilewatkan, dari Air Terjun hingga Pantai

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Gunung Kidul menyajikan atraksi wisata yang memukau dengan keindahan alamnya. Gunung Kidul adalah sebuah kabupaten di bagian tenggara Provinsi Yogyakarta dan bagian barat Gunung Sewu perbukitan kapur selatan. 

Meskipun berada di daerah perbukitan kapur, kabupaten ini memiliki banyak objek wisata di Gunung Kidul yang memukau seperti pantai, budaya, situs, candi, dan wisata alam lainnya seperti air terjun dan juga Goa. Meski terkenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan, Gunung Kidul memiliki banyak pantai eksotis seperti pantai Baron, Drini, dan Sadranan.

Destinasi wisata di Gunung Kidul juga menyajikan makanan laut segar di sekitar Pantai Baron yang akan melengkapi kunjungan wisatawan yang ingin berwisata kuliner sambil menyaksikan keindahan laut. Selain itu, ada juga Gua Pindul, objek wisata alam yang menjadi salah satu Geopark UNESCO di antara empat lainnya.

Untuk referensi liburan di Gunung Kidul, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi selama berlibur di Yogyakarta. Selasa (13/9/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Di Gunung Kidul Paling Populer

1. Air Terjun Sri Gethu

Salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya anda harus menyusuri sungai dengan menggunakan rakit. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan tebing kapur dan pepohonan yang rimbun.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki 3 mata air yaitu ngandong, dong poh dan ngumbul. Ketiga mata air ini berkumpul dan mengalir melalui tebing-tebing tinggi yang membentuk air terjun Sri Gethuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan 3 hingga 5 air terjun.

 

2. Air Terjun Luweng Sampang

Selain air terjun Sri Gethuk, di kawasan Gunung Kidul juga terdapat air terjun Luweng Sampang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan debit air yang cukup rendah. Keindahan air terjun ini akan berubah sesuai musim. Saat musim hujan, debit air di sini akan sangat besar dan berwarna coklat.

Sedangkan jika musim kemarau datang airnya lebih kecil dan airnya sangat jernih. anda bisa merasakan suasana tenang disini dan anda juga bisa bermain air disini karena disini terdapat kolam air yang tidak terlalu dalam. Tempat wisata di Gunung Kidul ini juga sering dijadikan tempat untuk foto prewedding karena pemandangannya yang sangat indah.

 

3. Bukit Kosakor

Gunung Kidul memang diidentikkan dengan wisata pantainya yang dikenal memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Selain pantai, Gunung Kidul juga memiliki tempat wisata perbukitan bernama Bukit Kosakora. Bukti ini berada di atas hamparan luas Pantai Ngrumput. Bagi yang suka camping, bukit ini menjadi pilihan yang tepat karena pada sore dan pagi hari kita bisa bermain di pantai.

Pada malam hari kita bisa mendengar suara deburan ombak dan bintang-bintang bertaburan di langit. Namun untuk mencapai bukit Kosaka, anda harus melakukan trekking untuk mencapai puncaknya. Meski akan melelahkan, rasa lelah itu akan terbayar saat sampai di puncak bukit.

3 dari 6 halaman

Wisata Di Gunung Kidul Paling Populer

4. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib anda kunjungi. Terletak di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di pagi dan sore hari anda bisa melihat dengan jelas keindahan alam Embung Batara Srinten.

Tempat wisata ini berada di ketinggian 859 meter di atas permukaan laut, menjadi waduk tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari puncak ini kita bisa melihat cahaya matahari pertama yang mengawali hari dan juga saat kita kembali ke perlombaan. Di sini anda bahkan bisa melihat rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat mendaki puncak Mangir.

 

5. Embung Nglanggeran

Danau buatan ini berfungsi untuk menampung air hujan dan nantinya bisa digunakan untuk mengairi perkebunan petani saat musim kemarau. Embung Nglanggeran terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini terletak di gunung berapi puerba yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dari ketinggian.

Destinasi wisata ini juga dikelilingi oleh perkebunan buah-buahan yang ditanam warga sekitar. Memiliki pesona alam yang eksotis, banyak wisatawan yang datang untuk sekedar berfoto atau menikmati keindahannya. Selain itu, karena berada di atas ketinggian, tempat ini sering digunakan untuk paralayang atau paralayang.

 

6. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di Gunung Kidul. Terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Di goa ini, anda bisa menemukan keunikan berupa perbukitan karst dan goa-goa yang dialiri sungai bawah tanah.

Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas di sepanjang sungai maupun di sepanjang gua menggunakan alat yang disediakan oleh pengelola. Sungainya berkelok-kelok, airnya berwarna hijau kebiruan kontras dengan tanahnya yang coklat, tebing dan dedaunan yang hijau.

4 dari 6 halaman

Wisata Di Gunung Kidul Paling Populer

7. Goa Pindul

Terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, tempat wisata ini cocok untuk keluarga karena anak-anak bisa bermain di sini. Karena aliran sungainya tenang dan tidak terlalu deras. Wisata ini dikenal karena cara melewati goa yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas sungai bawah tanah di dalam goa.

Aliran sungai bawah tanah ini dimulai dari mulut goa hingga ujung goa, di dalam goa terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu ban pelampung. Penjelajahan Gua Pindul memakan waktu kurang lebih satu jam yang akan berakhir di sebuah bendungan.

 

8. Gua Jomblang

Saat ini Goa Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan telah dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang dikelola oleh warga atau warga sekitar. Bagi anda yang ingin menuruni goa vertikal ini, pihak pengelola telah menyediakan perlengkapan yang lengkap sesuai standar keselamatan.

Ada yang menarik dari goa ini, yaitu sinar matahari yang menembus dari Luweng Brubug setinggi 90 meter membentuk pilar cahaya. Cahaya ini menerangi flowstone yang indah dengan gua yang gelap gurita, ditambah air yang menetes dari ketinggian membuat pemandangan menjadi sangat indah.

 

9. Desa Hijau Gedangsari

Setiap hari libur, hampir semua tempat wisata di Gunungkidul selalu diserbu banyak wisatawan. Secara umum, kawasan pantai adalah yang paling banyak dikunjungi. Namun tidak hanya pantainya saja yang memukau, objek wisata Kampung Hijau Gedangsari juga menawarkan pesona keindahan alam.

Tempat wisata ini kental dengan nuansa hijau karena berada di daerah pegunungan. Terlihat rumah-rumah dan jalan yang tampak begitu kecil di lereng pegunungan. Disini banyak terdapat shelter seperti gazebo jika anda berencana datang pada siang hari. Tak hanya menyuguhkan panorama perbukitan yang hijau, hamparan terbuka dari ketinggian juga bisa anda temukan di sini.

5 dari 6 halaman

Wisata Di Gunung Kidul Paling Populer

10. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung ini merupakan salah satu tempat pendakian andalan di Gunungkidul. Gunung Api Purba Nglanggeran terbentuk sekitar 60 -70 juta tahun yang lalu, gunung ini memiliki batuan yang sangat khas karena didominasi oleh aglomerat dan breksi vulkanik. Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, yang berada di deretan Pegunungan Baturagung.

Gunung ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah dan menawarkan panorama bintang di malam hari. Di sini anda juga bisa panjat tebing atau rock climbing yang cukup menantang. Menikmati pemandangan alam dari atas puncak tentu sangat menyenangkan.

  

11. HeHa Ocean View

HeHa Ocean View merupakan salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang menawarkan pemandangan laut selatan yang sangat indah. Lokasinya tepat berada di pinggir tebing sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas yang menakjubkan. anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas di sini seperti tempat nongkrong, panggung musik, beberapa spot foto, angkringan dan lain-lain.

 

12. HeHa Sky View

Wisata di Gunung Kidul yang selanjutnya adalah HeHa Sky View. Tempat ini terletak di Jalan Dlingo Patuk nomor 2, Bukit Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Heha Ocean View menyuguhkan pemandangan laut lepas, Heha Sky View menawarkan pemandangan kota dengan lampu-lampu yang sangat indah. Tempat ini juga memiliki beberapa spot foto instagramable yang berada di atas ketinggian, antara lain sky bridge, sky plane, sky glass, climbing wall, sky balloon, suparman dan sky love.

6 dari 6 halaman

Wisata Di Gunung Kidul Paling Populer

13. Pantai Watu Katak

Tempat wisata di Gunung Kidul ini tidak memiliki garis pantai yang sangat panjang minimal 600 meter. Namun panorama yang disuguhkan oleh pantai Watu Kodok tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasir putihnya yang berpadu dengan deburan ombak laut membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum. Apalagi ada bukit karang di sebelah timur garis pantai yang bakal jadi spot foto keren. Dari atas bukit, anda bisa menikmati pemandangan laut biru yang bisa menyegarkan pikiran anda.

 

14. Pantai Indrayanti

Selain kawasan wisata Kaliurang, pantai Gunungkidul juga tak kalah indahnya, salah satunya Pantai Indrayanti. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pulang Sawal. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih berpadu dengan birunya air laut. Jika diperhatikan lebih dekat, pantai ini berbeda dengan pantai pintar Gunungkidul. Ada juga beberapa fasilitas yang sangat lengkap di sini.

 

15. Pantai Timang

Terakhir ada Pantai Timang, pantai ini wajib dikunjungi jika kamu berlibur ke Yogyakarta. Tempat wisata ini juga merupakan salah satu wisata ekstrim di Indonesia, karena menawarkan gondola yang terbuat dari kayu dan tali, dimana dibawahnya terdapat batu karang dan ombak yang sangat besar. Untuk menaiki gondola ini, anda membutuhkan mental yang kuat. Bagi anda yang takut ketinggian, lebih baik tidak mencobanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.