Sukses

3 Solusi Bebas Cemas Buat Generasi Z, Dijamin Lebih Happy!

Eksplorasi dunia baru melalui kepercayaan dan bakat yang dimiliki, bisa memulihkan rasa kecemasan sedikit demi sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak masyarakat terutama generasi Z sedang menghadapi masa sulit yang berpengaruh pada kesehatan mental mereka. Salah satu faktornya adalah kecemasan karena situasi yang dinilai tidak menentu. 

Menurut survei UNICEF berjudul The State of the World's Children 2021, terdapat 1 dari 5 anak muda yang sering merasa depresi. Bentuk gangguannya pun beraneka ragam mulai dari merasa kebingungan, keraguan, dan yang paling sering adalah selalu membandingkan kehidupannya dengan orang lain, 

Agar bisa hidup lebih happy, berikut 3 poin yang bisa jadi solusi ketenangan hidup:

1. Explore Dunia Baru

Di tengah berbagai permasalahan yang dihadapi, kamu bisa memutuskan untuk beristirahat sejenak dan melakukan kegiatan yang disuka untuk memulihkan kesehatan mental. Tujuannya, selain untuk mengalihkan pikiran dari kecemasan, berguna untuk membuat diri menjadi lebih produktif dan bisa mengenal dunia baru. 

Misalnya, jika suka travelling, mulailah trip ke beberapa kota dan menikmatinya dengan kulineran, dan berkenalan dengan suasana baru. Atau jika suka menyanyi, asah bakat dan kepercayaan diri dengan bikin cover lagu di media sosial.

Siapa tahu, dengan melakukan explore dunia baru melalui kepercayaan dan bakat yang dimiliki, bisa memulihkan rasa kecemasan sedikit demi sedikit. Serta bisa menghasilkan karya baru yang bernilai jual. So, pulihkan rasa cemas-mu dengan explore kegiatan yang menyenangkan!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. #LoveMyself

Penting bagi kamu untuk bisa mengenali dan mencoba memahami perasaan diri sendiri. Kamu harus bisa mengenali apa yang sedang dirasakan, seperti marah, sedih, cemas, dan kecewa. Penyebab kesehatan mental pun beraneka ragam. Mulai dari kesulitan menerima diri apa adanya, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, serta merasa kurang nyaman saat menunjukkan sifat asli diri sendiri. 

Bahkan menurut sejumlah riset, seseorang dengan self-love yang rendah lebih rentan terserang penyakit mental. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mampu menerima serta mencintai diri sendiri agar kondisi mental mampu menjadi lebih sehat seperti lagunya Hailee Steinfeld yang berjudul Love Myself.

3. Beri Penghargaan untuk Diri Sendiri

Jika sudah mulai menikmati setiap proses dalam menjalani hari, biasanya kecemasan akan pudar secara perlahan. Supaya kesehatan mentalmu makin lebih baik, kamu juga bisa memberikan self reward atau penghargaan untuk dirimu sendiri yang telah berusaha keras selama ini. 

Bentuk penghargaannya pun beraneka ragam mulai dari berlibur, menikmati cemilan favorit sembari menonton series dirumah, hingga night out bersama teman-teman dekatmu. 

Saat memberikan self reward, kamu juga bisa lho memanfaatkan aplikasi DANA. Dompet digital yang memiliki perlindungan DANA Protection ini bisa membantu kamu untuk lebih Bebas Cemas saat bertransaksi untuk self reward.

Gimana nggak, DANA memiliki sistem perlindungan berlapis PIN, Kode OTP dan DANA Viz (fitur Verifikasi Wajah di DANA) yang akan memastikan setiap transaksimu bisa berjalan dengan aman & #BebasDrama.

Dengan begini, pastinya kamu pun bisa mengurangi rasa cemas di kehidupanmu dan hidup dengan lebih happy sebagai Gen Z.

Yuk, ikuti 3 solusi diatas dan jangan lupa download dan pakai aplikasi DANA sekarang juga, biar selalu tenang dalam menjalani hari!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini