Sukses

Cara Membuat Kartu Ucapan Online Gratis, Bisa Gunakan Microsoft Word atau Canva

Cara membuat kartu ucapan online bisa menggunakan template yang sudah ada.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kartu ucapan online bisa dengan menggunakan beberapa software atau aplikasi. Berbagai aplikasi seperti Canva, PicsArt, Story Art, Adobe Spark, hingga Microsoft Word bisa kamu gunakan untuk membuat kartu ucapan.

Cara membuat kartu ucapan dengan Microsoft Word tentunya menjadi yang paling sederhana. Hal ini tidak terlepas dari pengunaannya yang sudah familier bagi banyak orang. Langkah-langkah pembuatan kartu ucapan di Word pun juga tidak begitu sulit.

Cara membuat kartu ucapan online bisa menggunakan template yang sudah ada. Dengan begitu, kamu hanya perlu memikirkan kata-katanya saja. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat kartu ucapan dengan Microsoft Word dan Canva yang cukup sederhana.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) tentang cara membuat kartu ucapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Microsoft Word (Menggunakan Template)

Gunakan Template

Cara membuat kartu ucapan dengan Microsoft Word yang paling mudah adalah memanfaatkan template. Di Microsoft Word tersedia ratusan template yang bisa kamu unduh secara gratis. Untuk mengakses template ini, kamu cukup buka Microsoft Word, pilih file>new dan pilih template yang tersedia.

Pastikan bahwa komputermu tersambung dengan internet agar template bisa diakses. Untuk memilih template kamu bisa menentukan kategori apa yang kamu cari. Kamu bisa masuk ke kategori cards dan mulai mencari template yang cocok untuk kartu ucapanmu. Setelah memilih template, klik download pada sisi kanan. Setelah selesai, lembar kerjamu akan terisi template yang sudah kamu pilih.

Edit Template

Setelah mendapatkan template, kamu bisa mulai mengeditnya. Biasanya template sudah disertai dengan Text Box yang bisa diisi dengan pesan-pesan yang ingin kamu berikan. Jika tidak ada text box, kamu bisa memasukkannya secara manual di Insert>Text>Text Box.

Untuk membuat text box terlihat transparan, kamu bisa klik Format, pada bagian shape styles klik shape fill dan pilih no fill.

Masukkan ucapan yang ingin kamu sampaikan. Atur posisi sesuai keinginanmu. Setelah itu kamu bisa menambahkan ilustrasi atau foto di kartu ucapanmu. Untuk ilustrasi kamu bisa memanfaatkan Clip Art yang ada pada menu Insert. Untuk foto kamu bisa menyisipkannya melalui Insert>Picture.

Mencetak Kartu Ucapan

Kamu bisa menyimpan kartu ucapan yang telah kamu buat dalam format word atau pdf. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencetaknya. Untuk menyimpan, klik file>save as atau ctrl+s. Pada bagian save as type, pilih format yang kamu inginkan. Lalu klik save.

Untuk mencetak, kamu bisa mencetaknya langsung dari Microsoft Word. Caranya klik File>Print lalu pilih printer, tentukan jumlah yang ingin diprint lalu klik print. Kartu ucapan kelahiran sudah siap digunakan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Microsoft Word (Manual)

Jika kamu ingin mendesain sendiri kartu ucapanmu tanpa template, kamu bisa membuatnya secara manual. Cara membuat kartu ucapan dengan Microsoft Word secara manual cukup mudah. Caranya, buka Microsoft Word dan buat lembar kerja kosong. Kamu bisa memanfaatkan menu Insert untuk membuat desain kartu.

Untuk membuat garis dan bidang, gunakan Insert>Shapes. Pilih bentuk rectangle sebagai cara membuat kartu ucapan. Atur warna dan ukuran. Untuk mengatur warna dan ukuran, klik format. Untuk ukuran, tentukan ukuran di bagian size di kanan atas. Untuk warna, kamu bisa mengaturnya di bagian shape style.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengisi kartumu dengan menyisipkan Text Box, Clip Art, foto, atau bentuk lain di shape. Kamu juga bisa membuat desain kartumu dengan menggunakan pilihan font yang berbeda. Cara mengisi kartu ini sama dengan cara membuat kartu ucapan dengan Microsoft Word menggunakan template.

Kamu bisa menyimpan kartu ucapan yang telah kamu buat dalam format word atau pdf. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencetaknya. Untuk menyimpan, klik file>save as atau ctrl+s. Pada bagian save as type, pilih format yang kamu inginkan. Lalu klik save.

Untuk mencetak, kamu bisa mencetaknya langsung dari Microsoft Word. Caranya klik File>Print lalu pilih printer, tentukan jumlah yang ingin diprint lalu klik print. Kartu ucapan kelahiran sudah siap digunakan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Canva

Cara membuat kartu ucapan juga bisa menggunakan Canva. Aplikasi ini juga tidak begitu sulit dipelajari, sehingga kamu bisa membuat kartu ucapan dengan mudah. Berikut cara membuat kartu ucapan dengan Canva:

1. Buka Canva dan masuk atau daftar akun baru menggunakan email, profil Google, atau Facebook. Kemudian pilih menu 'Cards' untuk mulai desain.

2. Pilih salah satu desain template kartu ucapan yang sesuai dengan keinginan, sekaligus memilih tema serta warna dan gaya. Kamu bisa mengeditnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Kemudian, pilihlah kata-kata ucapan yang menyentuh sesuai dengan tujuan kamu membuat kartu ucapan.  

4. Lalu, atur warna dan font yang sesuai. Kamu juga bisa mengunggah foto untuk menambah kesan.

5. Simpan desain kalian dengan format file PDF, JPG, atau PNG. Dan kartu ucapan digital sudah siap disimpan dan dibagikan.

Cara membuat kartu ucapan dengan Canva juga bisa dengan menggunakan berbagai latar belakang dan bingkai. Kamu juga bisa menambahkan lebih banyak ilustrasi dan gambar. Lalu cobalah berbagai filter, dan kamu bisa bereksperimen dengan memotong dan mengubah ukuran gambar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.