Sukses

50 Wisata di Jogjakarta yang Wajib Dikunjungi, dari Malioboro Hingga Bukit Pengilon

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Jogjakarta terkenal sebagai salah satu destinasi liburan yang menyenangkan. Hal ini tidak terlepas dari destinasi alam Jogja yang begitu menawan ditambah dengan budayanya yang menarik. Apalagi, kebanyakan tempat wisata di Jogja tidak menguras kantong.

Wisata di Jogjakarta sangat beragam, mulai dari wisata budaya yang berlokasi dekat kota, hingga destinasi wisata alam cukup jauh. Kamu bisa mengunjungi alam pegunungan di bagian utara hingga alam laut di selatan.

Wisata di Jogjakarta sangat lengkap, mulai dari alam pegunungan hingga laut atau pantai. Tidak heran Jogja menjadi salah satu destinasi favorit bagi segala usia. Keindahan suasana kota yang syahdu penuh dengan nilai budaya, hingga keindahan alam perbukitan maupun pantai akan membuat liburanmu sangat berkesan saat ke Jogja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) tentang wisata di Jogjakarta.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Malioboro

Menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat membuatmu bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Menikmati suasana Jogja di Malioboro juga tidak dipungut biaya.

Teras Malioboro

Wisata di Jogjakarta selanjutnya yaitu Teras Malioboro. Mengunjungi Malioboro sekarang ini bisa membuat kamu mendapatkan pengalaman baru dengan adanya Teras Malioboro. Di sini kamu bisa berbelanja souvenir, batik, dan aksesoris yang menarik perhatian kamu.

Titik Kilometer 0 Jogja

Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni. Titik Kilometer 0 Jogja ini merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini. Kamu juga tidak dipungut biaya untuk menikmati suasana di tempat wisata Jogja murah meriah ini.

Tugu Jogja

Tidak perlu membayar, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja yang ikonik itu. Suasana malam di lokasi ini juga cukup asyik dengan sejumlah kafe dan angkringan tersebar di sejumlah titik.

Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari. Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding. Tarif masuknya murah, hanya Rp 3.000 saja.

Alun-Alun Kidul

Wisata di Jogjakarta murah meriah dan mudah dijangkau selanjutnya adalah alun-alun kidul. Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni.

Angkringan Kopi Jos

Wisata di Jogjakarta berikutnya adalah Angkringan Kopi Jos. Jangan lewatkan menyeruput sensasi kopi jos yang unik, yakni berupa seduhan kopi hitam yang diberi arang membara. Kamu bisa menikmati kopi ini di angkringan yang tersebar di dekat Stasiun Tugu. Angkringan paling terkenal dengan kopi jos nya adalah Angkringan Lik Man.

Studio Alam Gamplong

Wisata di Jogjakarta ini sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai susana tradisional dengan berbagai spot foto Instagramable. Tak hanya itu, di sini, pengunjung juga dapat berwisata sekaligus mengedukasi diri dengan sejarah dan juga proses pembuatan film-film lokal. Studio Gamplong seringkali dijuluki sebagai Hollywood mini di Indonesia.

3 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Bukit Pengilon

Wisata di Jogjakarta ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun, Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Pantai Wediombo

Wisata di Jogjakarta ini tidak kalah menarik, yaitu Pantai Wediombo. Pantai yang terletak di Kecamatan Pendowo, Gunung Kidul bisa ditempuh kurang lebih sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota. Saat berada di pantai ini, para pengunjung akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pantai pasir putih yang luas serta gugusan karang yang cantik. Ada juga kolam alami atau laguna yang terbentuk dari gugusan karang yang unik.

Pantai Sedahan

Wisata di Jogjakarta berikutnya adalah Pantai Sedahan. Pantai Sedahan berlokasi di sebelah timur pantai Wediombo. Tempat ini biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini, kamu harus menempuhnya dengan berjalan kaki karena kendaraan harus parkir di Wediombo.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu wisata di Jogjakarta andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset. Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan. Tarif masuknya juga hanya Rp 3.000 saja.

Pantai Timang

Tak kalah populer dengan pantai lainnya, pantai Timang juga wajib kamu masukkan ke dalam destinasi liburan. Wisata di Jogjakarta ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja. Di sini kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyeberangi tebing karang. Dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya, bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.

4 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Bukit Bintang

Wisata di Jogjakarta yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Air Terjun Sri Gethuk

Wisata di Jogjakarta populer selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja.

Puncak Segoro

Wisata di Jogjakarta selanjutnya yaitu Puncak Segoro. Puncak Segoro menawarkan pemandangan Samudera Hindia yang luas sembari kamu menikmati masakan yang enak. Tempat ini memiliki cliff bar dan berbagai menu seafood yang segar. Jadi, kamu bisa menikmati kuliner yang menggugah selera sembari menikmati view yang menakjubkan.

Heha Sky View

Wisata di Jogjakarta berikutnya adalah Heha Sky View, yaitu restoran dengan view yang indah serta dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable. Wisata baru di Jogja ini lokasinya tak jauh dari Bukit Bintang, tepatnya di Jl. Dlingo-Patuk No. 2, Desa Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Heha Sky View merupakan wisata baru di Jogja dengan tiga lantai di dalamnya. Setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Heha Ocean View

Heha Ocean View menyuguhkan pemandangan laut yang indah dengan berbagai spot foto yang unik. Wisata di Jogjakarta paling ikonik di Heha Ocean View adalah balkon kaca yang berlatarkan laut. Selain itu, Heha Ocean View juga menyediakan tempat nongkrong yang nyaman. Jika lapar, sini ada beragam stand makanan dan minuman yang bisa dicicipi.  Heha Ocean View terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul dan buka dari pukul 09.00 hingga 21.00.

De Mangol

De Mangol adalah spot wisata di Jogjakarta yang berada tak jauh dari bukit Bintang Hargodumilah, yang sudah lebih dulu menjadi hits. Lokasinya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di sini kamu bisa menikmati indahnya sunset dan gagahnya pemandangan Gunung Merapi. Selain itu kamu bisa berfoto ria di berbagai spot yang telah disediakan.

5 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Tebing Breksi

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata di Jogjakarta terpopuler. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik. Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Kamu tidak perlu membayar untuk menikmati liburan di Tebing Breksi ini.

Candi Ijo

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal wisata Yogyakarta yang satu ini juga tak kalah indah. Kamu hanya perlu membayarkan Rp 5.000 saja untuk menikmati pemandangan di Candi Ijo. Candi Ijo menawarkan pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren, karena kompleks candi didirikan di atas bukit.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah uang banyak dikunjungi wisatawan.

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Obelix Hills

Obelix Hills menjadi wisata di Jogjakarta yang populer baru-baru ini. Obelix Hills menawarkan spot foto yang unik, dekorasi tempat yang cantik, dan pemandangan yang indah, sehingga membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke sini. Tidak hanya itu, wisata baru di Jogja ini juga menyediakan restoran dan berbagai macam stand makanan yang bisa menjadi menu santapan pengunjung. Obelix Hills terletak di Klumprit II, Wukirharjo, Kec. Prambanan dan buka dari pukul 10.00 hingga 22.00.          

Suwatu by Mil&Bay

Suwatu by Mil&Bay memiliki vibes ala Bali dengan memadukan alam dan budaya. Menyuguhkan pemandangan Jogja dari atas membuat Suwatu by Mil&Bay menarik banyak wisatawan. Suwatu by Mil&Bay memberlakukan reservasi terlebih dahulu karena tempat yang terbatas. Sajian menu yang ditawarkan ada dua, yaitu paket menu Sojiwan dan Prambanan. Kedua menu tersebut sudah lengkap dari starter, entrée, dessert dan beverage. Suwatu by Mil&Bay dapat ditemukan di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan dan hanya buka di jam makan siang dan makan malam.

6 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam. Tarif masuknya hanya Rp 3.000 saja.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Wisata di Jogjakarta yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto. Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam.

Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru merupakan tempat yang asyik untuk trekking dengan latar pepohonan asri. Tarif masuk ke Kalibiru hanya Rp 3.000 saja. Tetapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya untuk menikmati sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik tersebut kamu juga bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan.

Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk wisata di Jogjakarta hits karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka berlokasi di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dinamai Kembang Soka karena di mana salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Airnya begitu menyegarkan dengan perpaduan antara warna putih dan hijau toska. Air terjun ini merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo), mata air Tuk Jaran atau dapat diartikan sumber rezeki, dan juga mata air Kalimiri.

Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh merupakan wisata di Jogjakarta yang berada di Samigaluh, Kulonprogo dan berada di puncak bukit. Berada di puncak bukit dengan ketinggian 1000 mdpl, kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat tanpa terhalang apa pun di sini. Pemandangan sunset yang indah bisa kamu nikmati di wisata baru di Jogja ini. Pemandangan atas bukit ini sangat cocok jika difoto dengan menggunakan drone.

Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise adalah wisata di Jogjakarta yang menyajikan nuansa alam hijau yang asri. Kamu bisa nongkrong di sini dengan pemandangan sawah yang menakjubkan. Banyak juga spot foto instagramable yang menarik di sini. Menu makanannya juga menggugah selera.

7 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Hutan Pinus Mangunan

Selain Kalibiru, hutan pinus Mangunan juga jadi wisata di Jogjakarta wajib buat para pencinta alam. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi. Untuk masuk ke hutan pinus, kamu hanya akan dikenakan tarif parkir.

Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi. Tarinya Cuma Rp 5.000 saja.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata di Jogjakarta ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo dan berada di dekat pantai Parangtritis. Banyak hal bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyaksikan sunset hingga bermain selancar pasir alias sandboarding. Penasaran sensasinya seperti apa, datang langsung ke sana.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan wisata hits yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan wisata di Jogjakarta yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu wisata di Jogjakarta yang wajib dikunjungi. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Laguna Depok

Laguna Depok berada sekitar 200 meter ke selatan tempat pemungutan retribusi pantai Depok. Tidak hanya pemandangan alam yang memukau wisatawan, kamu juga bisa menikmati kuliner hasil laut yang segar dan nikmat di sini. Salah satu daya tarik tempat ini adalah muara yang hijau karena di padang pasir yang mengelilinginya ditumbuhi rerumputan. 

Grojogan Lepo

Wisata di Jogjakarta yang tak boleh dilewatkan adalah Grojogan Lepo. Saat berada di sini, pengunjung bisa bermain air sambilmenikmati udara sejuk pedesaan. Tempat ini juga memiliki air terjun mini dan kolam renang alami yang sangat indah. Menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga, karena  airnya yang tak terlalu dalam, membuat anak - anak juga bisa berenang dan sekadar bermain air di sini. Selain itu, jernihnya air bisa membuat pikiran menjadi segar dan tenang. 

8 dari 8 halaman

Wisata di Jogjakarta

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi cocok menjadi wisata di Jogjakarta bagi kamu yang ingin mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi destinasi wisata di Jogjakarta populer. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata di Jogjakarta satu ini berada di daerah Kaliurang tepatnya Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar air terjun ini sangat sejuk dengan udara yang masih bersih.

Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo adalah wisata di Jogjakarta yang sudah ada sejak lama, namun baru jadi buah bibir beberapa waktu belakangan. Grojogan Watu Purbo berada di Sleman. Tepatnya di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel. Bentuknya tak biasa, seperti terasering enam tingkat dan dialiri sederet air terjun kecil. Aliran airnya bersumber dari Sungai Krasak. Tak terlalu jernih, namun jika dipotret memang tampak nyata keunikannya.

Bhumi Merapi

Wisata di Jogjakarta ini menawarkan lokasi-lokasi Instagramable bergaya Eropa yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan harga terjangkau. Sebelum masuk ke Bhumi Merapi, sebuah dinding benteng atau kastil dengan sumur mati akan menyambut kamu. Bangunan yang didominasi warna putih dan biru tersebut kental dengan atmosfer yang ada di Santorini, Yunani. Kamu akan menemukan area Arab Street yang mengambil tema lokasi wisata di Singapura dengan nuansa Mediterania.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.