Sukses

Landscape adalah Tata Ruang di Luar Gedung, Ini Maknanya dalam Fotografi dan Bentang Alam

Landscape adalah istilah yang mungkin kerap kamu temui saat mengambil foto di ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Landscape adalah istilah yang mungkin kerap kamu temui saat mengambil foto di ponsel. Istilah ini memang identik dengan mode kamera pada ponsel, di mana ada penggunaan secara potret dan lanskap atau landscape.

Walaupun begitu, kata landscape juga digunakan dalam bidang tata ruang. Penggunaan istilah landscape cukup luas dan umum di berbagai bidang. Namun, maknanya tidak jauh berbeda pada masing-masing bidang tersebut.

Tidak hanya berkaitan dengan mode kamera di ponsel, landscape juga merujuk pada bentang alam. Lanskap merupakan aspek penataan ruang, seperti pemanfaatan luas lahan, pembagian area, hingga aliran akses untuk mobilisasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) tentang landscape adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Landscape dalam Fotografi

Landscape Photography

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, landscape adalah istilah yang identik dengan pemakaian kamera atau foto. Dalam fotografi, landscape adalah salah satu jenis fotografi yang cocok untuk penyuka traveling, yang tentunya ingin mengabadikan pemandangan indah.

Landscape adalah jenis fotografi yang menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, yang kadang-kadang luas dan tak berujung, tapi kadang mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Tipe foto ini biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

Portrait Photography

Fotografi potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah yang dominan. Tujuannya adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam sebuah posisi. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.

Tidak seperti banyak gaya fotografi lain, subjek fotografi potret seringkali model non-profesional. Contohnya seperti potret keluarga memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, mungkin secara profesional diproduksi atau mungkin vernakular dan yang paling sering dimaksudkan untuk melihat pribadi bukan untuk pameran.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Fotografi Lainnya

Food Photography

Jenis fotografi makanan adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

Fashion Photography

Fashion Photography ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris. Di sini, fotografi fashion sendiri digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris

Street Photography

Street Photography atau fotografi jalanan adalah jenis fotografi bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari. Street photography menggunakan sebuah teknik dari (straight photography atau pure photography) yang di dalamnya menunjukkan suatu visi atau tujuan yang murni dari suatu hal seperti cerminan dari kondisi masyarakat. Fotografi jalanan dalam pengambilan gambarnya lebih mengutamakan objek.

Wedding Photography

Wedding Photography adalah jenis fotografi yang dilakukan sebelum acara pernikahan, atau banyak diketahui orang dengan sebutan Pre Wedding. Jenis fotografi ini membutuhkan fotografer yang berpengalaman karena dibutuhkan keahlian untuk menangkap momen-momen penting. Biasanya dibutuhkan lebih dari ratusan foto, baik berupa foto warna, BW (black and white), dan sepia.

Commercial Advertising Photography

Jenis fotografi ini adalah kegiatan yang proses merekam gambarnya biasanya dibuat menarik dengan bantuan editing dan computer graphics, dan bertujuan untuk keperluan promosi atau iklan. Hal ini karena fotografi memainkan peran penting dalam periklanan, fotografer profesional banyak mengabdikan karier mereka untuk fotografi iklan. Kebutuhan untuk menyalin iklan unik dan eye-catching berarti fotografer dapat bekerja dengan beberapa jenis fotografi, termasuk macro photography dan fotografi glamor. Contohnya banyak terdapat di iklan-iklan dalam media massa.

4 dari 4 halaman

Landscape dalam Bentang Alam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lanskap atau landscape adalah tata ruang di luar gedung, untuk mengatur pemandangan alam. Selain itu, makna lainnya landscape adalah jumlah total aspek setiap daerah, baik pedesaan maupun kota. Landscape adalah istilah yang dikenal juga dengan bentang lahan atau bentang alam.

Landscape adalah istilah yang merujuk pada susunan daerah tanah dan representasi visualnya, khususnya seperti yang digambarkan dalam lukisan. Dalam hal fisik, istilah lanskap adalah penafsiran visual atas susunan tanah, karena ini adalah cara utama di mana lanskap dirasakan.

Landscape memiliki beberapa kategori unsur. Berikut beberapa kategori unsur utama landscape yang perlu kamu ketahui:

- Bentuk tanah

- Vegetasi

- Unsur struktural buatan manusia

- Kedalaman dan luas pandangan

Selain itu, landscape bisa juga termasuk badan air, bentuk kehidupan lain, seperti fauna, keberadaan manusia, representasi artistik buatan manusia, dan arah pencahayaan.

Bentuk tanah didasarkan pada sekumpulan unsur yang termasuk ketinggian, kecuraman, orientasi, stratifikasi, pajanan cadas, dan jenis tanah. Menurut namanya, bentuk tanah termasuk gundukan, bukit, tebing, lembah, dan lain-lain. Praktik mendesain landscape untuk kepuasan visual dan aspek fungsional lainnya adalah arsitektur lanskap, yang ahlinya disebut arsitek lanskap. Bila istilah landscape merujuk pada lukisan diam, cuaca dan keadaan udara juga unsur penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.