Sukses

15 Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer, Pesona Alamnya Indah dan Eksotis

Tempat wisata Gunung Kidul selalu menawarkan panorama alam yang eksotis dan menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Gunung Kidul selalu menawarkan pesona alam yang tiada tara. Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogykarta yang terkenal dengan wisata alamnya.

Maka tak heran jika banyak ditemukan tempat wisata Gunung Kidul yang mengusung tema alam. Selain itu, tempat wisata Gunung Kidul juga mempunyai destinasi wisata yang modern dan kekinian yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan.

Dengan pemandangan yang eksotis ditambah tempat yang estetik membuat pengunjung dapat mengabadikan momen liburan bersama keluarga ataupun teman dengan berfoto dan diunggah ke berbagai platform media sosial.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Gunung Kidul paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer

1. Pantai Timang

Pantai Timang menjadi salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang cocok dikunjungi oleh para pencinta wisata ekstrem. Tempat liburan anti mainstream ini menawarkan sensasi seru dan menegangkan saat manaiki gantole tradisional untuk menyebrang ke Pulau Timang.

Bagi anda yang penakut, jangan coba-coba menaiki wahana gantole tersebut. Sebab, selain dibuat secara tradisional dengan menggunakan kayu dan bambu serta titian berbahan tali plastik. Pengoperasian gantole tersebut pun masih menggunakan tenaga manusia. Ditambah lagi anda harus melewati lautan lepas dengan ombak ganas yang sewaktu-waktu bisa menyapu anda yang sedang menyeberang.

2. Gua Pindul

Bisa dibilang kalau Gua Pindul adalah tempat wisata Gunung Kidul yang paling populer. Saat berada di sana, anda bisa merasakan keseruan menyusuri isi gua dengan cara cave tubing. Anda juga bisa mengarungi aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan menaiki sebuah ban yang besar.

Saat berada di sana, anda bisa melihat ornamen gua yang dihiasi dengan stalagtit yang memukau dan eksotis. Lokasi Gua Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

3. Pantai Nglambor

Tempat wisata Gunung Kidul yang berikutnya adalah Pantai Nglambor. Berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta, Pantai Nglambor menawarkan eksotisnya pemandangan pantai dengan ombak yang cukup jinak. Hal ini disebabkan oleh hadirnya dua buah bukit karang raksasa menyerupai kura-kura yang menjadi penahan dan pemecah gelombang yang datang.

Selain panorama yang menarik, ragam biota laut yang cantik juga jadi alasan mengapa traveler senang datang ke sana. Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu untuk bermain air, snorkeling, atau berfoto underwater ketika berada di Pantai Nglambor.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer

4. Heha Ocean View

Salah satu tempat wisata Gunung Kidul paling terkenal yang menyuguhkan banyak tempat yang instagramable adalah Heha Ocean View. Selain berfoto dan bersantai menikmati suasana, pengunjung juga bisa menikmati beberapa jenis makanan dan minuman yang terdapat pada stand-stand di Heha Ocean View.

5. Pantai Kesirat

Alternatif destinasi pantai di Gunung Kidul dengan pemandangan ciamik berikutnya, yakni Pantai Kesirat. Pantai yang juga dikenal sebagai Tanjung Kesirat ini menyajikan panorama matahari terbenam yang mengagumkan. Tak hanya itu, terdapat hamparan rumput yang mampu menyegarkan mata.

Bagi anda yang hobi memancing dan berkemah, Pantai Kesirat bisa menjadi daftar tempat yang wajib dikunjungi. Tak hanya menyediakan keindahan alam, pantai yang terletak di Dusun Karang, Desa Girikerto, Gunung Kidul itu sarat akan nilai kearifan lokal.

6. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba menjadi daftar tujuan wisata di Gunung Kidul yang patut untuk disambangi. Seperti namanya, gunung ini sudah terbentuk sekitar 70 juta tahun yang lalu. Dengan mengunjungi gunung ini, anda akan dimanjakan oleh pemandangan Desa Nglanggeran dan sekitarnya dari ketinggian.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer

7. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Gunung Kidul yang berikutnya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Ketika menginjakkan kaki di kawasan Air Terjun Sri Gethuk, anda akan disuguhi pemandangan hijaunya dedaunan ditambah dengan aliran sungai yang cukup jernih. Tak hanya bisa menikmati kesegaran air yang mengalir, di tempat ini anda juga bisa menyusuri aliran sungai menggunakan rakit.

8. Bukit Pengilon

Salah satu tempat wisata Gunung Kidul paling populer adalah Bukit Pengilon. Nama bukit Pengilon sendiri dari bahasa Jawa yang memiliki arti cermin, hal ini karena di bukit ini terdapat batu yang mirip dengan cermin.

Tempat wisata Gunung Kidul ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dari atas ketinggian, wisatawan dapat menikmati kesejukan dan panorama pantai yang memesona. Bukit Pengilon sendiri berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo.

9. Pantai Indrayanti

Tempat wisata Gunung Kidul paling populer lainnya adalah Indrayanti. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut, bisa memanjakan mata para wisatawan. Cukup membayar biaya retribusi Rp15 ribu, Anda sudah bisa menikmati panorama alam Pantai Indrayanti yang memesona. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, sebaiknya tidak melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata Gunung Kidul satu ini.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer

10. HeHa Sky View

Tempat wisata yang satu ini masih satu manajemen dengan tempat wisata HeHa Ocean View, terletak di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2, Bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul. HeHa Sky View memiliki pemandangan kota dengan lampu-lampu indah yang dapat digunakan sebagai spot foto Instagramable.

Spot foto tersebut berada di atas ketinggian seperti Sky Bridge, Sky Plane, Sky Glass, Wall Climbing, Sky Ballon, Suparman, dan Sky Love. HeHa Sky View buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB pada Senin-Jumat, dan pada Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-21.00 WIB.

11. Puncak Segoro

Tempat wisata Gunung Kidul paling populer selanjutnya adalah Puncak Segoro. Letaknya hanya bersebelahan dengan Heha Ocean View. Anda hanya perlu membayar tiket untuk makan agar bisa masuk ke area yang sudah disediakan untuk menikmati indahnya pantai.

12. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran terletak di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Beroperasi sejak awal 2018, Teras Kaca Pantai Nguluran selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati nuansa alam dan pemandangan pantai.

Terdapat berbagai spot foto yang Instagramable dengan pemandangan laut, seperti moncong perahu dan balkon yang beralaskan kaca, ayunan langit, mahkota raksasa, becak terbang, dan lainnya. Teras Kaca Pantai Nguluran buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB pada Senin-Jumat, dan pada Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Populer

13. Pantai Ngrawe

Tempat wisata Gunung Kidul paling populer selanjutnya yaitu Pantai Ngrawe. Perjalanan ke Pantai Ngrawet dari pusat Kota Yogyakarta membutuhkan waktu selama 1,5 jam. Anda bisa memulai dari Jalan Imogiri menuju Wonosari, lalu lanjutkan perjalanan ke daerah Panggang.

Setelah sampai Kecamatan Panggan, lanjutkan perjalanan ke arah Jalan Pantai Selatan sampai tiba di Ngepung, Anda tinggal mengikuti arah menuju Pantai Ngrawe. Sampai di sana, pengunjung akan disambut pantai pasir putih dengan pemandangan yang indah dan memesona.

14. Goa Jomblang

Bagi pencinta aktivitas yang memacu adrenalin, Goa Jomblang dapat dijadikan alternatif saat liburan tiba. Destinasi wisata yang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul itu menyuguhkan sensasi tak biasa melalui pemandangan yang menakjubkan dari dalam goa.

Keindahannya yang tak biasa, menjadikan Goa Jomblang sebagai salah satu tujuan wisata yang dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Meski memiliki akses yang cukup sulit, bukan menjadi salah satu tantangan yang disukai oleh wisatawan. Sebab, saat anda tiba di kawasan Goa Jomblang, seluruh usaha akan terbayarkan dengan pemandangan pemandangan yang tak biasa.

15. Pantai Watu Lumbung

Tempat wisata Gunung Kidul yang berikutnya adalah Pantai Watu Lumbung. Pantai ini memiliki pesona alam yang luar biasa indah dan menakjubkan. Pantai ini dihiasi dengan bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai, itu yang menjadi ciri khas Pantai Watu Lumbung dengan pantai lain di Gunung Kidul.

Pantai ini juga penuh dengan bebatuan dari Gunung Batur yang memiliki ciri khas berupa dua bongkahan batu karang besar di tengah pantai. Selain itu, Pantai Watu Lumbung juga memiliki bentuk berupa tanjung yang dilengkapi dengan tebing curam. Dengan pemandangan laut yang biru dihiasi dengan bebatuan, anda bisa mengabadikan momen dengan mengambil foto-foto instagramable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.