Sukses

8 Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Doanya dalam Agama Islam

Cara menghilangkan rasa malas perlu kamu lakukan dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan rasa malas tentunya dibutuhkan oleh setiap orang. Kerap kali rasa malas membuat banyak orang jadi tidak melakukan apa-apa. Akibatnya, rasa malas membuat seseorang tidak produktif.

Rasa malas bisa menghambat keseharian seseorang. Tidak hanya itu, rasa malas sering kali juga memiliki dampak kepada orang lain. Pekerjaan yang membutuhkan kerja sama tim tentu akan terhambat bila salah satu anggota tim malas melakukan bagiannya.

Cara menghilangkan rasa malas perlu kamu lakukan dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Kemudian kamu juga bisa melakukan langkah-langkah lainnya agar rasa malas tidak menghampiri lagi.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022) tentang cara menghilangkan rasa malas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Mengenali Penyebabnya

Cara menghilangkan rasa malas yang pertama yaitu mengenali penyebabnya. Kamu perlu merenungkan penyebab dari rasa malas yang kamu rasakan. Penyebab rasa malas yang sedang kamu alami bisa jadi karena lelah, kewalahan, atau bahkan takut. Hal ini membuat motivasimu untuk melakukan aktivitas menurun. Kamu bisa memulai proses mengenali penyebab kemalasan dengan mencatat aktivitas harian yang kamu lakukan, setidaknya selama 1 minggu.

Aktivitas ini akan membuatmu lebih mudah mendeteksi kegiatanmu dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah kemalasanmu. Apabila rasa malas muncul karena rasa lelah, beristirahatlah sejenak dan fokuskan diri untuk rileks. Jika penyebabnya adalah kewalahan karena terlalu banyaknya tugas, ada baiknya kamu istirahat sesaat guna mengatur prioritas dan mengatasinya satu per satu.

Membuang Pikiran Negatif

Membuang pikiran negatif adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas. Kemalasan tidak jarang berujung pada munculnya rasa bersalah dan pesimis karena kamu merasa gagal dan tidak menghasilkan apapun. Mulailah berpikir positif dengan menyemangati diri bahwa kamu bisa menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan hari ini juga. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan. Bila kamu tidak memulainya, tidak akan ada pekerjaan yang selesai.

Hindari Sikap Perfeksionis

Cara menghilangkan rasa malas berikutnya adalah menghindari sikap perfeksionis. Sebuah analisis Psychological Bulletin mengungkapkan bahwa seorang yang malas mengalami peningkatan perfeksionisme dalam kurun waktu yang lama. Lingkungan kerja yang menuntut kesempurnaan juga menjadikan anak muda lebih kompetitif. Hal ini juga menjadi penyebab mereka menjadi lebih kritis terhadap dirinya sendiri.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Makan Sehat dan Cukup

Penuhi asupan makanan atau sumber energi merupakan salah satu cara menghilangkan rasa malas. Kamu dapat memulainya dengan memilih asupan makanan kaya energi dan bergizi. Konsumsi makanan yang tinggi protein sendiri kemudian dapat meningkatkan energi serta menjaga kadar gula darah dalam keadaan yang stabil. Hal ini juga sekaligus akan membuatmu semangat dalam beraktivitas setiap hari. Beberapa asupan ini di antaranya dada ayam, daging sapi, telur, susu, keju, tahu, yoghurt, pisang dan tempe. Selain itu hindari juga berbagai asupan makanan tinggi lemak dan gula, sebab jenis-jenis makanan ini lebih lama dicerna serta dapat memicu meningkatnya kandungan gula dalam darah.

Istirahat yang Cukup

Selain makan, cara menghilangkan rasa malas juga bisa dengan beristirahat cukup. Jika tubuh dibiarkan tidak mendapatkan istirahat, rasa malas akan menghampiri. Untuk mengatasinya, kamu perlu istirahat cukup setiap kali selesai mengerjakan sesuatu. Selain itu, sebaiknya tidur 7–9 jam setiap malam agar tubuh terasa segar dan siap untuk mengatasi hari yang akan datang.

Lakukan Mulai dari yang Termudah

Buatlah daftar pekerjaan dimulai dari yang termudah untuk dilakukan saat baru mulai bekerja. Mengerjakan pekerjaan dimulai dari yang tersulit tentunya akan memakan banyak waktu dan pikiran yang lebih lama. Hal ini kemudian akan membuatmu merasa kelelahan setelah selesai mengerjakannya.

Dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu kemudian kamu akan dapat mengontrol mood untuk tetap dapat bekerja secara konsisten. Tugas yang telah kamu selesaikan sebelumnya akan meningkatkan motivasi agar dapat menyelesaikan seluruh to-do-list. Hal ini kemudian dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas dalam mengerjakan sesuatu.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Mengapresiasi Diri

Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Kamu secara tidak langsung memotivasi diri untuk fokus pada apa yang kamu lakukan demi reward di akhir jalan yang telah kamu rencanakan ini. Ada banyak cara untuk menunjukan penghargaan diri atas pekerjaan yang kamu lakukan dengan baik. 

Tentukan tujuan dan tetapkan penghargaan yang sesuai. Misalnya dengan memberi hari untuk istirahat dan staycation setiap kali proyek besar berhasil kamu selesaikan. Mengatasi rasa malas memang tidak mudah. Perlu disiplin dan proses maupun usaha yang kontinyu agar kamu senantiasa dapat mengusirnya. Ingatlah bahwa cara menghilangkan rasa malas bekerja harus mulai dari diri sendiri!

Cari Suasana Baru

Saat ingin produktif cari ruang-ruang kerja publik seperti perpustakaan, cafe atau co-working space di mana kamu dikelilingi orang-orang yang bekerja juga atau kegiatan. Tentunya pilih tempat dengan protokol kesehatan yang ketat. Berada di sekitar orang lain yang bekerja keras dapat memotivasi kita untuk bekerja keras juga. Kamu bisa juga menciptakan suasana ini di rumah dengan menentukan tempat kerja bersama dengan anggota keluarga di rumah agar lebih fokus. Atau secara berkala ubah layout ruang kerja untuk mendapatkan suasana baru.

5 dari 5 halaman

Doa Menghilangkan Rasa Malas

Cara menghilangkan rasa malas juga bisa dengan berdoa bagi umat Islam. Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memohon perlindungan dari rasa malas dengan mengamalkan doa berikut ini:

Allahumma inni a‘udzubika minal kasali wa a‘udzubika minal jubni wa a‘udzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.