Sukses

Fakta Unik Batu Safir Terindah di Dunia, Segera Miliki Koleksinya!

Liputan6.com, Jakarta Pesona dan kecantikan batu safir tak perlu diragukan lagi. Pria dan wanita manapun yang melihat pastinya akan berbinar-binar. Ditambah lagi nilai taksiran batu safir yang begitu tinggi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa precious stone ini memiliki pesona tersendiri bagi para pencinta perhiasan. GIA, (Gemological Institute of America) di tahun 2019 mengatakan bahwa batu safir merupakan salah satu dari 3 batu permata; selain rubi dan emerald, yang bernilai paling tinggi karena warnanya.

Selain identik sebagai batu kelahiran di bulan September, batu safir perhiasan wanita ini terkenal sebagai cincin tunangan terbaik karena intensitas warna dan kualitasnya. Selain memang dipergunakan juga pada jenis aksesoris atau  lainnya seperti gelang, kalung maupun anting-anting.

Berikut fakta unik dari batu safir yang perlu Anda ketahui, dan rekomendasi perhiasan dengan batu safir terbaru.

1. Simbol Kelahiran Bulan September

Safir merupakan salah satu permata paling populer dan dianggap menjadi birthstone atau batu kelahiran bulan September, sekaligus menjadi tanda zodiak keenam yaitu Virgo.

Tidak hanya itu, safir juga memiliki kekuatan yang sama seperti rubi. Keduanya sama-sama berada pada posisi kedua, sebagai permata terkeras dan terkuat setelah berlian. Batu ini mengandung makna kemurnian, kebijaksanaan, kesucian, keberuntungan, dan ketulusan.

2. Diambil dari Bahasa Yunani

Nama safir diyakini berasal dari kata Yunani sapphirus yang berarti ‘biru’. Safir telah menjadi batu permata berharga selama berabad-abad, dan telah sangat populer sejak abad pertengahan. Bahkan, terdapat legenda kuno yang menyatakan bahwa bumi terletak di atas safir sehingga membuat langit berwarna biru. Maka dari itu, orang Mesir kuno mengaitkan safir dengan ‘mata Horus’ (mata di langit).

Orang-orang Romawi banyak yang mengagumi keindahan permata ini. Sehingga, safir selalu dikenal karena dipakai oleh raja-raja yang diyakini mewakili kebijaksanaan. Pada saat jaman kuno, safir dikenal pula sebagai penangkal racun dan juga sebagai obat untuk sejumlah penyakit.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

3. Filosofi Batu Safir

Batu permata tertentu dipercaya memiliki kaitan dengan zodiak atau bulan kelahiran. Permata seperti ini dikenal sebagai batu kelahiran. Pada zaman kuno, arti dari batu-batu ini dilambangkan oleh asosiasi mereka dengan peristiwa dalam sejarah.

Batu kelahiran diyakini memiliki energi dari planet sehingga bisa mempengaruhi waktu kelahiran seseorang. Tidak hanya itu, batu ini bisa mampu mempengaruhi kondisi emosional dan fisik pemakainya serta dipercaya memiliki kekuatan penyembuhan.

4. Penghasil Batu Safir Terbaik

Sri Lanka adalah penghasil batu safir terbaik di dunia sejak awal ditemukannya, pada abad ke-7. Negara ini terkenal karena memproduksi beberapa safir paling terkenal di dunia. Salah satu contohnya adalah Belle of Asia, yang mencatat rekor sebagai safir biru segi empat terbesar yang dijual dan dilelang di Christie's Geneva, tahun 2014. Tidak hanya Sri Lanka saja, wilayah lain yang juga memiliki cadangan safir antara lain Australia, Amerika, Myanmar, Cina, Thailand, Kenya, Tanzania, dan Nigeria.

5 Cincin Tunangan Lady Diana Dipakai Kate Middleton

Perhiasan safir yang paling terkenal adalah cincin yang diberikan pangeran Charles kepada Lady Diana di tahun 1981, ketika mereka bertunangan. Cincin tersebut tersusun atas safir biru berbentuk oval seberat 18 karat, dan dikelilingi oleh berlian.

Tidak hanya itu, cincin pertunangan milik Lady Diana itu kini sudah melekat di jari manis Princess of Wales, Kate Middleton. Diberikannya cincin tersebut sebagai bentuk hormat Pangeran William untuk menyertakan ibunya di hari pernikahannya.

6. Bisa Tampil Modis dan Elegan

Bukan hanya di Sri Lanka dan cincin cantik Kate Middleton, kini batu safir telah menjadi perhiasan mewah yang populer di Indonesia. Untuk merayakan Anniversary di bulan September ini, MONDIAL, merek perhiasan internasional ternama sejak 1979 menghadirkan perhiasan Azure Collection yang menampilkan ciri khas gaya art deco dalam mencerminkan kekaguman akan kerapian geometris, serta menciptakan keanggunan dengan gaya anti-tradisional yang melambangkan kekayaan dan kecanggihan.

MONDIAL selalu mengutamakan warisan makna dan keterampilan seniman dalam setiap hasil karyanya, termasuk mempersembahkan koleksi perhiasan Azure dengan kreasi keindahannya dan kualitas material terbaik. Koleksi perhiasan Azure yang diluncurkan untuk merayakan Anniversary MONDIAL ini terdiri dari anting-anting cantik, cincin, liontin, gelang, dan kalung yang berhiaskan berlian dan safir biru.

Gaya art deco ditandai dengan kerapian geometris yang diekspresikan melalui garis presisi yang percaya diri, sudut tajam, dan pola linier. MONDIAL dengan Azure Collection ini ditujukan untuk para wanita yang suka tampil berbeda dalam mengekspresikan dirinya dan mewujudkan kebanggaan serta martabat yang menjadi bagian dari kaum wanita. Yang terpenting, MONDIAL juga melambangkan wanita independen dan profesional yang gemar tampil elegan dan modis, serta mengagumi perhiasan untuk dijadikan koleksi warisan turun temurun. Tidak hanya itu, perhiasan wanita terbaru dengan sentuhan batu safir sebagai batu permata utama, diyakini dapat menarik kelimpahan, berkah, dan hadiah di masa depan.

Mau tampil cantik ala wanita independen? Segera dapatkan koleksi perhiasan mewah dengan batu safir di Indonesia, lewat Azure Collection di butik MONDIAL. Dapatkan pula informasi menarik seputar perhiasan berlian MONDIAL lainnya, dengan mengikuti website MONDIAL, serta instagram @mondial.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.